me

Banyak Manfaat! Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil Saat Puasa 

Apr 12, 2022.By Ruth
Bagikan

image source: medicaldialogues.in

Vitamin untuk Ibu Hamil Saat Puasa  – Bukan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat Muslim. Pada bulan ini, kaum muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala dengan melaksanakan ibadah wajib dan sunah. Salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan pada bulan Ramadhan tentu adalah berpuasa sejak fajar hingga memasuki waktu Magrib.

Meskipun sedang hamil, biasanya Muslimah tetap berusaha untuk berpuasa agar mendapat keberkahan dari bulan Ramadhan. Namun, saat hamil tentu daya tahan tubuh nggak sekuat biasanya. Oleh karenanya, disarankan untuk mengonsumsi vitamin untuk ibu hamil saat puasa biar tubuh tetap vit dan bisa beraktivitas seperti biasa meskipun harus berpuasa seharian.

BACA JUGA : Vitamin C untuk Puasa, Ini Dia Deretan Terbaiknya!

————————————————————————————————————————————————-

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil Saat Puasa

Mendapatkan vitamin untuk ibu hamil sebenarnya bukanlah hal yang susah. Kamu bisa mendapatkannya di minimarket, swalayan, toko obat, apotek, atau bahkan di toko online. Sayangnya, nggak semua vitamin yang ada di pasaran itu halal dan berkualitas. Untuk itu kamu perlu tahu beberapa  terbaik vitamin untuk ibu hamil saat puasa berikut ini:

  1. Blackmores i-Folic Vitamin Ibu Hamil – 150 Tablet

Blackmores i-Folic Vitamin Ibu Hamil ( 150 tablet )

Rekomendasi Vitamin untuk  ibu hamil yang pertama adalah Blackmores i-Folic yang bisa kamu beli di pasaran dengan harga sekitar Rp170.000-an per 150 tablet. Suplemen kesehatan ini diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan Yodium dan Asam Folat bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan hingga selama masa kehamilan.

Suplemen ini baik untuk dikonsumsi 3 bulan awal saat merencanakan kehamilan atau pada saat trimester awal kehamilan. Keunggulan dari suplemen ini adalah memiliki dosis yang aman tanpa penambahan ragi, garam, gluten, susu, gandum, pengawet, pewarna, ataupun pemanis buatan.

Blackmores i-Folic bermanfaat untuk mengurangi risiko spina bifida (cacat tabung syaraf atau sumsum tulang belakang/ apabila dikonsumsi selama 5 bulan berturut-turut. Selain itu, mengonsumsi vitamin ini juga membantu perkembangan otak, pendengaran, dan penglihatan bayi yang dikandung.

Suplemen ini bisa dikonsumsi 1-2 kali sehari sesuai dengan kebutuhan. Saat berpuasa, suplemen ini bisa diminum pada saat sahur atau saat berbuka. Karena isinya cukup banyak, pastikan kalau masa kadaluarsa Blackmores i-Folic yang kamu beli masih cukup lama.

  1. Comvita Manuka Honey UMF 10+ 250 g

Comvita Manuka Honey UMF 10+ 250 g

Comvita Manuka Honey UMF 10+ merupakan madu hutan murni yang didapatkan dari nektar bunga Manuka liar asli dari New Zealand. Dalam proses pengolahannya, madu hutan ini nggak melewati proses pasteurisasi namun tetap aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan yang aman dan berkualitas.

Madu hutan ini juga sudah tersertifikasi halal dan bebas gluten sehingga bisa dikonsumsi oleh umat Islam. Selain itu, Comvita Manuka Honey juga telah diuji dan disertifikasi oleh badan UMF Honey Association yang merupakan badan sertifikasi Manuka tertinggi dengan kandungan MGO sebesar 263 mg/kg.

Madu ini mengandung segala kebaikan alam seperti asam amino, polifenol, dan lain sebagainya. Madu Manuka bisa dijadikan tambahan nutrisi bagi ibu hamil yang nggak bisa mengonsumsi pil atau kapsul. Cara konsumsinya bisa diminum secara langsung atau dicampur pada makanan dan minuman favorit bumil.

Disarankan untuk mengonsumsi madu ini di bulan puasa pada saat sahur dan malam hari agar keperluan nutrisi tetap terjaga. Madu ini tersedia dalam kemasan 250 gram dengan harga sekitar Rp400 ribuan.

  1. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold – 60 Kapsul

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold – 60 Kapsul

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold merupakan suplemen kesehatan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui. Kapsul ini penting bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi sejak kehamilan hingga bayi berusia dua tahun atau 1000 pertama kehidupan. Kapsul ini juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu dan bayi.

Pasalnya, 1000 hari pertama yang dimulai sejak terbentuknya janin merupakan periode percepatan tumbuh kembang bayi. Sehingga di usia ini, ibu dan bayi dianjurkan untuk hanya mengonsumsi makanan dan minuman dengan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan.

Dosis dalam kapsul ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil dan menyusui di Indonesia. Terdapat pula kandungan zat besi yang berasal dari besi fumarat yang terbukti nggak menyebabkan konstipasi pada ibu maupun bayi. Kandungan kalsium dan DHA di dalamnya juga sangat tinggi. Harga per botol isi 60 kapsulnya adalah sekitar Rp190 ribuan.

  1. Comvita Manuka Honey UMF 15+ 250 g

Comvita Manuka Honey UMF 15+ 250 g

Comvita dihasilkan dari peternakan lebah di New Zealand yang sudah beroperasi sejak 1974. Madu Manuka dari Comvita ini dipasarkan secara mentah dan nggak melalui proses pasteurisasi sehingga lebih alami. Madu Manuka yang satu ini sudah tersertifikasi UMF 15+ yang berarti menggantung minimal 514 mg/kg Methylglyoxal atau senyawa anti-bakteri.

Madu murni super premium ini dihasilkan dari nektar bunga Manuka liar asli yang tumbuh di New Zealand. Madu Manuka memiliki tekstur yang creamy sehingga lezat dikonsumsi secara langsung. Selain itu kamu juga bisa mencampurkannya dengan teh, susu, oatmeal, kue, atau smoothies kesukaanmu.

Untuk konsumsi sehari-hari, madu ini baik dikonsumsi pada pagi hari saat bangun tidur atau sebelum berolahraga. Kalau dikonsumsi di saat puasa, kamu bisa meminumnya sewaktu sahur dan berbuka puasa. Ukuran penyajian untuk satu kali konsumsi adalah sekitar 10 gram.

Madu ini aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui tapi nggak disarankan untuk anak berusia di bawah satu tahun. Untuk mendapatkan produk Comvita Manuka Honey UMF 15+ ini, kamu perlu membelinya seharga kurang lebih Rp800 ribuan.

  1. Comvita Manuka Honey UMF 20+ 250 g

Comvita Manuka Honey UMF 20+ 250 g

Sama seperti rekomendasi sebelumnya, Comvita Manuka Honey UMF 20+ juga merupakan produk madu alami yang diambil dari bunga Manuka. Bedanya, produk yang satu ini telah tersertifikasi UMF 20+. Itu artinya, madu ini terbukti memiliki kandungan MGO (Methylglyoxal) sebanyak minimal 829 mg/kg.

UMF Honey Association merupakan badan sertifikasi Manuka tertinggi yang menguji 3 senyawa signature, yaitu Leptosperin, DHA, dan MGO. Madu Manuka dari Comvita ini mengandung oligosakarida dan prebiotik, polifenol, asam amino, dan senyawa turunan tanaman lainnya.

Rasanya yang enak dan nggak bikin eneg membuatnya cocok dikonsumsi kapan saja, baik secara langsung atau dicampur dengan aneka camilan. Manfaat dari madu ini adalah untuk membuat badan tetap  saat berpuasa dan menjaga kesehatan kulit.

Adanya madu ini memungkinkan ibu-ibu yang nggak suka pil pahit untuk bisa tetap menjaga kesehatan bayi di kandungan dengan mengonsumsi madu. Comvita Manuka Honey UMF 20+ tersedia dalam kemasan botol 250 gram dibanderol dengan harga sekitar Rp1.5 jutaan saja.

——————————————————————————————————————————————–

BACA JUGA : Obat Kumur Saat Puasa, Biar Mulut Fresh!

Itu dia beberapa rekomendasi vitamin untuk ibu hamil saat puasa yang mampu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama seharian. Kamu bisa pilih salah satu produk vitamin sesuai dengan kebutuhanmu dan bayi yang sedang dalam kandungan. Biar nggak salah pilih, kamu bisa mengonsultasikannya kepada dokter, bidan, atau apoteker terlebih dahulu.

Nah, untuk mendapatkan salah satu atau semua produk yang sudah dijelaskan di atas, kamu kunjungi lama belanja Blibli. Produk yang tertera di atas tersedia lengkap di toko online terpercaya di Indonesia ini. Menariknya lagi, kamu bisa dapat diskon atau potongan harga setiap kali pembelian produk-produk tertentu. Buruan checkout sekarang juga mumpung stoknya masih melimpah!

 

Tag: