Dunia fotografi mungkin tidak akan pernah mengira jika Selfie akan menjadi fenomena terbesar saat ini. Yap, selfie yang merupakan tren fotografi dengan memotret diri sendiri atau beramai-ramai menggunakan smartphone atau kamera tanpa bantuan orang dan diunggah ke situs media sosial memang menggemparkan.

Semua orang berlomba-lomba selfie untuk mengesiskan diri. Bahkan, menurut psikolog Diana Parkinson, selfie merupakan cara baru untuk berkomunikasi yang bisa diterima secara luas, lho. “Selfie adalah cara baru untuk menarik perhatian karena sekarang ini sebagian besar orang bertemu dan berkomunikasi secara online,” ujar Diana seperti yang dikutip liputan 6.com.

Nah, jadi siapa yang ingin “minggel” di kehidupan sosial, buruan deh mulai selfie! Karena, satu lagi pilihan membeli kamera poket untuk asik ber-selfie-ria bakalan saya bahas, nih! Kamera yang akan dibahas kali ini, jatuh pada merk ternama asal Korea Selatan yaitu Samsung.

Tak perlu diragukan lagi, berbagai kamera besutan Samsung memang telah banyak menuai respon positif oleh khalayak dan dari media karena meninggalkan kesan canggih. Dan tak dapat dipungkiri juga, inovasi dalam teknologi, kualitas foto dan kemampuan sharing berbasis Wi-Fi yang merupakan salah satu syarat selfie, paten menjadikan Samsung berada di garda depan untuk urusan kamera poket.

Pun dengan kamera Samsung NX Mini yang akan saya kupas. Harus diakui, saya terkesan dengan kemampuan kamera yang punya desain tipis dan cukup untuk masuk kantong satu ini. Dilengkapi dengan lensa yang dapat diputar 180 derajat, kamera beresolusi 20.9MP kali ini memang punya performa menawan untuk soal mengabadikan momen.

Karena meskipun ukurannya mini, Samsung NX Mini dijamin bakal membuat acara kumpul bareng teman ataupun liburan menjadi lebih besar keceriaannya. Menariknya, bodi dari kamera ini yang tidak memiliki grip. Layaknya, kamera poket untuk langsung jepret, bodi dari Samsung NX Mini didesain dengan sederhana namun tetap berkelas.

Jika menengok bagian atas kamera, terdapat flash, tombol aktivasi wi-fi, tombol on/off dan capture. Sedangkan, di bagian bodi belakang terdapat tombol rekam dan beberapa tombol untuk mengatur fitur pada kamera. Demi lebih memudahkan dalam penggunaan, Samsung juga melengkapi kamera ini dengan layar 460.8k-dot tilting touchscreen.

Hal ini pun membuat saya mudah untuk mengatur autofokus dan white balance saat hendak mengambil gambar. Belum lagi, face detector yang ada pada kamera ini memungkinkan saya untuk mengambil foto selfie hanya dengan tersenyum. Yap, tanpa menekan tombol apapun, kamera ini dapat otomatis mengambil gambar jika kita tersenyum, lho.

Mau tau fitur kunci dari kamera ini? Check this out!

photo 1photo 2

20.5MP 1″-type BSI CMOS sensor
Wi-Fi and NFC
1080/30p HD video
P/A/S/M modes
Raw shooting
Capacitive 3.0-inch 460k-dot touch screen LCD, tilts upward 180 degrees
Electronic shutter with 1/16000 max shutter speed
650 shot battery life with 9mm lens, 530 shots with 9-27mm lens

Sesudahnya, kamera dengan sistem mirrorles ini pun punya kesan shareable karena untuk hasil fotonya memakai format JPEG yang bisa dibuka di smartphone. Nah, jika ingin eksplorasi demi memaksimalkan kerja kamera, lensa 17mm f1.8 dan lensa 9-27mm f3.5-.56 mungkin bisa jadi alternatif unik untuk anda.

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY