Wudu Kelamaan Bisa Bikin Batal Pas Lagi Puasa

Photo via cdn.idntimes.com

Puasa jadi kewajiban buat umat muslim, nahan napsu duniawi sekaligus ngelatih kesabaran. Puasa juga ngeharusin buat nahan laper sama aus dari matahari muncul sampe tenggelem. Cuma masalahnya, puasa gak cuma soal nahan buat gak makan sama minum aja, tapi juga banyak hal yang kudu dihindarin biar puasanya gak batal. Nah, biar puasa sebulan afdol, ini hal2 yang sebaiknya gak dilakuin. 

Jangan sekali2 ngeliatin foto atau video makanan sama minuman pas lagi puasa, apalagi pas tengah bolong. Jangan pokoknya. Percaya deh, ngeliatin gambar es teh manis yang gelasnya berembun pas puasa bisa2 ngegoda iman. Daripada ngeces tuh ludah, mendingan jangan nyari perkara. 

Ngadem di dalem kulkas emang berasanya mantep bener. Cuma, kalo dilakuin tiap puasa kan bisa nimbulin prasangka jelek. Niat mau ngadem, eh malah dituduhnya mau minum. Hadeehhhh…

Trus, biasanya nih pas mau solat, bagian yang suka dilama2in kan pas wudu. Soalnya berasanya seger gitu pas air masuk ke dalem mulut. Hindarin kumur2 berlebihan pas lagi wudu, biar air gak masuk ke dalem tenggorokan. Jangan sok2an disengaja, trus dalem ati bilang “Haduuuh gak sengaja ketelen.” Ketebak banget hih! 

Kalo biasanya olahraga pagi2 biar sehat, hindarin ngelakuin kebiasaan ini pas bulan puasa. Soalnya, jarak ke azan Magrib kan lumayan jauh, bisa2 malah bikin batal puasa gegara aus. Buat ngegantinya, mending olahraga sejam sebelum buka biar langsung minum pas azan. 

Terakhir, jangan mentang2 tidur pas puasa itu ibadah, trus jadi kaum rebahan seharian gak ngelakuin apa2. Tetep kudu ngelakuin kegiatan lain biar dapet pahala dan puasanya juga jadi lebih bermanfaat. Gak cuma itu, rebahan trus2an juga bisa bikin badan jadi pada sakit gegara gak banyak gerak. 

Nah, itu tadi hal2 yang gak boleh dilakuin pas puasa. Inget ya, biarpun puasa bukan berarti jadi males2an. Bulan puasa itu jadi bulan buat nyari pahala sebanyak2nya, makanya mendingan ngelakuin hal2 yang bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa ya~ 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY