Holla otomotif lover…

Bertemu lagi sama saya nih..

Mau kasih tips untuk kalian yang suka modifikasi mobil khususnya buat yang suka ceper2an dan main audio mobil..

Udah pada tau tentang Peredam Kejut belum?

Begini.. Dalam kendaraan, alat ini berfungsi untuk mengurangi efek dari kasarnya permukaan jalan. Tanpa peredam kejut, kendaraan dapat terlempar, seperti energi yang disimpan dalam per dan lalu dilepaskan pada kendaraan, barangkali melebihi gerakan suspensi (.red wikipedia search: peredam kejut). Kita semua tau disetiap kendaraan seperti mobil pasti sudah ada peredam kejut atau lebih kerennya shockbreaker dan per sebagai suatu kesatuan.

Nah disini saya mau membahas Damper / Buffer. Damper ini berfungsi sebagai ‘pengurang’ kerja si shockbreaker tersebut agar lebih awet dan berguna untuk meredam benturan akibat jalanan yang tidak rata. Damper ini berbentuk bantalan karet keras (PU) yang fleksibel walupun ditekuk.

Saya ada informasi fungsi lain dari Damper tersebut berdasarkan pengalaman sendiri :

1. Untuk kalian yang suka ‘main’ audio di mobilnya, damper ini sangat cocok digunakan karena bisa menahan beban box audio yang relative cukup berat, dan mengurangi efek ‘blesek’ di bodi mobil (pernah liat kan kalo mobil kelebihan muatan biasanya body belakang lebih rendah dari yang depan).

2. Untuk yang suka ceper2an di mobilnya, damper ini juga sangat membantu meredam bantingan (karena mobil ceper relatif lebih keras ‘bantingan’ nya dibanding dengan mobil standar). Dan juga memperpanjang usia shockbreaker itu sendiri.

3. Untuk yang suka kecepatan atau Speed Lover, Damper ini juga berfungsi sangat baik untuk mengurangi over handling disaat di tikungan tajam pada kecepatan tinggi karena pada dasarnya damper ini menstabilkan beban yang di hantarkan di satu sisi kendaraan.

Bentuk Damper itu sendiri seperti lingkaran yang di dipotong dengan ketebalan yang bervariasi, mulai dari 2cm sampai dengan 5cm. Kita bisa memilih ukuran sesuai dengan per mobil kita sendiri. Biasanya untuk mobil Jepang ukurannya dari 2cm – 4cm dan untuk Eropa dari 3cm – 5cm (ukuran depan dan belakang biasanya berbeda).

damper 1

Cara pemasangannya juga mudah, bisa dilakukan sendiri di rumah.Berikut langkah-langkahnya :

1. Mobil didongkrak, per dibersihkan dahulu dengan air dan dilumasi dengan sabun.

2. Karet sport damper dilumasi juga dengan sabun dan air dibagian atas dan bawah.

3. Masukkan dulu sebagian (atas) diikuti dengan bagian bawah kemudian sambil ditekan karet diulir mengikuti per mobil.

4. Setelah terpasang, pastikan setiap bagian sudah mengikuti bentuk per dan pemasangan di kiri kanan harus diulir yang sama.

Ada merk Damper yang sangat terpercaya nih yang dikeluarkan oleh Hurricane, untuk pencinta otomotive merk tersebut udah sangat familiar bukan?. Ada 2 pilihan warna yaitu Hijau dan Putih transparan.

Damper

Selamat mencoba dan rasakan bedanya…

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat

Keep Safe Driving Guys


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY