Berenang yang dilakukan secara rutin dapat memberi manfaat bagi tubuh kita. Beberapa diantaranya adalah:

1. Membentuk dan menguatkan otot

Kepadatan air lebih besar 12 kali lipat daripada udara, membuat setiap gerakan tubuh di air seolah melewati hambatan. Hal inilah yang menjadikan renang mempunyai intensitas sama seperti aerobik. Sebuah penelitian menemukan, seseorang yang menyelesaikan program latihan renang selama 8 minggu mengalami peningkatan massa otot trisep sebesar 23,8%. Selain itu, berenang secara cepat dengan ritme yang teratur dapat meningkatkan tiga hal: ketahanan kardio, kekuatan, dan ketahanan otot.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Efisiensi jantung memompa darah ke seluruh tubuh dapat meningkat dengan berenang secara rutin. Penelitian dari Columbia University Medical Center menemukan, berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung koroner.

3. Membakar kalori

Hanya dengan berenang selama setengah jam, Anda dapat membakar 200-300 kalori, tergantung intensitas dan gaya yang Anda lakukan. Tip: untuk membakar kalori lebih banyak, lakukan latihan interval. Berenanglah sekuat tenaga sejauh 50 meter, kemudian istirahat selama 10 detik. Lalu berenang lagi sejauh 100 atau 150-300 meter dengan tetap diselingi istirahat selama 10 detik pada masing-masing checkpoint.

4. Mencegah stres dan depresi

Serupa dengan yoga, selama berenang terjadi peregangan dan relaksasi otot-otot yang disertai dengan teknik pernapasan yang berirama. Itulah sebabnya berenang dapat membantu menghindari gejala stres. Menurut Aimee C. Kimball, Director of Mental Training di Center for Sports Medicine dari University of Pittsburgh Medical Center, berenang dapat melepaskan endorfin yaitu hormon anti-stres.

5. Minim risiko cedera

Saat di air, tubuh Anda terasa lebih ringan karena distribusi berat yang harus ditopang oleh tubuh berkurang hingga 50%. Otot dan persendian pun menerima tekanan yang lebih sedikit ketimbang saat melakukan aktivitas di darat. Dampaknya โ€“jika dilakukan dengan teknik yang benarโ€“ Anda menghadapi risiko cedera yang lebih sedikit dibandingkan olahraga lain yang dilakukan di atas air.

Manfaatnya telah kita ketahui, tentunya penampilan tidak boleh terlupakan walaupun untuk berbasah-basahan. Beberapa contoh barang berikut mungkin bisa menjadi insiprasi untuk Anda:

1. Speedo – Mens Speed Straight

Speedo Mens Speed Straight
Speedo Speed Straight Express Dry Swimming Shorts

Di laut ataupun kolam renang, celana renang yang satu ini menjawab semuanya. Cocok dimanapun. Berteknologi Quick Dry, menjaga agar celana tetap dalam keadaan kering. Modelnya cukup fair, tidak seketat bicycle pants dan tidak selonggar board-short.

2. Arena – Swim Goggles Red AGL 9600E

arena_arena-swim-goggles-red-agl9600e_red_full01
Arena – Swim Goggles Red

Arena Swim Goggles RED AGL 9600E, kacamata renang dari bahan shatterproof material yang didesain sporty dengan lensaย polarized polycarbonate, elastmer cushion, 3 step adjustable nose bridge dan irodome split head strap. Swimming goggle ini juga dilengkapi dengan fitur anti-fog dan UV protection untuk memberikan penglihatan yang jelas dan melindungi mata Anda saat berada di dalam air.

3. Five Ten – Captiva Red Sandals

fiveten_fiveten-captiva-red_red_full01
Five Ten – Captiva Red

FiveTen Captiva Red, sandal flip-flop berbahan PVC upper, EVA press insole, EVA + TPR midsole, serta rubber outsole yang didesain casual dengan emboss logo FiveTen di bagian dalam sol dan emboss tulisan FiveTen pada strap.

4. Radysa – Sport Bag Organizer

radysa-organizer_radysa-sport-bag-organizer-black_black_full01.jpg.pagespeed.ce.a9q382K7Lb
Radysa – Organizer Sport Bag

Radysa Sport Bag Organizer Black, sport bag organizer berbahan dinisoft 300 yang didesain multifungsi dengan 1 main compartment yang dapat memuat berbagai macam perlengkapan olahraga Anda, 1 shoes pocket untuk menyimpan sepatu, dan 1 side pocket untuk tempat botol air minum.

5. Luc Charme – Men Facial Scrub

luc-charme_luc-charme-men-facial-scrub_full01
Luc Charme – Men Facial Scrub

Sehabis berenang tentunya kita harus mandi agar kebersihan kulit tetap terjaga. Luc Charme Men Facial Scrub, facial scrub dengan pH yang disesuaikan dengan pH kulit dan dilengkapi Granule yang bekerja sebagai exfoliating scrub untuk mengangkat sisa kotoran yang sulit di keluarkan pada celah-celah pori kulit.

Have a nice workout!

 


1 COMMENT

LEAVE A REPLY