Wajib Tahu: Yang Perlu Dilakukan Ketika Anak Tersedak

Photo via freepik.com

Tersedak merupakan kejadian yang sangat berbahaya dan dapat terjadi bagi siapa saja dan kapan saja. Korban yang mengalami darurat medis tersedak dapat hilang kesadaran dengan sangat cepat karena adanya sumbatan pada jalur pernafasan. Meskipun terkesan sepele, kejadian ini sebenarnya sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa. Hal ini disebabkan karena epiglotis yang berfungsi untuk menutup jalur makan dan pernafasan secara tidak sengaja menutup “lubang” yang salah ketika korban sedang menelan. Tanda-tanda pertama pada korban yang mengalami tersedak adalah adanya batuk dan gerakan memegang leher secara tiba-tiba. Lantas, apa yang harus Bubu dan Pak Suami lakukan jika si Kecil tiba-tiba tersedak?

Hal pertama yang perlu diketahui adalah:

Tersedak Pada Bayi

Jika sang bayi batuk, segera observasi lingkungan sekitar dan lakukan tindakan jika ia mengalami kesusahan bernafas. Jika Bubu atau Pak Suami melihat bayi memasukkan benda asing ke mulutnya, dapat diindikasikan bayi tersebut tersedak oleh benda tersebut. Periksa mulut bayi, jika mainan atau sumbatan terlihat dapat diambil dengan jari. Namun harus barhati – hati. Segera letakan sang bayi di paha, dan lakukan hal berikut:

  1. Letakan jari telunjuk dan tengah di samping kanan kiri mulut bayi dan dengan posisi kepala bayi condong ke bawah.

 

 

Photo via hipstermomblog.com

Contoh tindakan back blow

 

  1. Periksa mulut bayi. Jika sumbatan terlihat, lakukan finger swab (hati-hati jika memiliki kuku yang tajam karena bisa melukai dinding rongga mulut bayi).
  2. Jika sumbatan belum juga bebas, posisikan bayi menghadap ke atas (ke arah penolong) dan  lakukan Posisikan 2 jari anda di tulang sternum bayi (tulang tengah dada) dan tekan terus menerus sampai sumbatan tersebut keluar dan bayi menangis (jika berhasil menangis, tandanya rongga sudah terbuka kembali).
Photo via mottchildren.org

 Contoh tindakan chest trust

Jika sudah keluar dan sekiranya diperlukan observasi, segera bawa bayi ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tersedak Pada Anak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gejala tersedak diawali dengan batuk. Jika si Kecil batuk tidak berhenti pada saat makan dan memegang lehernya, maka dapat dipastikan si Kecil mengalami kesulitan bernafas karena adanya sumbatan di jalur pernafasan. Ingat, jangan diberi minum ya Bubu!

Photo via drugs.com

Contoh tindakan Heimlich Maneuver

Stay safe and healthy Bubu & keluarga!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY