me

10 Tempat Wisata di Nusa Penida, Wajib Dikunjungi!

May 06, 2024.By Nadine
Bagikan

anywhere.com
Tempat wisata di Nusa Penida yang siap membuatmu jatuh cinta.

Promo Dream On Mei 2024

Wisata di Nusa Penida — Hampir semua orang setuju, sekali mengunjungi Pulau Dewata maka pasti akan kangen untuk mengunjunginya kembali. Selain alamnya yang indah, Bali juga menawarkan keramahan, kedamaian, kesenangan dan kebudayaannya yang menarik. Maka dari itu, kamu harus tahu berbagai tempat wisata di Nusa Penida.

Saat berkesempatan berkunjung ke Bali pastikan mampir ke Nusa Penida. Kepulauan yang terletak di Kebupaten Klungkung ini sering disebut surga tersembunyi karena keindahan alamnya memukau dan layak dieksplorasi lebih maksimal. Keindahan bawah lautnya yang masih asri dan terjaga juga menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke pulau yang sering juga disebut Pulau Gede ini.

Baca Juga: Panduan Wisata Gili Trawangan: Rute, Kegiatan, dan Daya Tarik


Rekomendasi Tempat Wisata di Nusa Penida

Buat yang berencana berlibur ke Bali, khususnya ke Nusa Penida berikut rekomendasi tempat wisata di Nusa Penida yang oke untuk dikunjungi. 

1. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking
water-sport-bali.com

Diawali dengan tempat paling populer di Nusa Penida yakni Pantai Keliling. Pantai Kelingking merupakan singkapan bebatuan yang menghadap ke laut dan terlihat seperti tulang dinosaurus.

Dari puncak bukit terlihat pemandangan luar biasa indah yang tersembunyi di balik batu karang yang kokoh. Pastikan turun ke bawah untuk menikmati hamparan pantai berpasir putih. Berkunjung ke Pantai Kelingking yang terletak di Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali dijamin bisa memberikan pengalaman yang nggak terlupa. Nah, tempat ini juga bisa dikunjungi dengan paket tour Nusa Penida.

2. Air Terjun Guyangan

Air Terjun Guyangan
beautyfulbali.blogspot.com

Air Terjun Guyangan yang berlokasi di Batukandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, terkenal dengan tangga warna birunya di sepanjang tebing. Nah, saat perjalanan menuruni tebing yang penuh tantangan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan menakjubkan. 

Namun jangan berharap melihat air terjun yang jatuh dari tebing karena satu-satunya air terjun kecil yang ada adalah pipa air tangki yang akan disalurkan ke seluruh Nusa Penida. Bisa dijumpai juga pura kecil dan kolam alami di bebatuan tebing. Di Air Terjun Guyangan ini kamu bisa menghadapi ombak yang pecah di tepi tebing dengan aman.

3. Crystal Bay

Crystal Bay
hotels.com

Main ke Nusa Penida akan rugi jika nggak berkunjung ke Crystal Bay. Pantai yang berlokasi di Banjar Penida, Kabupaten Klungkung merupakan surganya pencinta diving. Airnya super jernih, ombaknya tenang dan gugusan terumbu karangnya juga sangat mengagumkan yang akan memberikan pengalaman diving maupun snorkeling yang oke.

Oleh karena Crystal Bay menghadap ke barat, buat yang nggak suka diving bisa duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang luar biasa indah.

4. Gamat Bay

Gamat Bay
nopostcode.com

Gamat Bay seringkali disebut sebagai adik dari Crystal Bay namun sedikit lebih liar dan lebih menantang, cocok untuk scuba diving dan snorkeling. Oleh karena di tempat ini arusnya bisa cukup kuat maka pastikan selalu hati-hati saat snorkeling.

Pemandangan bawah lautnya luar biasa indah, beragam flora dan fauna laut dijamin akan memberi warna tersendiri buat liburan kamu. Tertarik mengunjunginya? Gamat Bay lokasinya ada di Sea, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

5. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong
pinterest.com

Nama tempat keren ini diambil dari kata ‘Angel yang berarti bidadari serta ‘Billabong’ yang berarti ujung dari sungai yang buntu. Jadi Angel’s Billabong bisa diartikan sebagai tempat yang berupa ujung sebuah sungai yang keindahannya bak bidadari.

Kolam alami yang berbentuk tebing ini berlokasi di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida . Nah, saat pasang kolam akan terisi penuh kemudian saat surut air yang sangat jernih akan tertahan di dalamnya. Pemandangan yang disuguhkan dijamin sangat memanjakan mata tapi pastikan nggak berenang saat pasang karena ombaknya cukup besar.

6. Raja Lima

Raja Lima
acaranya-jalan-jalan.blogspot.com

Sebelum berkunjung ke Raja Ampat ada baiknya berkunjung dulu ke Raja Lima yang berlokasi di Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung yang pemandangannya nggak kalah luar biasa. Terdapat banyak gugusan batu karang yang sangat memukau ditambah hamparan pasir putih di bibir pantainya.

Di Raja Lima kamu juga bisa melihat keajaiban, lho. Yakni menyaksikan mata air di pinggir laut yang nggak pernah kering dan nggak terasa asin. 

7. Tembeling

 Tembeling
charliepauly.com

Tembeling atau Temeling merupakan hutan primer dan kolam renang alami dengan pemandangan yang sangat romantis. Objek wisata tersembunyi di bawah tebing bukit ini alamnya masih asri, alami dan nggak terlalu ramai. Cocok banget buat yang ingin healing.

Ke tempat wisata yang ada di Desa Batu Madeg, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung ini perjalanannya g cukup menantang dan menguji nyali. Setelah perjalanan dengan suasana hutan sejuk kamu akan disuguhi pemandangan birunya Samudra Hindia yang indah.

8. Broken Beach

 Broken Beach
tatkala.co

Setelah berkunjung ke Broken Beach, dijamin bakalan susah untuk menjabarkan keindahannya dengan kata-kata, karena memang terlalu indah. Broken Beach terbentuk akibat runtuhnya sebagian tebing dan secara keseluruhan akan terlihat seperti teluk yang berbentuk melingkar.

Buat yang hobi foto, di Broken Beach bisa dengan mudah mendapatkan spot foto yang luar biasa indah. Namun nggak disarankan untuk berenang karena ombaknya cukup besar dan banyak batu karang tajam. Lokasinya di Banjar Sumpang, Bunga Mekar, Nusa Penida.

9. Manta Bay

Manta Bay
storyblocks.com

Jika ingin liburan dengan pengalaman yang beda, coba berkunjung ke Manta Bay untuk diving sambil mengejar ikan pari atau manta. Lokasinya nggak jauh dari Pantai Kelingking atau di Tanjung Pandan, Nusa Penida.

Selain pemandangan bawah lautnya yang memukau, Manta Bay juga menawarkan pemandangan pantai yang indah. Kamu bisa menikmati sunset yang menakjubkan yang dipadu dengan air laut biru cemerlang.

10. Goa Giri Putri

Goa Giri Putri
theworldtravelguy.com

Goa Giri Putri merupakan rangkaian pura yang terdapat atau dibangun di dalam goa. Terdapat enam pura di tempat ini yakni satu berada di luar dan lima lainnya berada di dalam goa.

Uniknya, orang yang ingin bersembahyang dan masuk ke dalam goa akan lebih dulu menaiki ratusan anak tangga. Lalu memasuki celah sempit yang berukuran sekitar 80 cm. Buat yang tertarik mengunjunginya lokasinya ada di Desa Karangsari, Kecamatan Nusa Penida.


Baca Juga: Wisata Labuan Bajo, Mana yang Worth It Dikunjungi?

Gimana Blibli Friends, siap menjelajah Nusa Penida? Biar nggak ribet bisa juga memilih ikut tour bersama toko online terpercaya Blibli. Pilihan paket tour-nya beragam dan bisa banget disesuaikan dengan bujet, bahkan memilih private trip juga bisa (minimal pemesanan dua orang). Selain Nusa Penida ada juga paket tour Indonesia Tengah yang nggak kalah menarik untuk dipilih.

Proses pemesanan nggak pakai lama dengan metode pembayaran banyak pilihan. Satu diantaranya bisa pakai kartu kredit cicilan 0% dengan jangka waktu pembayaran sampai 24 bulan. Ikut tour bersama Blibli juga berkesempatan mendapatkan cashback menarik. Tunggu apalagi yuk, berlibur ke Nusa Penida bersama Blibli.