Sebagai makanan utama milik si kecil, susu pasti memiliki berbagai kandungan yang baik dan efektif untuk mendukung tumbuh kembangnya. Namun pernahkah moms bertanya-tanya sebenarnya kandungan dalam susu apa saja yang dibutuhkan oleh si kecil?

Apa itu DHA? Apa itu Omega 3? Mengapa kandungan-kandungan tersebut bermanfaat? Mengapa penting bagi susu bayi untuk memiliki kandungan tersebut?

Untuk menambah pengetahuan moms terhadap nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil, yuk bersama-sama kita mengenal 6 kandungan yang ada dalam susu si kecil.

1. Omega 3

omega-3

Mendengar “omega 3” tentunya sudah tidak asing lagi bukan untuk moms? Lemak baik ini memang terkenal akan khasiatnya yang baik untuk semua orang, termasuk untuk si kecil.

Omega 3 memiliki asam lemak bernama docosahexaenoic acid yang lebih dikenal sebagai DHA. Menurut hasil riset yang ada, DHA dapat membantu perkembangan serta fungsi mata, otak dan juga sistem saraf si kecil.

Bahkan, para anak-anak yang mengkonsumsi DHA dengan jumlah optimal terbukti akan memiliki penglihatan yang lebih bagus dan perkembangan matanya juga akan lebih cepat lho moms.  Tidak hanya itu, perkembangan psikomotorik dan juga kecerdasannya akan menjadi lebih baik.

Selain pada susu si kecil, moms bisa menemukan nutrisi ini pada ganggang laut dan juga beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, teri, kembung dan juga halibut.

2. Omega 6

omega-6Sama seperti omega 3, omega 6 juga merupakan lemak baik yang dibutuhkan bagi perkembangan si kecil. Omega 6 ini memiliki asam lemak bernama arachidonic acid yang lebih sering disebut sebagai AA atau ARA.

AA dari omega 6 ini memiliki fungsi untuk membantu perkembangan otak dan juga otot sehingga si kecil semakin cerdas dan juga memiliki otot yang kuat.

Tidak hanya itu, nutrisi ini juga penting dalam pembentukan hormon bernama eicosanoid yang memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh, pembekuan darah dan juga fungsi penting lain dalam tubuh.

Berbeda dengan omega 3 yang umumnya ditemukan pada ikan, moms bisa menemukan nutrisi ini pada daging, susu dan juga telur (terutama yang organik).

3. FOS dan GOSfos-dan-gos

Via For Good

Terkadang singkatan dalam ilmu kimia dan biologi bisa membingungkan, apalagi kalau berbicara mengenai nutrisi. Apakah moms tahu apa itu FOS dan GOS?

Nah, fructo oligossacharides (FOS) dan galacto oligosaccharides (GOS) sebenarnya merupakan beberapa jenis prebiotik yang dapat membantu menyempurnakan sistem pencernaan si kecil.

Menurut hasil penelitian, serat ini dapat membantu menambah jumlah bakteri baik yang tinggal di perut sehingga sistem imun si kecil pun menjadi semakin meningkat.

Tidak hanya itu, prebiotik juga mampu membantu proses pencernaan, melawan obesitas, dan meningkatkan penyerapan kalsium bagi tulang si kecil. Serat baik ini juga bisa membantu sistem pernafasan si kecil agar lancar.

4. Beta karoten

beta-karoten

Moms pasti tahu betapa baiknya fungsi wortel untuk si kecil. Kandungan wortel yang kaya dengan vitamin A dapat membuat mata si kecil menjadi sehat. Selain itu, wortel juga kaya dengan anti-oksidan beta karoten yang nantinya dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh si kecil.

Nah, ternyata yang mengandung anti-oksidan beta karoten ini bukan hanya wortel melainkan juga susu bayi lho! Sejak awal kelahiran, si kecil membutuhkan asupan beta karoten untuk mendukung sistem kekebalan tubuhnya yang masih rapuh.

Karena itu, kandungan yang ada pada susu si kecil pasti salah satunya adalah beta karoten yang juga dapat menjaga kesehatan mata si kecil.


BACA JUGA Botol Susu Seperti Apa Sih yang Dibutuhkan Bayi?


5. Laktoferinlaktoverin

Via CCLM

Laktoferin merupakan protein yang penting dalam melindungi tubuh si kecil dari bakteri dan infeksi yang mungkin menyerang. Selain untuk melindungi, laktoferin yang ada pada susu si kecil juga berfungsi untuk mendukung bakteri baik dalam usus dan mengatur zat besi dalam tubuh.

Karena zat besi merupakan salah satu komponen yang penting bagi otak si kecil, laktoferin pun menjadi protein yang sangat penting untuk tumbuh kembang si kecil.

6. Kolin

kolin

Via Huffington Post

Kolin merupakan bagian dari vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh si kecil untuk perkembangan otaknya. Perkembangan sel-sel otak yang didukung oleh kolin berperan penting dalam membentuk kemampuan belajar otak dan juga ingatannya di kemudian hari lho moms!

Setiap kandungan yang ada dalam susu ini memiliki fungsinya masing-masing untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Tidak ada komponen yang lebih penting atau kurang penting. Semuanya dibutuhkan agar si kecil tumbuh menjadi anak yang sehat serta cerdas.

Karena itu moms harus memastikan bahwa susu yang diminum oleh si kecil mengandung seluruh komponen ini! Selamat menyusui moms!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY