Nggak terasa tinggal satu bulan lagi sebelum tahun 2016 selesai. Biasanya, kalau sudah menyentuh bulan Desember, orang-orang akan mengambil cuti lebih dan menikmati liburan panjang.

Tapi, apakah kamu pernah mempunyai keinginan untuk melakukan sesuatu yang berbeda di liburanmu kali ini?

Apakah kamu terpikirkan untuk lebih mengenal kultur-kultur unik di Ibu Pertiwi? Apalagi, budaya-budaya tradisional Indonesia kini tengah naik daun di mata dunia , lho! Tapi sayangnya budaya yang dikenal di luar negeri ini, belum cukup populer di orang-orang kita sendiri.

Nah, sangat disayangkan kalau kamu melewatkan kesempatan jalan-jalan kamu begitu saja (masa harus nunggu libur panjang lagi?). Apalagi, sekarang lagi nge-tren yang namanya wisata kultur. Isinya, kamu nggak hanya traveling, namun sekaligus belajar lebih banyak tentang budaya lokal.

Untuk kamu yang tertarik melakukan wisata kultur, berikut adalah lima hal wajib yang bisa kamu lakukan!

1. Mengenal kerajinan tangan khas daerah lokal

mengenal-kerajinan-tangan

Via Aseli Malang

Indonesia adalah negara yang terdiri dari lebih dari 400 kabupaten dan hampir 100 kota. Setiap kota memiliki produk kerajinan tangan buatannya sendiri. Wajar saja produk kulturalnya itu banyak sekali.

Kalau kamu nggak percaya, coba lihat batik. Batik (dalam bentuk apapun) adalah salah satu produk kerajinan tangan yang paling diminati di kalangan wisatawan. Apakah kamu tahu kalau setiap kota memiliki ciri khas batiknya tersendiri?

Nggak hanya batik, kalau kamu mengunjungi Bali, kamu bisa menemukan produk-produk kerajinan tangan khas yang terbuat dari Perak Ceruk Bali.

Perak Ceruk Bali berasal dari salah satu desa terpencil bernama Ceruk yang ada Bali. Di sana, kamu bisa mempelajari proses pembuatan serta sejarah dari produk kerajinan tangannya.

Kalau kamu penasaran mengenai produk kerajinan tangan khas kultural Indonesia, kamu bisa membaca ulasan pada Big Wish sebelumnya yang membahas tentang produk khas budaya di beberapa kota di Indonesia.

2. Kunjungi lokasi-lokasi kebudayaan

lokasi-budaya

Via Tasik Cyber

Untuk mencari informasi tentang budaya-budaya yang lengkap, kamu memang perlu mengunjunginya langsung. Membaca di forum internet atau pergi ke museum saja nggak bakal memicu rasa apresiasi sebesar berkunjung langsung.

Mungkin hal yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi lokasi-lokasi tempat berdirinya rumah adat asli. Biasanya, lokasi rumah adat lokal memberikan banyak sekali informasi mulai dari sejarah, aktivitas, dan tradisi yang kaya akan aroma tradisional nusantara.

Biasanya, dari penduduk setempat kamu bisa bertanya atau berdialog tentang rumah adatnya. Di sini, kamu bisa mempelajari filosofi dan cara berpikir leluhur dan penduduk setempat yang turun-temurun.


BACA JUGA Download Kalender Liburan 2017 di Sini, Friends!


3. Sempatkan untuk mengikuti acara seni kebudayaan

acara-seni-kebudayaan

Inilah salah satu highlight utama wisata kultur. Dengan mengikuti acara seni dan budaya lokal, kamu bisa secara interaktif mengenal dan memahami lebih dalam kayanya budaya Indonesia.

Acara seni kebudayaan dapat berupa pameran lukisan atau barang adat, festival musik, acara kerajinan, acara seni tari, dan bahkan upacara adat! Alangkah beruntungnya jika ada acara seni kebudayaan yang berpapasan dengan waktu kamu berlibur.

Bagi kamu yang benar-benar berminat untuk melakukan wisata kultur, jangan lewatkan kesempatan ini, karena acara-acara kebudayaan lokal biasanya termasuk salah satu acara yang cukup langka ditemukan.

Kamu bisa menghayati interaksi mereka dengan alam dan satu-sama lain yang elegan melalui ritual-ritual unik. Jauh dari hiruk-pikuk metropolis.

4. Bersosialisasi dengan warga lokal

bersosialisasi-dengan-warga-lokal

Via CSD News

Cara paling mudah untuk mengenal dan mempelajari tradisi dari kebudayaan suatu daerah tertentu adalah mendekatkan diri dengan penduduk lokal. Ditemani secangkir minuman lokal dan sejumlah pertanyaan yang penuh rasa tertarik, kamu bisa belajar banyak.

Informasi yang didapatkan terjamin dan otentik. Terkadang mereka juga akan memberikan berbagai rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi selama masa liburan kamu. Kalau beruntung (dan akrab), mungkin kamu juga bisa mendapatkan oleh-oleh.

5. Mencoba jajanan khas daerah lokal

jajan-khas-daerah

Via Indonesiana

Liburan nggak akan terasa lengkap sebelum kamu mencoba makanan khas daerah wisatamu. Makanan khas nggak selalu harus berarti makanan besar di restoran saja, setiap kota pasti mempunyai jajanan khas yang bisa kamu nikmati kapan saja.

Dengan mencoba makanan khas, kamu bisa menanamkan kesan yang lebih dalam tentang kota tujuanmu. Apalagi yang suka wisata kuliner, semakin nggak boleh ketinggalan!

Kamu juga bisa mempromosikan suatu kota ke teman-teman kamu dengan membelikan mereka oleh-oleh jajanan khas. Gabungan wisata kultur dan kuliner itu memang nggak ada duanya deh!

Bagaimana, apakah kamu merasa semakin terpacu untuk berwisata kultur setelah membaca tips-tips di atas? Sebenarnya, liburan akan lebih terasa bermanfaat ketika kamu mempunyai minat untuk belajar budaya lokal lebih dalam.

Buat kamu yang sudah (atau sedang) memutuskan untuk berwisata kultur, nggak perlu keluar modal besar! Kamu bisa manfaatkan cicilan 0% dari Blibli.com dan berlibur ke tempat yang kamu inginkan!

Featured Image via: yopiefranz.com

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends πŸ™‚
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY