Rumah terasa sepi? Coba pelihara burung yang gemar berkicau seperti kakatua, kenari, perkutut, dan beo. Cuitannya akan meramaikan rumah. Rumah pun terasa lebih “hidup”. Bahkan, memelihara burung merupakan bagian dari tradisi di sejumlah pulau Indonesia dan Tiongkok.

BudayaTiongkok-chinapersonified

Di Jawa, misalnya, ada falsafah yang menyebutkan seorang laki-laki dewasa harus memiliki kelengkapan seorang pria sejati yang sempurna, yakni rumah, keris, burung, kendaraan, instrumen gangsa, dan isteri.

Sementara di Tiongkok, seperti kamu lihat di film-film kung fu, burung kicau tak hanya dipelihara di rumah. Sejak ribuan tahun silam, para bangsawan di Tiongkok sering mengajak burungnya berjalan-jalan setiap hari untuk bertemu teman di kedai kopi atau sekadar pergi ke pasar.

Bar-shouldered Dove
Burung Perkutut

Nah, burung yang mereka bawa saat bertemu teman dapat menjadi bahan perbincangan ringan atau diadu untuk meramaikan pertemuan. Lebih dari itu, feng shui atau ilmu kuno yang termahsyur asal Tiongkok menyebutkan burung bisa menjadi sumber inspirasi, simbol kebebasan dan persatuan dengan alam semesta.

Nah, jadi tak ada alasan untuk tidak memelihara burung, kan? Sebagai pemula, banyak yang mesti kamu pelajari agar dapat merawat burung dengan baik. Salah satunya ialah memberinya pakan bernutrisi. Tujuannya supaya burung sehat dan rajin berkicau.

Waspadai Pancaroba

Sudah membeli burung? Jaga baik-baik, ya. Sama seperti manusia, burung juga rentan terkena penyakit di musim pancaroba. Perubahan cuaca dan suhu udara membuat imunitas burung kesayangan kamu berkurang.

Suhu yang berubah secara dratis juga memicu perkembangbiakan virus, bakteri, jamur dan protozoa. Penyakit yang biasanya muncul adalah gangguan saluran pernafasan, pencernaan, dan ayan. Beberapa gejala yang ditunjukkan saat burung sakit ialah mereka malas berkicau, lebih senang berdiam diri di bagian bawah sangkar, tidak mau makan, dan sering tidur.

Untuk mencegah burung kesayangan mati akibat sakit, kamu disarankan untuk memberi pangan khusus yang sarat multivitamin. Pakan burung ZuPreem Fruit Blend ML bisa jadi pilihan karena mengandung 21 vitamin dan mineral.

Zupreem

Takut burung tidak suka? Burung kesayanganmu dijamin suka. ZuPreem Fruit Blend ML memiliki aroma dan rasa buah yang lezat. Lantas, bagaimana bila burung milikmu terlalu menyukainya, lalu jadi gemuk akibat kebanyakan makan. Tenang saja, vitamin dan mineral pada pakan ini tidak akan membuat burung jadi gemuk.

ZuPreem Fruit Blend ML cocok untuk burung Macaw, Kakatua, African Grey, Amazon, Sun Conure, Falk, Caique, dan aneka beo berukuran sedang. Pakan ini memiliki berat 250 gram, cukup untuk memberi makan burung selama hampir sebulan. Ingin burung kamu selalu sehat dan rumah tetap ramai oleh kicau burung? Jangan lupa beri ZuPreem Fruit Blend ML. Kamu bisa memesannya di blibli.com dengan klik disini!

 

Edited by: Tyas

 

 


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY