Catat Kombinasi Warna Rambut Ombre Unik dan Trendi

warna rambut ombre

Sampai sekarang, warna rambut ombre masih menjadi tren. Terutama, untuk gaya rambut perempuan. Warna ini menghadirkan nuansa baru yang terasa segar. Tentunya juga dengan sentuhan unik sekaligus trendi. Gaya rambut ombre cocok untuk Blibli Friends yang suka dengan penampilan unik, serta berani mencoba style baru. Yuk, kita simak ulasan selengkapnya tentang rambut ombre.


Baca juga: Cara Ngecat Rambut Pake Teknik Balayage

Apa Itu Warna Rambut Ombre

warna rambut ombre
Image Source: dramafever.com

Ombre adalah teknik pewarnaan rambut dengan satu warna dari bagian akar sampai ke tengah agak bawah. Kemudian, dari tengah bawah sampai ujung rambut diwarnai dengan warna berbeda dan bagian rambut yang diwarna tersebut lebih pendek. Ombre berasal dari kata-kata Bahasa Perancis yang artinya “warna yang memiliki bayangan atau bergradasi warna”.

Jadi, umumnya warna ombre lebih gelap pada bagian rambut dari akar sampai ke tengah. Kemudian, diberi gradasi warna yang lebih terang dari tengah rambut sampai ke bawah. Teknik Ombre lebih mengutamakan pewarnaan dengan posisi horizontal atau mendatar. Ombre juga lebih mengutamakan gaya rambut dibandingkan teknik pewarnaan yang rumit. 

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengecat Rambut

Cat Rambut yang BagusSebelum mengecat rambut, kamu perlu mempersiapkan hal-hal penting terlebih dahulu. Pertama, pastikan kamu nggak keramas dengan sampo. Kalau mau keramas pakai sampo, keramaslah 24 sampai 48 jam sebelum mewarna rambut. Ini untuk melindungi lapisan minyak alami di kulit kepala biar nggak kering, sehingga bisa melindungi dari bahan kimia saat pewarnaan rambut. 

Hindari juga mengubah rambutmu, misalnya dengan meluruskan atau mengeritingnya. Ini bisa mempengaruhi efek warna pada rambutmu nanti saat diombre. Warnanya jadi nggak natural. Kemudian, carilah inspirasi gaya rambut ombre. Misalnya, rambut artis kesukaanmu. Ini bakal membantu banget terutama buat stylist yang bakal mewarna rambutmu.

Oh iya, ingat juga untuk bersabar, ya. Rambutmu yang hitam bisa, kok, di warna terang seperti pirang. Tapi, biasanya harus lebih dari satu kali pewarnaan. Jadi persiapkan saja bujet dan waktu kamu, ya. Satu lagi tipsnya, kamu perlu tahu bagaimana cara perawatan rambut yang sudah diwarna. Tanyakan saja ke stylist di salonmu, seperti apa perawatan penting buat rambut ombre.

10 Rekomendasi Warna Rambut Ombre  

Ada banyak inspirasi gaya rambut ombre yang bisa kamu coba. Berikut rekomendasinya buat kamu:

  1. Cokelat Gelap – Pirang 

Image Source: beautynesia

Warna ini cocok untuk rambut dengan potongan bob yang pendek. Gaya rambut ini fresh dan dengan diwarna ombre, maka rambutmu akan terlihat semakin segar. Perpaduan cokelat gelap dan blonde atau pirang juga terkesan lebih soft dibandingkan hitam dan pirang.

2. Hitam – Cokelat Gelap

Image Source: beautynesia

Kombinasi warna yang simpel dan selalu terlihat elegan. Kalau kamu punya rambut dengan warna hitam, dan nggak ingin terlalu mengubah penampilan rambutmu. Warna ombre yang ini pas banget buatmu. Tampilannya natural dan tentunya tetap stylish.

3. Hitam – Cokelat 

Image Source: @alorabeauty

Masih bernuansa ombre cokelat, tapi yang ini lebih terang warnanya. Selain itu, kamu bisa padukan warna cokelat gelap dan ombre cokelat muda. Jadi, nggak langsung dari hitam ke cokelat muda. Perpaduan dua warna cokelat yang berbeda tone bakal terlihat lebih soft.

4. Abu-Abu – Silver 

Style ini sudah populer sejak 2017 sampai 2021, lho. Masih disukai banget, warna rambut ombre ini layak kamu coba. Perpaduan abu-abu gelap dengan ombre silver akan membuatmu terlihat bold sekaligus classy.

5. Pirang – Marun

Image Source: Pexels/Chloe Kala

Warna ini menggunakan style reverse alias dibalik warnanya. Kalau ombre biasanya dari warna gelap ke terang, kali ini kamu bisa mewarna rambut sebaliknya. Dari warna pirang di atas sampai tengah. Lalu warna marun dari tengah sampai bawah. Ini unik banget tapi juga terlihat fantastis.

6. Ungu – Merah 

Ini warna yang terinspirasi dari mermaid. Kamu bisa kombinasikan warna dusty purple dan merah coral yang bold tapi juga romantis. Kelihatannya, dua warna ini beda banget. Tapi saat digabungkan maka hasilnya terlihat cantik menawan. Gaya ombre ini juga unik, bikin kamu beda dari yang lain.

7. Abu-Abu – Kuning 

Image Source: instagram.com/singi.vo

Inspirasi warna dari Billie Eilish. Kamu bisa memunculkan sisi artsy dalam dirimu lewat gaya ombre ini. Padukan abu-abu kehijauan pucat dengan ombre kuning. Tampilan ombre ini terlihat grungy. Gaya rambut ini juga cocok buat kamu yang suka bermusik, nih.

8. Hitam – Rose Gold

warna rambut ombreTahun 2021 masih didominasi oleh tren warna rose gold. Nah, warna ini juga cocok buat rambut ombre kamu. Warna yang elegan dan stylish buat rambut wanita. Warna hitam nggak akan bertabrakan dengan rose gold, justru saling melengkapi dan menyempurnakan.

9. Hitam – Burgundy 

Kembali dengan warna merah untuk ombre. Burgundy terlihat lebih bold serta unik. Kamu bisa memadukan rambut hitam dengan burgundy yang cantik. Perpaduan warna ini bakal bikin kamu makin percaya diri. Kamu pun siap menjalani hari-harimu dengan berani.

10. Ungu – Pink 

Image Source: instagram.com/veganrainbowmermaid

Warna-warna romantis ini bernuansa ala unicorn. Jika rambutmu sedikit panjang seperti sebahu, kombinasi warna ini cocok untukmu. Padukan dusty purple dan pink untuk menciptakan gaya feminin. Gaya ombre ini terlihat manis di kamu.

Tips Mengecat Rambut yang Benar  

Nah, sekarang kita catat sedikit tips untuk mengecat rambut yang benar. Jadi, kamu memang bisa mewarna rambut di salon ataupun sendiri di rumah. Berikut tipsnya:

 

  • Pilih Warna yang Tepat untuk Rambut

 

Lihat warna asli rambutmu. Pilih warna yang paling mendekati rambut aslimu. Lalu, cari dua warna lainnya yang mirip warna tersebut. Gunakan juga cat rambut sesuai dengan panjang rambutmu, nggak harus banyak banget. Hindari juga mencampurkan dua warna tanpa bantuan stylist profesional. 

 

  • Lakukan Tes Serta Persiapkan Semua Perlengkapan

 

Tes yang dimaksud yaitu tampilan warna cat rambutnya pada rambutmu. Cobalah di beberapa helai rambut, dan lihat hasilnya. Kalau sudah cocok dengan seleramu, lanjutkan persiapannya. Kenakan baju yang mudah dilepas seperti kaus berkancing. Usapkan petroleum jely atau lip balm di sepanjang garis rambutmu biar terlindungi. Siapkan sisir, jepit dan ikat rambut, beberapa wadah buat cat rambut dan sebagainya, serta kenakan sarung tangan.

 

  • Mengecat Rambut dengan Hati-Hati

 

Pastikan rambutmu kering saat kamu mengecatnya. Hindari juga memencet isi cat rambut langsung dari botol dan diaplikasikan ke rambut. Taruh saja di wadah agar prosesnya tidak berantakan. Mulailah mengecat dari akar rambut terus ke ujung. Gunakan dua cermin untuk melihat rambut dari belakang. Kalau ada tumpahan cat seperti di wajah, langsung bersihkan segera, ya.

 

  • Gunakan Shower Cap Setelah Rambut Dicat Semua

 

Selama proses pewarnaan, setelah seluruh rambut dicat, gunakan shower cap biar cat rambut yang basah nggak menetes. Setelah rambut dicat, jangan langsung keramas pakai air. Pokoknya, sebisa mungkin jauhkan dulu rambutmu dari air.  

 

  • Rawat Rambut Ombre dengan Sampo Khusus

 

Ganti sampo kamu dengan sampo color-safe yang khusus untuk rambut berwarna. Lengkapi juga dengan kondisionernya. Selain itu, kamu bisa pakai sampo dan kondisioner untuk mempertahankan warna rambut, atau biasa disebut sampo color-boosting untuk hair-gloss.

 

  • Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

 

Sinar matahari bisa bikin warna rambutmu cepat pudar. Soalnya sinar UV bekerja seperti bleach. Selain melunturkan warna buatan, sinarnya juga menghilangkan melanin yang memberikan pigmen alami pada rambut. Ini menurut James Corbett, color director Clairol di New York.

 

  • Hindari Menggunakan Hot Tools pada Rambut 

 

Hot tools yang dimaksud adalah perlengkapan seperti catok rambut, pengeriting atau hair dryer. Terutama, seperti catokan dan pengeriting yang bersentuhan langsung dengan rambut. Sebab, suhu panas dari alat-alat ini bisa memudarkan warna rambutmu, serta bikin rambut kering.


Baca juga: Rajin Pake Masker Bikin Rambut Keliatan Lebih Tebel

Gimana, sudah mendapat inspirasi buat rambut ombre kamu? Warna rambut ombre bisa bervariasi banget. Tergantung gaya fashion kamu juga. Nah, kalau mau mengecat rambut sendiri, boleh banget, kok. Beli cat rambut favoritmu di Blibli! Pilihannya paling lengkap, dan banyak diskonnya buat kamu. 

Dapatkan Cat Rambut Berkualitas Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY