Merawat dan menjaga kebersihan rantai motor janganlah dianggap sepele. Bagian motor yang sangat penting ini terkadang dapat menjadi kendur dan rusak karena berbagai faktor.

Jika dibiarkan berlarut-larut, bukan hanya rantai motormu saja yang rusak, tapi juga keseluruhan motor itu sendiri. Nah, agar perjalanan bermotormu selalu aman dan lancar, yuk simak tips perawatan rantai motor berikut.

1. Gunakan pelumas rantai

rantai motor
on2wheels

Supaya rantai motormu tetap awet, kamu harus rajin-rajin menggunakan pelumas pada rantai motormu. Pelumas rantai motor ini berfungsi untuk melumasi rantai motormu sampai ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantumu membersihkan rantai motormu.

2. Jangan gunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor

Park Tool
Park Tool

Berpikir lebih praktis dan lebih murah, biasanya ada saja orang yang menggunakan gemuk dan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Sebisa mungkin, hal tersebut kamu hindari, ya!

Memakai oli bekas atau gemuk justru akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet. Lebih baik kamu mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak untuk membeli chain lube daripada repot mengganti rantai motormu yang rusak nantinya.

3. Bersihkan rantai motormu secara rutin

rantai motor
AliExpress

Nah, ini hal yang sangat penting dalam menjaga keawetan rantai motormu! Sering kamu pakai pada cuaca hujan maupun panas, pasti rantaimu menjadi kotor dan berdebu.

Pastikan kamu rutin membersihkan rantai motormu, ya! Selain terlihat bersih, rantai motormu jadi awet deh.

4. Gunakan rantai dan gear yang asli

rantai motor
cobrra

Daripada kamu memakai gear dan rantai yang palsu, lebih baik kamu menggunakan yang asli dan orisinil dari pabriknya. Meskipun amat ramah kocek, kamu malah akan direpotkan kalau menggunakan rantai dan gear palsu yang mudah rusak.

Untuk itu, kamu harus segera mengganti rantai dan gear motormu dengan yang asli yang sudah terjamin kualitasnya. Nah, setelah itu, jangan lupa untuk merawatnya supaya awet ya!

5. Periksa dan lakukan penyetelan secara rutin

rantai motor
motorcycle

Jangan lupa untuk mengecek kondisi rantai supaya tahu rantai motormu. Siapa tahu rantai motormu sudah kendur atau jangan-jangan terlalu kencang. Percayakan pemeriksaan dan penyetelan kepada ahlinya ya.

Jika kamu rajin memeriksa kondisi motormu, kamu bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Nggak mau kan tiba-tiba rantai motormu putus saat sedang berkendara?

Nah, itulah tips merawat rantai motormu supaya awet. Jangan sampai kamu menyusahkan dirimu sendiri karena kamu mengabaikan rantai motormu. Supaya kamu bisa merawat motormu dengan baik, Blibli.com menyediakan chain cleaner dan chain lube untuk membantumu merawat rantai motor. Yuk segera di-order!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY