Masih ingat dengan fenomena batu akik tahun lalu yang membuat banyak orang tergila-gila akan batu? Dari tren itulah kita kemudian sadar bahwa ada banyak batu alam cantik nan mewah yang bisa dijadikan pemanis perhiasan.

Dari sekian banyak batu alam atau gemstones yang tersebar di seluruh dunia, terdapat batu-batu khusus yang mewakili bulan kelahiranmu atau yang lebih populer disebut birthstones.

Seperti halnya bunga, batu-batu mulia tersebut juga memiliki makna khusus di balik kilaunya. Selain cantik, batu-batu ini dikabarkan memiliki khasiat positif yang dapat mempengaruhi kehidupanmu! Yuk, langsung saja kenalan dengan ke-12 batu kelahiranmu berikut ini!

1.  Garnet, si cantik untuk kamu yang lahir di bulan Januari

garnet

Via Letaowei.comi

Kamu yang lahir di bulan Januari, dianugerahi batu alam bernama Garnet. Warna merahnya yang pekat melambangkan keberanian serta kegigihan yang selalu mewarnai hidupmu. Nggak hanya itu saja, batu ini juga memiliki arti kebenaran dan konsistensi bagi kamu yang lahir di awal tahun.

Selain warna merah, batu yang satu ini nyatanya memiliki warna-warna menarik lainnya seperti jingga, ungu, hijau hingga merah muda. Sangat cantik jika dijadikan perhiasan seperti liontin kalung atau cincin.

Garnet juga berfungsi untuk memberikan petunjuk, mengusir mimpi buruk, menambah kepercayaan diri, mempercepat proses penyembuhan hingga memberikan ketenangan jiwa.

2. Amethyst, si jelita untuk kamu yang lahir di bulan Februari

amethys

Via Queen of Jackals

Buat kamu yang lahir di bulan Februari, si jelita berwana ungu ini adalah batu kelahiran kamu.

Batu yang di Indonesia terkenal dengan nama kecubung ini dulunya banyak digunakan oleh para raja, ratu dan anggota kerajaan karena melambangkan kekuasaan.

Batu Amethyst ini memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi. Nggak heran jika batu ini kemudian banyak digunakan dalam berbagai perhiasaan karena sifatnya yang tahan akan goresan dan nggak mudah hancur.
Batu yang juga menjadi simbol kedamaian, kesederhanaan dan kesetiaan ini memiliki fungsi dapat mengendalikan emosi, memberikan ketenangan jiwa, serta membuat kehidupan percintaan kamu menjadi lebih harmonis.

3. Aquamarine, si manis untuk kamu yang lahir di bulan Maret

aquamarine

Via Misi

Beranjak ke bulan Maret, si manis Aquamarine hadir untuk melengkapi kehidupanmu. Batu yang satu ini terlihat cantik dengan warna hijau tua dan biru mudanya yang khas.

Berbahagialah kamu yang lahir di bulan ketiga penanggalan Masehi ini karena batu Aquamarine memiliki arti sebagai simbol dari energi yang meletup-letup, cinta, harapan dan kesehatan.

Seperti batu alam lainnya, batu bulan Maret ini memiliki fungsi dapat memberikan kejernihan pikiran dan mengusir energi negatif. Kamu yang dianugerahi batu ini juga mudah untuk menyerap ilmu dan wawasan serta nggak akan pernah kekurangan inspirasi dan kreatifitas.

4. Permata berlian, si mewah untuk kamu yang lahir di bulan April

berlian

Via Diamandbilds

Siapa sangka bahwa batu berlian yang selama ini kita kenal sebagai batu yang mewah dengan harga fantastis itu adalah batunya orang-orang yang lahir di bulan April.

Warnanya yang bening transparan terlihat sederhana namun berkelas. Seperti halnya kamu yang lahir di bulan April, bukan?

