Dengan hadirnya kamera yang begitu bagus di smartphone-smartphone yang ada di sekitar kita sekarang, adakah yang pernah bertanya-tanya seperti saya, “Apa Kabar Digital Camera?” Apa masih ada yang membelinya? masih laku?

Kita dikelilingi smartphone yang kameranya justru menjadi fitur andalannya. Sebut saja Nokia Lumia 1020 – yang mengaku sebagai terbaik dibanding segalanya, Sony Xperia Z1 – yang juga tahan air, Samsung Galaxy S4 Zoom – yang menggunakan optical zoom yang cukup besar dan iPhone 5S – yang menggunakan flash true tone. Semua memiliki kelebihan yang luar biasa bila setidaknya dibandingkan dengan bila kita mundur satu tahun ke belakang saja (tidak usah jauh-jauh).

Dulu kita harus bergantung pada kamera Digital SLR (DSLR) yang lensanya bisa diganti dengan segala macam ukuran. Ukuran yang antara bisa membuat kita malas membawanya karena berat, atau parahnya: mahal! Dulu kita harus semacam menentukan “agama” antara Nikon atau Canon. Setidaknya sekarang kita ditambah pusing dengan adanya kamera berkualitas dari Sony, Olympus, Pentax atau yang kelas atas, Leica. Semua terjun ke dunia digital kamera dengan segmen-segmen market yang berbeda.

Lantas menurut Anda, menurunkah penjualan DSLR karena hadirnya smartphone dengan kualitas kamera yang diatas rata-rata?

Ternyata tidak!

Menurut hasil penelitian gfK Asia Tenggara yang dilansir oleh MarkPlus, salah satu konsultan marketing lokal yang sudah cukup senior, hasil suatu riset menyatakan bahwa telah terjual 115.000 kamera mirrorless, lebih banyak 22.000 dibanding tahun sebelumnya. Mirrorless?

Kamera Digital Mirorrless adalah kamera digital yang tidak menggunakan cermin pantulan sehingga menghasilkan ukuran body kamera yang lebih kecil. Namun walau dengan ukuran yang lebih kecil tersebut, masih memungkinkan untuk menggunakan lensa yang bermacam-macam. Seperti masih mengemas kemampuan DSLR namun dalam body yang jauh lebih ringan dan ramping. Olympus OM-D, Samsung NX, Nikon 1, Canon EOS-M adalah sedikit dari sekian banyak contoh kamera mirrorless.

Menurut survei yang sama, nilai penjualan kamera digital masih mengalami kenaikan sebesar 3.6 persen. Kamera mirrorless memberi peran besar dalam pertumbuhan ini. Salah satu penyebabnya adalah harga yang masih lebih terjangkau dibanding DSLR. Harga secara general lebih murah 34% dibanding DSLR.

Bagaimana dengan Anda? Pernah terpikir untuk membeli kamera mirrorless? Kalau iya, silakan browsing di blibli.com untuk koleksi mirrorless kita.

Nikon 1 V1

Nikon 1 V 1 + 10 Kit Black adalah kamera DSLR yang didesain untuk menunjang dan memudahkan Anda mengekspresikan setiap momen dalam kehidupan. Kamera ini ditunjang dengan Interchangeable Lens System 10 mm, resolusi 10.1 MP, layar LCD TFT 3.0 inch, CX-format super high speed AF CMOS image sensor dan ISO tinggi untuk hasil gambar berkualitas. Dilengkapi pula dengan HD Video Recording, Motion Snapshot mode, Port USB, HDMI dan GPS yang semakin memaksimalkan performa dari kamera DSLR ini.

Nikon 1

 

Canon EOS M

Canon EOS M Kit 18-55 Black merupakan kamera digital SLR mirrorless dengan lensa wide angle zoom yang cocok untuk mengambil foto ataupun merekam video 1080p. Dilengkapi dengan sensor CMOS 18 MP, DIGIC5 Image Processor dan ultra-fast focusing melalui fitur Hybrid CMOS AF System. Kamera ini dilengkapi juga dengan 3 inch LCD Clear View.

Canon EOS M

 

Samsung NX 300

Samsung NX 300 merupakan kamera mirrorless yang dilengkapi sensor berukuran APS-C dengan resolusi 20,3 megapixel dan rentang sensitivitas ISO100?25600. Samsung menyematkan prosesor DRIMe IV, serta menambahkan phase detect AF untuk menghasilkan sistem AF Hybrid yang lebih cepat dan akurat. Kecepatan maksimum shutter 1/6000 dan pengambilan gambar secara beruntun hingga 9fps. NX300 juga bisa merekam video dengan resolusi Full HD 1080p serta layar sentuh AMOLED berukuran 3,31 inci yang memiliki 768k dot yang bisa memudahkan proses framing, pemilihan titik fokus, dan dalam melihat kembali hasil jepretan foto atau rekaman video.

Samsung NX 300

 

Olympus OM-D

Olympus E M 5 + 12-50 merupakan kamera jenis Micro Four Thirds System dengan desain yang ringkas serta kemampuan menakjubkan dengan nuansa hitam dan bentuk yang kokoh. Dengan sensor 16M Live MOS dan penggunaan lensa M.Zuiko Digital serta teknologi Imgae Processor dan TruePic VI memberikan hasil maksimal dalam merekam momen. Pengguna akan mendapatkan hasil gambar yang menawan dari fitur High Iso, Low Noise, Wide Dynamic Range, serta Full HD Movie. Olympus EM5 + 12-50 menggunakan 1.44M titik LCD panel yang ditangkap dari lensa dan dari sensor. Kamera ini juga memiliki ketahanan terhadap debu dan juga splash proof.

Olympus OM-D

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY