Berkreasi dengan menggunakan loom bands ataupun rainbow loom memang mengasyikan. Buah dari kreasi dengan loom bands tersebut biasanya dijadikan sebagai gelang, ikat rambut atau bahkan menjadi baju!

article-2694080-1F91854900000578-754_634x1000 loom-hair-bow-by-BCsBracelets_zpsb88379c8 loom-bands

Alhasil, loom bands yang ditemukan oleh Cheong Choon Ng di Novi, Michigan pada 2011 silam pun menuai kepopuleran dengan pesat. Berkat sifatnya yang elastis dan dapat dikostumisasi, banyak public figure yang tertarik untuk memakainya.

1407938729938_Image_galleryImage_Prince_William_wearing_a_ 1407938508528_wps_2_Loom_band_Duchess_jpg

Sebut saja Pangeran Williams dan Kate Middleton yang memadu-madankan pakaian formal dengan menggunakan loom bands. Juga David Beckham dan pembawa berita ABC, Jimmy Kimmel yang memakai jas dan dasi terbuat dari loom bands.

David-Beckham-Loom-Band P1-BP539_DADLOO_G_20140324215643

Namun sayangnya, kepopuleran loom bands akhir-akhir ini terganggu dengan kabar di beberapa media massa asing maupun Indonesia yang mengklaim jika loom bands berbahaya, mengandung racun dan dapat mengakibatkan kanker.

Padahal kabar bahwa loom bands berbahaya telah dikonfirmasi salah tafsir. Baca beritanya dengan klik disini!

Seperti yang diberitakan oleh daily mail bahwa tidak ada yang berbahaya dari loom bands. Yang berbahaya, justru adalah “charm” yang merupakan jenis bandul optional (biasanya berbentuk bunga , bola , huruf , dll) yang bisa dibeli secara terpisah dan bukan merupakan satu paket dari loom bands.

Umumnya penggemar loom bands atau rainbow loom memang jarang sekali ingin membeli “charm” tambahan tersebut. Oleh karena itu, kabar bahwa loom bands berbahaya biasanya ditampik oleh mereka.

Yap, mereka umumnya memang hanya menggunakan karet loom bands atau rainbow loom, pin bar, hook, loom dan S clipnya. Dan tidak ada yang berbahaya dari penggunaan aksesori tersebut kecuali dengan penggunaan “charm”.

24-Boys-Selection-Loom-Band-Charms-for-Rainbow-Rubber-Band-Kits-and-Other-Jewelry-or-Craft-Projects-0

Seperti yang diberitakan daily mail, “charm” ternyata memiliki kandungan yang dapat menyebabkan kanker. Salah satunya adalah Phthalates yang merupakan senyawa yang dipakai di industri untuk membuat plastik lebih elastis.

Pada kadar tertentu, Phthalates bisa bersifat karsinogenik atau memicu kanker. Alhasil, Uni Eropa pun menetapkan batas aman untuk kadar phthalate sebesar 0,1 persen. Sedangkan temuan pada charms mencapai 40 persen.

Jadi, kalau mau berkreasi dengan loom bands, jangan dulu menggunakan charms deh! Oleh karena itu, simak deh, penawaran menarik dari blibli.com untuk loom bands dengan klik disini!

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

2 COMMENTS

    • Dear @Auliya saya pikir, berdasarkan fakta dan klarifikasi dari tulisan di atas cukup menjamin bahwa Loom Bands tidak berbahaya

LEAVE A REPLY