Batu yang menjadi sahabat semua wanita di dunia ini menjadi simbol dari kemurnian, kekekalan, keabadian dan cinta sejati. Mengapa? karena karakteristiknya yang kuat, serta propertinya yang murni (karbon semua).

Selain terkenal sebagai pemanis perhiasan, batu berlian memiliki manfaat yang dapat menguatkan hati serta menjaga kelanggengan hubungan percintaan si pemakainya.

5. Zamrud, si elok untuk kamu yang lahir di bulan Mei

zambrud

Via Necklaceday

Diberkatilah kamu yang lahir di bulan Mei yang diwakilkan dengan batu yang satu ini. Warna hijaunya yang mirip dengan bagian tengah laut, memberikan ketenangan bagi siapa saja yang melihatnya.

Batu yang juga memiliki nama lain batu Emerald ini merupakan simbol dari kesejahteraan, kebaikan, kesuksesan, kesehatan dan keseuburan.

Berbicara tentang manfaatnya, batu ini sering dikaitkan sebagai batu kesehatan. Sehingga pemakainya tidak akan mudah terserang penyakit. Nggak hanya itu saja, batu Zamrud juga dapat membawa keberuntungan, meningkatkan kepandaian dan mengenyahkan energi negatif dan memberi ketenangan jiwa.

6. Moonstone, si indah untuk kamu yang lahir di bulan Juni

moonstone

Via Arpelc Storenvy

Berlanjut ke bulan Juni, kamu dianugerahi batu Moonstone dengan warna biru keputih-putihan yang memikat. Warna yang unik dan elegan menjadikannya sebagai salah satu batu alam yang paling banyak digunakan sebagai pemanis perhiasan.

Bagi kamu yang lahir di bulan ke-6, batu kelahiran yang satu ini melambangkan kerendahan hati, kesucian serta keharmonisan.

Sementara fungsi dari batu ini diyakini dapat mengendalikan amarah dan mengusir keresahan. Nggak hanya itu saja, konon Moonstone juga dapat membawa keberuntungan besar, menyembuhkan berbagi penyakit dan memberikan aura positif bagi pemakainya.


BACA JUGA 7 Oleh-oleh Khas Indonesia Untuk Di Bawa Keluar Negeri


7. Ruby, si molek untuk kamu yang lahir di bulan Juli

ruby

Via Bruceandyqq

Ruby atau Batu Merah Delima adalah batu kelahiran untuk kamu penguasa bulan Juli. Batu berwarna merah ini sering kali digunakan sebagai jimat penarik keuntungan oleh sebagian besar orang.

Sejak abad ke-15, batu kelahiran ini telah dipercaya dapat menawar racun dan warnanya akan berubah menjadi gelap ketika pemakainya berada dalam bahaya. Hal ini kabarnya terjadi pada batu Ruby milik Ratu Catherine dari Aragon beberapa hari sebelum Raja Henry VII menceraikanya.

Melambangkan kemuliaan serta kekuatan seseorang, fungsi lain batu ini mampu menghilangkan energi negatif dan memberikan perlindungan bagi si pemakainya.

8. Peridot, si ayu untuk kamu yang lahir di bulan Agustus

peridot

Via Crafthubs

Kamu yang lahir di bulan Agustus dikenal sebagai orang yang memiliki antusiasme tinggi namun kadang terkesan angkuh dan sombong. Untuk itu, batu Peridot adalah batu alam yang cocok dengan karaktermu. Karena melambangkan kekuatan, kesetian, energi yang meletup-letup dan kesucian.

Di Hawaii nun jauh disana, batu yang satu ini menjadi simbol dari air mata Dewi Pele. Orang-orang zaman dahulu yakini bahwa Peridot lahir dari pecahan ledakan matahari yang jatuh ke bumi.

Untuk fungsinya, para ksatria abad pertengahan dulu percaya, batu Peridot dapat meningkatkan wawasan, membawa keberuntungan, menstabilkan emosi, menyembuhkan gangguan pencernaan, dan insomnia.

9. Sapphire, si juwita untuk kamu yang lahir di bulan September

sapphre

Via Pinterest

Selain batu Berlian dan Ruby, tentu kamu sudah nggak asing lagi dengan batu Sapphire. Batu yang satu ini di anggap sebagai simbol dari langit yang dipercaya banyak orang untuk menangkal bahaya saat berpergian.

Sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa Persia berarti biru, batu ini memang memang dikenal dengan warna birunya yang khas. Sapphire juga dikenal sebagai batu mulia yang langka. Sehingga nggak heran jika perhiasan dengan batu ini pasti dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Memiliki makna kejujuran dan ketenangan, batu ini berfungsi sebagai peredam sakit hati, pembawa kebahagiaan, penyembuh spiritual serta dapat meningkatkan konsentrasi.

10. Opal, si elegan untuk kamu yang lahir di bulan Oktober

opal

Via Etsy

Batu kelahiran bagi kamu yang lahir di bulan kesepuluh adalah Opal atau Kalimaya. Batu yang kebanyakan berwarna hitam dan putih ini melambangkan kemurnian dan harapan.

Bagi masyarakat Arab, batu kelahiran yang satu ini merupakan batu yang jatuh dari surga saat petir. Karena itulah batu ini dianggap suci. Nggak heran jika bangsa Eropa pada abad pertengahan meyakini batu mulia ini sebagai pembawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Nggak hanya itu saja, batu yang sering digunakan sebagai liontin kalung ini juga dipercaya dapat memberikan kebahagian, mengusir mimpi buruk, menyembuhkan penyakit pada mata serta meningkatkan kreatifitas, dan daya ingat

11. Citrine, si mulia untuk kamu yang lahir di bulan November

citrinee

Via Etsy

Kamu yang bernaung  di bulan November diberkati oleh batu mulia bernama Citrine. Selama abad ke -13 batu berwarna kuning keemasan ini  banyak dipakai oleh raja, pangeran dan anggota kerajaan karena dipercaya dapat memberikan kewibawaan bagi pemakainya.

Orang Yunani pun percaya bahwa Citrine mewakili kekuatan dan kecerdasan pada pemakainya. Setelah dipakai lama, bisa menjadi simbol kebijakan!

Di masa sekarang, penggunaan batu Citrine pada beragam perhiasaan juga dikabarkan dapat mengusir hal-hal negatif, tolak bala, meredam depresi hingga dapat mencegah terjadinya penyakit ginjal dan kandung kemih.

12. Blue Topaz, si anggun untuk kamu yang lahir di bulan Desember

blue-topaz

Via Joanna Jewelry

Kamu yang lahir di penutup tahun adalah orang-orang yang dinaungi batu Blue Topaz. Sejak peradaban kuno, batu berwarna biru ini dikenal sebagai batu anti-sihir dan sering digunakan dalam ritual keagamaan.

Batu yang memiliki arti kesabaran, persahabatan, kesejukan dan kebahagian ini sangat cocok untuk kamu yang mudah marah dan sulit mengatur emosi. Nggak heran jika kemudian batu ini dikenal sebagai media yang dapat memberi perasaan rileks dan menenangkan.

Kamu yang memiliki masalah pernapasan, pandangan kabur serta insomnia juga dapat disembuhkan dengan kehadiran batu ini.

Nggak sangka ya, ternyata sebongkah batu memiliki banyak arti dan fungsi yang mencengangkan. Terlepas dari benar atau tidaknya, batu-batu kelahiran di atas memang terlihat cantik dan elegan untuk menjadi pemanis perhiasan.

Bagi kamu yang mencari perhiasaan dengan batu alami, jangan khawatir karena Blibli.com menyediakan berbagai pilihan perhiasan batu alami! Nggak seperti tampilan perhiasan batu pada umumnya yang bulat dan terpotong rapi. Kesan eksotis dari potongan dan permukaan yang berlekuk menambah kesan mewah dalam setiap gayamu. Lihat saja sendiri!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY