Yuk, Kenali Khasiat Jamu Ini untuk Jaga Kesehatan Kamu!

Selain mengandalkan obat racikan dokter, sebagai orang Indonesia tentu kita sudah sangat familiar dengan minuman herbal atau yang dikenal dengan jamu. Jamu terbuat dari beragam jenis tanaman obat yang punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang ini, mengonsumsi jamu juga penting untuk kamu lakukan, loh! Sebelum itu, kenali dulu yuk beberapa tanaman jamu dan berbagai manfaatnya untuk tubuh.

Jahe

The Jamu Bar Jahe Wangi Natural Ginger Powder
The Jamu Bar Jahe Wangi Natural Ginger Powder

Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe yang merupakan tanaman obat dengan senyawa aktif gingerol juga bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti sakit perut dan mual, meredakan pusing, batuk dan pilek, meringankan nyeri saat haid, rematik, dan bahkan mengatasi berbagai masalah kecantikan, seperti jerawat dan kulit kusam. Daripada ribet bikin air jahe sendiri, kamu bisa mencoba bubuk jahe wangi yang diseduh dengan air hangat kemudian diminum saat sore atau malam hari. Dijamin, kamu bakalan lebih nyenyak saat tidur.

Kencur

Salah satu tanaman obat yang juga sering dibuat menjadi minuman jamu adalah kencur. Biasanya, kencur disajikan dengan air beras, sehingga sering disebut dengan beras kencur. Selain rasanya nikmat dan menghangatkan, beras kencur juga bermanfaat untuk meringankan sakit kepala, masuk angin, flu, diare, hingga radang pada lambung. Nggak cuma itu, minuman herbal ini juga  bisa mengatasi jerawat, mengencangkan kulit, mengurangi produksi minyak pada wajah, dan lain-lain.

Kunyit

The Jamu Bar Nona Kalani Turmeric Ginger SUGAR FREE
The Jamu Bar Nona Kalani Turmeric Ginger SUGAR FREE

Selanjutnya adalah kunyit. Nggak hanya sebagai tanaman obat, kunyit juga biasa digunakan sebagai bumbu dapur dan campuran pada produk kecantikan. Zat kurkumin yang ada pada kunyit memang punya banyak sekali manfaat untuk kita nih, ladies. Mulai dari mencerahkan kulit, mengurangi kerutan pada wajah, menurunkan kolesterol dan gula darah, hingga mencegah kanker, jantung, dan stroke. Kamu bisa mencoba minuman kunyit dan jahe dengan seduhan air hangat yang rasanya lezat dan tentu lebih berkhasiat.

Temulawak

Seperti yang kita tahu, temulawak merupakan tanaman obat yang berkhasiat untuk menambah nafsu makan, khususnya bagi anak-anak. Eits, nggak cuma itu, loh. Kandungan kurkumin pada temulawak juga punya berbagai manfaat lain, seperti melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, menurunkan kolesterol, dan lain-lain. Temulawak juga terkenal akan khasiatnya untuk kecantikan, mulai dari mengatasi jerawat, anti-aging, hingga menghaluskan, mencerahkan, dan melembabkan kulit wajah.

Asam Jawa

The Jamu Bar Sari Asam Natural Tamarind Powder 5 Sachet
The Jamu Bar Sari Asam Natural Tamarind Powder 5 Sachet

Pada minuman jamu, asam jawa kerap disajikan bersama minuman kunyit, sehingga menjadi kunyit asam. Namun, asam jawa sendiri punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berbagai kandungan nutrisi pada asam jawa berkhasiat untuk mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, mengatasi rambut rontok, menurunkan berat badan, mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, dan lain-lain. Dengan rasa asam, manis, dan segar, minuman asam jawa bisa dinikmati hangat maupun dingin.

Selain beberapa tanaman obat di atas, masih banyak jenis tanaman lain yang juga kaya akan khasiat dan kerap diolah menjadi minuman jamu. Jadi, selain menjaga pola makan sehat, tidur cukup, dan rutin berolahraga, kamu juga bisa mengonsumsi jamu untuk menjaga kesehatan maupun kecantikan. Oh ya, jamu praktis dari The Jamu Bar lagi ada diskon menarik nih buat kamu. Kalau mau pesan, langsung aja klik di sini. Selalu jaga kesehatan ya, Blibli Friends!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY