6 Tradisi Menjelang Ramadhan. Yuk Nostalgia, Blibli Friends! 

Momen Ramadan di Indonesia itu nggak sekedar momen sakral agama, Blibli friends. Tapi juga momen yang punya banyak tradisi kental, kayak silaturahmi, macet-macetan di jalan, buka bareng, sampai main petasan. Nah, buat sebagian besar orang, pasti bakal nunggu momen-momen Ramadan, Blibli friends. Bahkan udah ada yang ngajakin buka puasa bersama dari jauh-jauh hari. Tapi, dari sekian banyak Ramadan, kayaknya baru kali ini ya bulan ramadan yang harus #DiRumahAja. Biar Blibli Friends mulai kerasa suasana ramadan, di sini kami akan share tradisi apa saja yang hanya muncul ketika menjelang ramadan. Cekidot, Blibli friends!
Sahur, Blibli friends! 
Menurut kami ini yang paling penting sih. Blibli friends puasa selama lebih dari 12 jam, artinya kamu harus nahan buat nggak makan dan minum selama itu. Nah, cara biar kamu kuat puasa sampe beduk maghrib ya dengan sahur. Sahur akan membantu Blibli friends mempersiapkan cadangan kalori yang diperlukan untuk beraktivitas saat berpuasa. Nah, makanya ketika makan sahur kamu nggak boleh asal kenyang, harus dipikirin juga makanan yang bisa jadi cadangan kalori dan protein agar lambung nggak cepet kosong. Nah, kamu bisa pilih menu sahur yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna supaya asupan makanan bisa tercukupi sampe beduk maghrib.
Keliling Bangunin Warga Buat Sahur 
Ada yang sahur, ada juga yang bangunin warga buat sahur. Buat Blibli friends yang tinggal di kota mungkin biasanya dibangunin dari speaker masjid atau mushola. Tapi buat yang di kampung selalu dibangunin sama bocah-bocah karangtaruna atau ngga bapak-bapak yang lagi ngeronda. Tapi biasanya udah dibuat list gitu sih, Blibli friends. Misal hari ini siapa, besok siapa, lalu lusanya siapa. Tradisi ini bakal Blibli friends kangen banget! Karena jujur suara “SAHUR! SAHUR!” di jam 3 pagi itu antara kesel, tapi juga bersyukur udah dibantuin buat sahur.
Main Petasan dan Perang Sarung Sepulang Teraweh 
Mau yang bocah mau yang udah bapak-bapak, namanya maen petasan udah kaya tradisi wajib di bulan puasa. Ngeselin? Iya. Tapi seru? Banget! Ramadan sama petasan itu kaya tradisi yang ngga bisa dipisahkan. Ramadan tiba, iklan sirup muncul, petasan langsung auto dar der dor. Selain petasan ada juga yang namanya perang sarung. Sarungnya diiket jadi kaya bakso diujungnya, terus perang-perangan. Biasanya ini bisa kamu temuin di sekitaran masjid nih. Dan akan selalu ada bapak-bapak yang jadi tukang ngomelin. Semoga ketika covid-19 berakhir, kita bisa ngalamin atau ngeliat ini lagi ya, Blibli friends.
Buka Bersama Sambil Liwetan

Beberapa tahun kebelakang buka bersama sambil liwetan lagi nge-trend, Blibli friends. Berkumpul dengan teman seperjuangan saat masih sekolah dulu pasti menyenangkan. Apalagi kalau kamu udah lama ga bertemu dan kumpul, momen itu bisa jadi wadah untuk bernostalgia bersama. Dan biasanya bulan puasa lah waktu yang paling tepat untuk berkumpul bersama mereka melalui kegiatan buka bersama. Saking banyaknya temen, rencana buka puasa ini sampai mengantri untuk dihadiri. Mulai dari teman di bangku sekolah, kuliah, pekerjaan pertama hingga teman yang nggak terlalu akrab, ngajak kamu buka bersama. Jadi kayaknya di ramadan kali ini ngga ada lagi tuh Blibli friends debat soal tempat bukber di mana, kumpul jam berapa, dll. Karena tradisi ini tidak boleh dilakukan dengan kondisi yang kaya sekarang.
Ziarah Makam 
Ziarah biasa dilakukan ketika Ramadhan akan tiba. Ane biasa ngelakuin tradisi ini untuk mengingat kembali, meneguhkan iman, dan tentunya mengirim doa untuk orang-orang yang telah dipanggil Tuhan. Untuk ziarah di ramadhan kali ini sepertinya banyak yang setuju untuk melakukannya di lain hari. Selain mendukung pemerintah, harapannya adalah agar keadaan cepat kondusif.
Cari Promo 
Ngga bisa dipungkiri lagi tradisi satu ini selalu ada ketika Ramadan tiba. Dijaman serba digital sekarang banyak banget promo-promo yang kadang suka bingung sendiri ngeliatnya. Dengan kondisi yang sekarang mewajibkan untuk #DiRumahAja, aktivitas ini kayaknya yang bakal kamu sering lakuin ya. Dari beli sirup, baju koko, sampe tiket liburan. Ya walaupun libur lebaran jadi akhir Desember ya, Blibli friends!
Kalau Blibli friends, apa nih tradisi ramadhan yang sering dilakuin atau dialamin? Buat kamu yang nggak bisa libur lebaran nanti, kami cuma bisa ngucapin semangat, ya! Kebaikan #DiRumahAja kamu yang membantu kelancaran kondisi cepat membaik, pasti bakal ngebantu jutaan orang di negara ini. Yuk banyakin berbagi ke orang-orang sekitar dikondisi saat ini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY