Berakhir pekan dengan keluarga mungkin sekarang menjadi hal mewah buat kalian yang tinggal berjauhan dengan orang tua atau sanak saudara.

Hari Sabtu dan Minggu pun bukanlah waktu yang dinantikan karena hanya akan dilalui seorang diri saja. Apalagi ketika teman-teman sudah punya acara sendiri (aw!).

Mungkin kamu sendirian saja karena kamu belum menemukan pasangan yang tepat atau lagi malas menjadi inisiator jalan-jalan bareng temen sepermainan dulu. Lalu, weekend biar nggak basi dan membosankan harus diisi apa, dong?

Ada banyak hal positif loh yang bisa kamu lakukan, walau lagi sendirian. Jangan anggap remeh manfaat dari quality time bersama kamu! Ini 7 hal yang bisa kamu lakukan:

1. Tambahkan membaca buku jadi list hobi kamu

baca-buku

Via Thought Catalog

Buat kamu yang nggak beribadah di hari Minggu, mungkin akan terasa sangat lenggang di akhir pekan. Nah, Bagaimana kalau diisi dengan membaca buku?

Generasi biasanya milenial nggak terbiasa membaca dan menganggap membaca itu nggak lagi menyenangkan. Padahal, kalau tahu betapa magisnya membaca itu, pasti hobi!

Menambah pengetahuan? Itu pasti dan nggak perlu diragukan. Selain itu, membaca buku juga bikin kamu lebih rileks dan membuat kamu lupa waktu (kalau buku yang kamu pilih tepat, ya).

Membaca itu membuat imajinasi kamu menjadi lebih bebas, karena stimulusnya hanya datang dari kalimat. Lain halnya dengan menonton video dan bermain game.

Hobi ini cocok buat kamu yang kurang fokus dan konsentrasinya mudah buyar. Kalau sudah menjadi bookworm, tempat nongkrong kamu bukan lagi kedai kopi lucu-lucu, tapi di cafe buku atau perpusatkaan.

Siapa tahu di sana kamu menemukan temen ngobrol (jodoh) yang asik. Who knows?

2. Olahraga pagi dan makan bubur pinggir jalan adalah surga

olahraga

Via Medic Magic

Bangun pagi bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh sebagian orang. Tapi, ketika mencoba bangun pagi dan mengeluarkan kepenatan selama seminggu dengan berolahraga, rasanya itu nggak bisa didefinisikan. Asik banget!

Satu kali nggak akan memberi manfaat yang seru. Namun, setelah empat atau lima kali rutin berolahraga, kamu nggak hanya merasa tubuhmu bugar saja, tapi jiwamu akan jadi lebih jernih.

Habis olahraga di pagi hari, enaknya sih makan bubur. Coba cari bubur di sekitar rumah atau sekitar tempat olahraga kamu. Pagi kamu akan menjadi lebih bersemangat setelah mendapatkan dua asupan mengasyikkan ini.

Kalau kamu melakukan dua hal di atas di pinggir laut, bakal lebih mengasyikkan lagi. Tiba-tiba ber-weekend sendirian nggak terlalu buruk lagi.

3. Pergi sendiri ke festival? Berangkat!!

nonton-festival

Via Denusa

Dengan internet dan aplikasi-aplikasi canggih, informasi soal acara-acara seru nggak lagi susah didapatkan. Kamu suka musik? Bisa cari music festival yang diadakan di berbagai kafe, pub, dan bar.

Suka film? Kamu bisa mengikuti sosial media dari komunitas pecinta film, seperti Kineforum, Cinema Poetica, dan masih banyak lagi!

Apa sih serunya pergi sendirian? Jangan salah! Kamu bisa menikmati suasana itu tanpa perlu membagikannya ke orang lain. Ada saatnya kamu hanya ingin berdiam diri dan menikmati keramaian.

Kalau belum pernah, coba deh. Hanya akan ada dua kemungkinan: kamu nggak betah, pulang, dan nggak akan mencoba lagi seumur hidup. Atau kamu akan kembali lagi.

4. Coba nonton drama Korea

drama-korea

Via Forbes

Buat kamu yang mager ke mana-mana dan doyan banget di rumah, bisa coba maraton drama Korea. Buat kamu para lelaki ‘macho’, jangan berpikir kalau drama Korea bakal mengurangi maskulinitasmu.

Justru dari drama Korea, kamu jadi bisa ngerti sedikit banyak tentang impian para perempuan yang ada di luar sana (yang mungkin salah satunya sedang kamu kejar). Ide-ide kencan romantis juga banyak macamnya dan bisa menginspirasi kamu untuk anniversary, valentine, dan ulang tahun!

Kalau buat perempuan, drama Korea bisa jadi tempat kamu meluapkan ekspresi-ekspresi diri. Kamu bisa menangis, tertawa kegelian, gregetan sampai gigit-gigit bantal karena drama Korea.

Selama menonton, kamu pasti jadi lupa waktu dan lupa akan masalah serta kegalauan yang kamu rasakan dalam sekejap. Namun jangan sampai ketagihan! Kalau sudah terlanjur, jangan coba-coba nonton ini kalau kamu sedang dikejar deadline atau akan menghadapi ujian akhir.

Rasakan sendiri akibatnya.

5. Random mengunjungi tempat-tempat asing

tempat-asing

Via Escape Here

Kalau kamu bukan jenis orang yang betah di rumah dan jenis yang impulsif, ini bakalan jadi hal yang paling seru buat kamu lakukan sendirian di hari luangmu.

Coba datangi museum yang belum pernah kamu kunjungi. Selain bisa lebih ngerti soal sejarah (sedikit banyak ada dong yang nyangkut di otak), kamu juga berperan serta menghidupkan sejarah Indonesia, loh!

Kalau lagi nggak mood pergi ke museum, kamu bisa berjalan-jalan tanpa tujuan. Keliling kotamu. Nikmati. Masuk ke cafe, bakery, studio, komplek perumahan, dan toko-toko secara random. Be mindfull.


BACA JUGA Hal-Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Untuk Mengadakan Pesta


6. Kalau punya uang lebih, cari hobi mengoleksi sesuatu

koleksi-sesuatu

Via Stuff

Buat yang punya uang jajan lebih atau sudah bekerja, kamu bisa salurkan uang kamu ke kegiatan satu ini. Coba habiskan waktu lebih banyak dengan hobi mengkoleksi.

Koleksilah hal-hal yang menarik hati dan melibat minat. Kalau kamu suka mobil-mobilan, bisa koleksi replika mobil seperti Hotwheels. Kamu juga bisa mengoleksi Lego, perangko, ataupun tamiya yang belakangan naik daun lagi.

Bahkan, untuk mengisi waktu di lain hari, kamu bisa ke sebuah pameran ataupun komunitas pecinta barang-barang koleksimu. Misalnya, acara CCM atau Colony Collection Market yang diadakan pekan lalu.

7. Kalau punya uang lebih lebih lagi, beli tiket nonton konser musik kesukaan

konser

Via Pinterest

Nah, kalau ini memang butuh uang lebih banyak lagi dari koleksi suatu barang, tapi keseruannya memang nggak ada yang bisa ngalahin. Nonton konser/rave musik!

Apalagi untuk menyambut tahun yang baru! Kamu bisa mencoba datang ke Island Life Project tanggal 3 dan 4 Januari nanti (Sabtu-Minggu) yang menghadirkan DJ Diplo langsung dari Negeri Paman Sam (Trump)!

Memang nggak murah buat mendapatkan tiket konser berstandar internasional seperti itu. Tapi, harga nggak pernah membohongi kualitas. Apalagi kalau sudah di Bali konsernya!

Masih ada waktu nabung kok!

Udah dapet pencerahan buat beraktivitas di hari libur yang sepi? Nggak sepi lagi dong, kalau kamu sudah mencoba tujuh hal di atas? Oh ya, kalau kamu masih saja bingung mau ngapain di hari minggu yang sepi, kungjungi saja Blibli.com dan belanja sepuasmu! Blibli ga pernah libur, dan selalu ramai hal-hal menarik untuk semua kebutuhanmu!

is this from personal experience?

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY