Daftar Vitamin Kucing untuk Anabul Kesayanganmu

vitamin kucing

Memelihara seekor kucing nggak cuma sekedar menyediakan makan sama tempat tinggal aja, lho, Blibli Friends! Melainkan juga harus memperhatikan nutrisi yang diperlukan si anak bulu. Salah satunya dengan cara memberi vitamin kucing. Dengan pemberian nutrisi yang cukup untuk si kucing maka bisa membuat daya tahan tubuhnya kuat dan nggak akan mudah terkena penyakit. 

Untuk jenis vitaminnya sendiri udah banyak banget dijual di pasaran, jadi kamu bisa membelinya sesuai kebutuhan si anak bulu kesayangan di rumah. Selain pemberian vitamin yang cukup, kamu juga perlu membawanya ke dokter hewan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah tumbuh kembang anak bulu berjalan dengan baik.


Baca juga: Wajib Tahu, Ini Ciri-Ciri Kucing Hamil

Manfaat Memberikan Vitamin pada Kucingmu

Vitamin kucing tersedia dalam beragam jenis yang mana dapat dikonsumsi secara aman asalkan sesuai dosis dan juga takaran sesuai rekomendasi dokter hewan. Beberapa jenis vitaminnya antara lain ada vitamin A, B kompleks, D, E, serta vitamin K. Nah, dari beberapa jenis vitamin itu pastinya, nih, akan memberikan manfaat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berikut ini beberapa manfaat pemberian vitamin pada kucing

Vitamin A

Manfaat vitamin A bagi kucing apabila diberikan sesuai dosis dan takaran yang pas maka dapat menjaga kemampuan serta kesehatan mata. Manfaat lainnya yaitu bisa mempercepat proses kesembuhan penglihatan kucing apabila mengalami permasalahan. Penyakit akibat kekurangan vitamin A yakni gangguan penglihatan Ketika malam hari, mudah terinfeksi, tubuh kurus serta penurunan terhadap reproduksi.

Vitamin B

Selanjutnya adalah vitamin B yang pastinya lebih banyak terkandung pada jenis kacang-kacangan, ikan, daging dan sayuran hijau. Vitamin B dapat bermanfaat diantaranya untuk menambah selera makan sehingga lebih mudah gemuk. Dapat memberikan sistem pertahanan tubuh melalui imun sehingga dapat mencegah segala jenis penyakit. 

Selain itu, nih, vitamin B juga dapat menyediakan kebutuhan energi dan kalori lebih cepat sepanjang gizi terpenuhi.  Nah, yang nggak kalah penting, vitamin B ini dapat mempercantik bulu anabul sehingga nggak mudah rontok. Kamu jadi bisa elus-elus si anak bulu dengan leluasa tanpa khawatir bulu beterbangan lagi, deh. 

Untuk anabul yang kekurangan vitamin B maka akan mudah terkena diare, kejang, pup yang dikeluarkan berlebihan sampai kemungkinan juga bisa mengalami kerusakan jaringan pada otak, serem banget, ya! Kucing yang dapat asupan vitamin B sesuai dosis yang cukup maka umumnya kondisi kesehatan akan terlihat bugar, aktif serta kulit dan juga mantel bulunya akan berkilau.

Vitamin D

Selain manusia, hewan peliharaan seperti kucing juga memerlukan vitamin D. Kucing yang mendapatkan vitamin D sesuai dengan kebutuhan setiap harinya maka dapat mempunyai kemampuan dalam menjaga diri dari radiasi bebas seperti sinar UV matahari. Selain itu, vitamin D yang cukup dapat menjaga kesehatan tulang, karena bisa memperlancar suplai kalsium serta fosfor untuk usus pencernaan. 

Vitamin E

Vitamin E pada kucing dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan reproduksinya. Biasanya, nih, jadwal pemberian vitamin E ini sering dilakukan buat kamu yang ingin si anak bulu segera punya keturunan. Sementara kucing yang kekurangan vitamin E mempunyai resiko gangguan kesehatan pada dinding sel membrane.

Vitamin K

Vitamin K dapat bermanfaat untuk kucing yaitu dalam membantu proses pembekuan darah waktu anak bulu terluka dan berdarah. Jika kucing kamu kekurangan vitamin K maka akan mengalami kendala dalam hal pembekuan darah yang sangat lama sehingga akan mudah terinfeksi akibat luka yang terbuka. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya kamu konsultasi terlebih dulu. Hal ini tentu aja untuk mengetahui etika pemberian vitamin supaya nggak menimbulkan efek samping yang dapat mengganggu kesehatan kucing.

Cara Memilih Vitamin yang Tepat untuk Kucing

vitamin kucing
Image Source: ceklist.id

Sekarang, banyak banget produk vitamin kucing yang dijual di pasaran, tentu aja semuanya digolong-golongkan sesuai dengan usia dan kondisi tubuh. Jadi, sebelum membeli ada baiknya, nih, kamu perlu memastikan lebih dulu apakah produk pilihan cocok dengan hewan peliharaan. Nah, biar nggak asal pilih, berikut tips yang perlu kamu ketahui. 

Periksalah Komposisi yang Terkandung

Vitamin bagi hewan peliharaan seperti kucing yang diproduksi sampai saat ini, mempunyai banyak jenis berdasarkan komposisi yang terkandung di dalamnya. Kandungannya dalam setiap produk pastilah berbeda-beda, baik dari target usia maupun segi tujuannya. Nah, oleh sebab itu kamu wajib untuk memilih vitamin yang komposisinya tepat dan cocok buat kebutuhan tubuh kucing kamu. 

Pilihlah Vitamin Sesuai Usia dan Kondisi Kucing Kamu

Selain komposisinya, kamu juga perlu memilih vitamin untuk kucing sesuai dengan usia serta kondisi tubuhnya. Sebagai contoh, jangan pernah kamu memberikan vitamin kucing dewasa untuk anak kucing yang kesehatannya rentan. Apabila si kitten dipaksa mengkonsumsinya bisa aja akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Untuk menggemukkan kucing pilihlah vitamin A, B, C, E dengan kombinasi minyak ikan. Jika kucing kamu hamil berilah vitamin A, D, dan E.  

Pastikan Bentuk dan Tekstur Cocok dengan Kucing

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan yaitu bentuk serta tekstur vitamin untuk kucing. Pertama yaitu vitamin jenis cair yang mudah untuk dikonsumsi oleh kucing. Kamu cuma perlu meneteskan langsung ke mulut kucing. Ada juga yang memiliki tekstur gel, jenis ini ada juga yang hadir dalam bentuk snack yang besar kemungkinannya akan disukai oleh si kucing. 

Ada juga vitamin yang berupa bubuk yang bisa kamu campur dengan air ketika akan memberikannya. Terakhir ada jenis tablet yang mungkin aja akan membutuhkan waktu yang lama ketika memberikannya sebab perlu di tumbuk dulu biar si kucing lebih gampang mencernannya.

Daftar Merek Vitamin yang Baik untuk Kucingmu

Itulah jenis vitamin yang bagus untuk kesehatan kucing beserta tips memilih yang baik. Sekarang saatnya kamu menyimak rekomendasi vitamin untuk kucing berikut ini. Jangan lupa membeli produk dengan menerapkan tips di atas ya supaya tidak terjadi kesalahan yang fatal, Blibli Friends!

Virbac, Nutri-Plus Gel

Nutri Plus Nutri Plus Gel Virbac 120gr Supplemen Vitamin Kucing Anjing 120gram
Nutri Plus Nutri Plus Gel Virbac 120gr Supplemen Vitamin Kucing Anjing 120gram

Nutri Plus Gel dari Virbac adalah salah satu suplemen energi untuk kucing yang mudah dijumpai di petshop. Dilihat dari namanya, nih, bentuk atau tekstur dari Nutri-Plus adalah berupa gel. Vitamin ini dapat mengonversi secara cepat nutrisi menjadi energi yang dibutuhkan oleh kucing. Selain itu, juga bisa membantu dalam proses penggemukan tubuh kucing. Harga dari Nutri Plus Gel berkisar antara Rp 110 ribu. Jangan khawatir, kandungan di dalamnya pastinya aman dan penuh akan vitamin seperti vitamin A, D serta E. Produk ini berisi sebanyak 120,5 gram di setiap kemasannya.

Dermatrix

Dermatrix Essentials for Dogs and Cats 30 tablet
Dermatrix Essentials for Dogs and Cats 30 tablet

Kamu Lelah dengan vitamin tablet yang harus dihancurkan dulu waktu akan memberikannya kepada si kucing? Tenang aja, karena sekarang hadir Dermatrix yang all in one berbentuk tablet dengan keunggulan dapat dikunyah. Jadi dengan begitu kamu nggak perlu lagi, deh, repot-repot menumbuk vitaminnya. Dermatrix dibanderol mulai dari 500 ribu rupiah dan memiliki manfaat untuk memperindah bulu serta merawat kulit kucing. Isinya yaitu 45 tablet dan mengandung vitamin A, B, E, omega 3 dan 6.

Fish O Plus

Fish O Plus vitamin kucing anjing
Fish O Plus vitamin kucing anjing

Produk ini dapat bermanfaat untuk memperindah bulu kucing kamu. Selain itu, juga bisa berguna untuk mencegah penyakit sendi dan juga jantung. Jika terbebas dari penyakit tersebut tentu si kucing peliharaan kamu akan lebih lincah dan aktif. Produk ini sangat disarankan buat dicoba, soalnya, nih, selain harganya yang murah yaitu sekitar Rp 20 ribu. Fish O Plus mengandung komposisi yang baik seperti vitamin A, D, omega 3 serta 6. Sedangkan untuk isinya juga banyak banget yaitu 50 kapsul di setiap kemasannya.

Vitagel

Vita Gel Suplemen Vitamin Mineral Dan Energi Untuk Kucing 50Gram CB001001
Vita Gel Suplemen Vitamin Mineral Dan Energi Untuk Kucing 50Gram CB001001

Vitagel mempunyai banyak sekali manfaat mulai dari menambah nafsu makan sampai mencegah penyakit kucing. Vitagel juga bisa menjaga pertumbuhan anak kucing dengan optimal. Dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp 30 ribuan, vitamin ini juga bisa digunakan untuk hewan lain seperti hamster, burung, iguana. yang lebih menarik, produk ini mengandung vitamin A, B, D, E, K dengan teksturnya berupa gel. Produk ini berisi 50 gram dan dapat digunakan untuk kucing dewasa maupun kitten

Ketwol Drops

Eka Farma Ketwol Drops Vitamin Kucing Bulu Rontok Penumbuh Bulu Anak Kucing Kecil 15 mL
Eka Farma Ketwol Drops Vitamin Kucing Bulu Rontok Penumbuh Bulu Anak Kucing Kecil 15 mL

Kamu lagi cari vitamin buat kucing yang berbentuk cair dan dapat berguna memperindah bulu dan pastinya ramah di kantong? Ketwol dari Eka Farma adalah jawabannya. Harga dari produk satu ini terbilang cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 16.000. Manfaatnya pun banyak banget, selain dapat memperindah bulu kucing juga dapat mencegah adanya kerontokan. Produk ini juga dapat mempercepat tumbuhnya bulu dan membuat lebih lembut serta mengkilap.  Produk ini dijamin aman karena di dalamnya mengandung komposisi vitamin B1, B2, E, pantothenate dan juga nicotinamide.  

Golden Hill – Neovitamax

Neovitamax Cat Dog 125ml Vitamin B1 B12 Protein Asam Amino Kucing Anjing
Neovitamax Cat Dog 125ml Vitamin B1 B12 Protein Asam Amino Kucing Anjing

Vitamin kucing selanjutnya yang disarankan untuk kamu coba yaitu Neovitamax. Produk yang dibanderol dengan harga terjangkau yaitu cuma Rp 15 ribu ini, memiliki banyak sekali khasiat yang baik untuk kesehatan kucingmu. Produk ini bisa diberikan pada saat tubuh si kucing kurus serta kehilangan nafsu makan. 

Di dalamnya terkandung mineral yang mampu menjaga daya tahan tubuh si kucing kesayangan. Tidak kalah dengan produk sebelumnya, Golden Hill ini mengandung banyak banget vitamin seperti A, B, C, D, E, K serta juga mineral. Produk ini berbentuk cair dengan isi sebanyak 125 ml dan bisa diberikan ke semua usia.

KiS-KiS – Cat Pastilles Green Seaweed

Kis Kis Anti Parasites Obat Kucing Anti Kutu Pinjal Caplak Cacing 1 Tablet
Kis Kis Anti Parasites Obat Kucing Anti Kutu Pinjal Caplak Cacing 1 Tablet

Cat Pastilles Green Seaweed merupakan vitamin kucing yang mengandung seratus persen bahan alami dan relatif aman untuk semua jenis kucing. Vitamin ini dapat meningkatkan metabolisme kucing sehingga membuat bulunya bagus dan nggak mudah rontok. Produk vitamin yang bisa dikatakan cukup terkenal ini mengandung vitamin A, B serta protein. Untuk harga KiS-KiS di pasaran sekarang ini yaitu sekitar Rp 90 ribuan saja.

Virbac – Megaderm

Virbac Megaderm Vitamin Bulu Anjing Kucing 250 mL
Virbac Megaderm Vitamin Bulu Anjing Kucing 250 mL

Megaderm direkomendasikan bagi kamu yang ingin bulu kucing kesayangan di rumah lebih kuat. Produk ini bisa mengobati kondisi gatal kronis, kemerahan serta alergi pada tubuh kucing. Beberapa vitamin yang terkandung di dalam produk ini seperti vitamin A, B, E, omega 3 dan 6 yang mana bermanfaat untuk menjaga metabolisme kucing. Harganya Rp 565 ribu yang berbentuk cair dengan ukuran sebesar 250 ml.

Body Fat

Body Fat Cat Fattener 50gr Penggemuk Kucing
Body Fat Cat Fattener 50gr Penggemuk Kucing

Jika kamu mencari vitamin untuk kucing yang susah makan dan kurus, produk Body Fat wajib untuk kamu coba. Produk ini dilengkapi vitamin A, B, D, K serta protein yang bisa menambah nafsu makan si kucing. Teksturnya berbentuk bubuk dengan isi 50 gram. Harganya juga sangat terjangkau yaitu hanya Rp 15 ribu rupiah saja.

Conditioning Tablets

Raid All Conditioning Tablet Suplemen Vitamin Anjing Kucing
Raid All Conditioning Tablet Suplemen Vitamin Anjing Kucing

Terakhir yaitu Conditioning Tablets yang mengandung vitamin B kompleks bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit serta bulu kucing. Selain itu, produk ini juga dapat menjaga kebugaran tubuh kucing kesayangan kamu. Untuk harganya memang sedikit lebih mahal dari jenis vitamin kucing yang sudah disebutkan di atas yaitu Rp 120 ribuan.  Produk ini ditujukan untuk anak kucing, kucing dewasa serta kucing yang sedang dalam kondisi hamil.


Baca juga: Ampuh! Ini Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Setelah membaca ulasan di atas, sekarang saatnya kamu memilah-milah, nih, vitamin mana aja yang cocok untuk si anak bulu. Jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewanmu, ya.

Kamu juga sekarang bisa berbelanja dengan mudah secara online di Blibli. Di sini kamu akan leluasa menemukan berbagai macam produk vitamin kucing yang udah disebutkan di atas. Belanja secara online di Blibli akan memberikan kamu banyak keuntungan seperti diskon, promo-promo menarik, cashback hingga free ongkir, lho. Penasaran berapa diskon yang ditawarkan? Langsung aja, yuk, buka aplikasinya dan langsung checkout! Selamat belanja ya, Blibli Friends. 

Temukan Berbagai Vitamin Kucing Berkualitas Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY