Tak bisa dipungkiri jika di kondisi Indonesia modern seperti saat ini, industri kreatif menjadi salah satu aspek yang secara signifikan berkembang. Alhasil, enterpreneur muda bermunculan dan home industry pun semakin menjamur.

Namun, bagaimanakah cara untuk mengekspansi industri kreatif tersebut ke luar negeri?

Nah, mengingat Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 hanya tinggal hitungan bulan. Sejumlah negara anggota ASEAN pun dikabarkan tengah membenahi diri agar mampu bersaing pada pasar bebas Asia Tenggara nanti. Termasuk Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menuturkan jika Indonesia mempunyai strategi khusus pada MEA mendatang. Caranya, menjual identitas Indonesia sebagai sebuah produk yang punya nilai.

“Kuncinya, kita harus membangun strategi diferensiasi. Kita harus bisa,” ujarnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (23/9) seperti yang dikutip Merdeka.com.

Diferensiasi, lanjut Bayu, harus diterapkan pada berbagai macam produk dalam negeri sehingga negara lain tidak dapat menyaingi. Salah satunya, pada produk batik yang asli punya Indonesia.

Batik identitas Indonesia
Batik identitas Indonesia
bill gates aja pakai batik
Bill Gates aja pakai batik
Mendiang Nelson Mandela juga
Mendiang Nelson Mandela juga

Nah, sebagai kesiapan Indonesia bersaing dengan Negara tetangga, ada baiknya kalau kita mulai membudayakan membeli batik lokal, nih! Caranya? Ikutan deh, Festival Hari BAtik di blibli.com! Diskonnya hingga 50%, lho!

Check this out!

xheader.jpg.pagespeed.ic.A4yPks-Aun

Masuk Festival Hari Batik? Klik disini!

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY