me

8 Wisata Bukittinggi yang Populer dan Indah

May 22, 2024.By Nadine
Bagikan

facebook.com/zainal.arifin.35728466
Cek yuk rekomendasi wisata Bukittinggi yang populer di sini!

Wisata Bukittinggi — Nggak kalah seperti kota besar lain yang ada di pulau Sumatera, Bukittinggi juga punya banyak pilihan destinasi wisata bersejarah maupun yang memiliki pemandangan indah dan segar. Kota yang berjarak sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan dari Padang ini dikenal sebagai tempat kelahiran tokoh reformasi terkenal yaitu Bung Hatta.

Buat kamu yang ingin liburan di Bukittinggi atau sedang ada di sana, di bawah ini ada 8 tempat wisata Bukittinggi yang wajib kamu datangi bareng teman atau keluarga. Simak yuk rekomendasinya!

Baca Juga:


1. Jam Gadang

Jam Gadang
facebook.com/goodnews.id

Alamat: Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh, Benteng Ps. Ateh, Bukittinggi

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Tiket masuk: Gratis

Belum ke Bukittinggi kalau kamu nggak mengunjungi Jam Gadang. Kalau Jakarta terkenal dengan Monasnya, maka Jam Gadang adalah simbol dari kota Bukittinggi yang ada di Sumatera Barat. Jam Gadang ini berada di dalam kawasan Taman Sabai Nan Aluih. Taman ini berada tepat di depan Istana Bung Hatta yang nggak kalah populer.

Jam raksasa berukuran 13 x 4 meter ini berdiri dengan kokoh di tengah alun-alun dengan bagian ujungnya seperti model atap rumah khas adat setempat. Kamu nggak perlu takut di sana bakal kelelahan karena pemerintah dan dinas setempat sudah menyediakan banyak tempat duduk yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat.

2. Lembah Ngarai Sianok

facebook.com/goodnews.id

Alamat: Jalan Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Agam

Jam buka: Setiap hari, 09.30 – 17.30 WIB (Jumat tutup)

Tiket masuk: Rp 15.000

Salah satu destinasi yang menawarkan keindahan alam di Bukittinggi adalah Lembah Ngarai Sianok. Lembah curam yang ada di tengah kota ini punya pemandangan yang cantik banget, sayang kalau kamu melewatkan tempat ini. Lembah ini berkelok-kelok dan cukup panjang, mencapai sekitar 15 km, lebar 200 meter dengan kedalaman hingga 100 meter.

Lembah Ngarai Sianok membentang sepanjang Nagari Sianok Anam Suku yang ada di utara hingga Nagari Koto Gadang di sisi selatan. Buat kamu yang suka berjalan kaki sambil menikmati alam yang hijau dan asri, sambil melihat kawanan hewan liar seperti burung dan monyet, destinasi ini cocok buat kamu. 

3. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock
facebook.com/jelajahi.indonesiaku

Alamat: Jalan Yos Sudarso, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Bukittinggi

Jam buka: Setiap hari, 09.30 – 17.30 WIB (Jumat Tutup)

Tiket masuk: Rp 15.000

Kalau kamu ingin wisata sejarah di kota Bukittinggi, salah satu destinasi terbaik yaitu Benteng Fort de Kock. Benteng yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1830 ini berada di atas bukit. Jadi, kamu nggak hanya akan disuguhkan sama bangunan benteng yang kokoh, tapi juga pemandangan alam.

Saat ini Benteng Fort de Kock juga difungsikan sebagai kebun binatang lho, Blibli Friends. Cocok nih kalau ingin mengenalkan si kecil dengan berbagai jenis binatang sambil belajar sejarah. Lokasinya juga nggak terlalu jauh dari pusat kota, jadi cukup mudah ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun mobil.

4. Museum Bung Hatta

Museum Bung Hatta
id.wikipedia.org/Crisco_1492

Alamat: Jalan Soekarno Hatta No 37, Campago Ipuh, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi

Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB

Tiket masuk: Gratis

Siapa yang nggak kenal dengan tokoh besar Bung Hatta? Beliau lahir di Bukittinggi dan rumah tempat tinggalnya dulu sekarang sudah disulap menjadi sebuah museum. Rumahnya tergolong besar, berada di lahan seluas 1.000 meter persegi. 

Di sana kamu bisa menambah pengetahuan tentang Bung Hatta sekaligus mengenang perannya bagi kemerdekaan Indonesia. Saat ini museum Bung Hatta ditangani langsung oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya kota Bukittinggi.

5. Janjang Saribu

Janjang Saribu
id.wikipedia.org/Rahmat_Irfan_Denas

Alamat: Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Bukittinggi

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Tiket masuk: Rp 5.000

Bukittinggi juga punya lho tembok besar seperti yang ada di China. Janjang Saribu atau yang juga disebut dengan The Great Wall of Koto Gadang ini memiliki anak tangga dengan jumlah mencapai seribu. Kamu akan dibawa menikmati keindahan tebing dengan melewati anak tangga dengan jalur yang berliku-liku.

Janjang Saribu umumnya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai tempat untuk mengambil air minum di lembah ngarai. Selain pemandangan tebing yang indah, kamu juga bisa melihat gunung Singgalang dan Marapi yang cantik dari kejauhan.

6. Taman Margasatwa Budaya Kinantan

id.wikipedia.org

Alamat: Jalan Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Bukittinggi

Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB

Tiket masuk: Rp 15.000

Tahukah kamu, kalau salah satu kebun binatang legendaris Indonesia ada di Bukittinggi? Namanya adalah Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Destinasi wisata ini berada di Bukit Cubadak Bungkuak dengan koleksi satwa paling lengkap di Sumatera.

Kamu akan mendapatkan banyak edukasi, pengetahuan tentang budaya, sejarah dan alam hanya di satu tempat ini. Nggak hanya kebun binatang saja, disini juga ada jembatan Limpapeh dan rumah adat Minangkabau yaitu “Baanjuang”. Cocok nih buat jadi spot foto estetik untuk kamu upload ke sosial media.

7. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
id.wikipedia.org/Noer1804

Alamat: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Tanah Datar

Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB

Tiket masuk: Rp 5.000

Ingin cari wisata air terjun yang sejuk dengan pemandangan pegunungan? Kamu wajib datang ke air terjun Lembah Anai. Air terjun yang satu ini cukup tinggi dan kondisinya berada di pinggir jalan raya. Inilah yang membuat destinasi ini banyak dilirik oleh wisatawan saat datang ke Bukittinggi.

Nggak hanya air terjun saja, kamu juga bisa menikmati pemandangan khas pegunungan yang ada di sekitarnya. Air terjun dengan tinggi sekitar 35 meter ini bisa kamu datangi sambil istirahat sebentar sebelum lanjut ke destinasi yang lainnya.

8. Taman Bunga Rafflesia Arnoldi

Taman Bunga Rafflesia Arnoldi
voi.id

Alamat: Gadut, Kec. Tilatang Kamang, Agam

Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB

Tiket masuk: Rp 20.000

Siapa yang penasaran banget sama bentuk asli bunga Rafflesia Arnoldi yang populer? Kamu bisa melihatnya secara langsung di Bukittinggi lho, nama tempatnya Taman Bunga Rafflesia Arnoldi. Bunga terbesar di dunia ini sangat dijaga kondisinya, jadi kamu harus menaati beberapa peraturan kalau ingin berkunjung ke sana.

Kamu dilarang untuk duduk pada inang bunga maupun menginjaknya. Kamu juga nggak boleh terlalu dekat bahkan menyentuhnya. Sebaiknya patuhi peraturan yang ada ya, supaya Blibli Friends bisa terus melihat keindahan bunga ini sambil turut menjaga kelestariannya.


Baca Juga:

Itu dia panduan wisata Bukittinggi dengan berbagai pilihan destinasi alam maupun bersejarah yang populer di sana. Kalau kamu ada di Kota Padang, hanya butuh waktu maksimal 3 jam saja kok dari sana.  Jangan lupa pakai voucher hotel Padang dan beli di Blibli, supaya liburan kamu makin berkesan!