Kecerdasan Musikal Anak

Psikolog Howard Gardner mempopulerkan teori multiple intelligence pada 1983. Banyak orangtua terbantu dengan teori tersebut dan bisa mengembangkan bakat anaknya sesuai kecerdasan yang dimiliki anak. Teori ini menyatakan bahwa manusia memiliki kecerdasan majemuk, tidak hanya tunggal. Kecerdasan manusia terdiri dari kecerdasan musik ritmis, visual spasial, logika matematika, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, dan alami.

Setiap orang biasanya mempunyai satu dua kecerdasan yang lebih menonjol dibanding kecerdasan lainnya. Bila diasah dengan benar, kecerdasan yang menonjol akan berubah menjadi potensi diri dan prestasi. Bila anak Anda terlihat mempunyai kecerdasan musikal, misalnya ditandai suka mendengarkan lagu dan mengikutinya, asah kecerdasan musikalnya agar terus berkembang.

Salah satu cara untuk mengasah kecerdasan musikal anak adalah dengan memberikan fasilitas alat bermain musik seperti ini. Anda bisa memilihkan mainan musik yang sesuai dengan usianya. Anda bisa membeli alat musik anak di Blibli.com, karena tak perlu repot mencari parkiran di mal atau toko musik. Lakukan Pembelian Melalui Apps yang mudah dan cepat.

Lalu langkah apa saja yang bisa dilakukan orangtua untuk mengasah kecerdasan musikal anak? Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengasah kecerdasan musikal anak:

Membelikan CD dan DVD musik

Salah satu kemampuan terhebat anak adalah melakukan duplikasi. Salah satu langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak bernyanyi dan mencintai musik adalah dengan mendengarkan dan menonton video lagu anak-anak. Mendengar dan menonton lagu-lagu anak biasanya bisa membuat anak cepat menghafal dan bisa menirukan lagu-lagu yang dia dengar.

Mengajak nonton pertunjukan musik

Mengajak anak menonton pertunjukkan musik juga bisa menjadi cara untuk mengajarkan kecerdasan musikal anak. Tidak harus menonton di gedung pertunjukan, Anda bisa mengajak anak konser-konser kecil, termasuk di luar ruang. Di Taman Suropati Jakarta misalnya, terdapat Suropati Chambers yang rutin berlatih dan bermain di taman tersebut tiap akhir pekan. Tapi jangan kaget bila tiba-tiba si kecil ingin ikut berlatih di tempat tersebut.

Membelikan permainan musik

Permainan Musik

Saat si kecil sudah masuk di play group, biasanya kemampuan motoriknya sudah bagus. Anda bisa membelikan alat musik seperti drum ini untuk meningkatkan kecerdasaan musikalnya sekaligus mengasah kemampuan motorik kasar anak.

Berikan mic untuknya

Mic Frozen

Bila anak sudah percaya diri dengan kegiatan bermain musik dan bernyanyi, berikan fasilitas mic seperti ini kepada anak. Dia akan senang bila suaranya terdengar lebih kencang. Anda juga bisa merekam aksi si kecil saat bernyanyi dan bermain musik. Dia akan bangga dengan karya musikal yang Anda abadikan dalam bentuk video maupun audio.

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY