me

Daftar Vaksin Kucing, Jadwal, dan Harga yang Cat Owner Harus Tahu

Nov 24, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Via : unsplash.com

Vaksin Kucing –  Tidak bisa dipungkiri bahwa memelihara kucing lebih dari sekedar memberikan kasih sayang berupa belaian atau gendongan, sebab ada tanggung jawab yang harus kamu penuhi juga misalnya memberikan vaksin sesuai jadwal. Ah, masa kucing perlu diberi vaksin seperti halnya manusia? Iya, binatang peliharaan perlu diberi vaksin sedini mungkin supaya terlindungi dari serangan berbagai virus berbahaya.

Salah satu virus tersebut yaitu calcivirus. Virus ini akan menyebabkan radang gusi, sariawan dan hidung berair pada kucing. Virus lainnya yaitu panleukopenia, yang menyerang sistem kekebalan tubuh kucing secara umum dan berakibat rusaknya saluran pencernaan serta kelenjar pertahanan tubuh. Serangan agresif dari virus-virus tersebut pasti membuat kamu miris. Sebagai pet owner yang bertanggung jawab, kamu tidak akan membiarkan kucing kesayanganmu mengalaminya, kan?

Oleh sebab itu, berikan tiga vaksin penting berikut pada kucing kamu sesuai dengan urutannya.

BACA JUGA: Kucing Suka Stres? Lakukan 5 Hal Berikut Supaya Kucingmu Bahagia


Mengapa Kucing Harus Vaksin?

Via : thewildest.com

Imun kucing dan manusia tentu saja berbeda. Penyakit-penyakit yang dapat menyerang kucing pun berbeda dengan manusia. Untuk mencegah berbagai penyakit yang tidak ketahui itu, penting untuk memberikan vaksin pada anabul kesayanganmu loh. Nah, vaksin ini sendiri berguna untuk menghindari penyakit-penyakit berikut.

  • Rabies
  • Chlamydophila felis
  • Bordetella bronchiseptica
  • Feline herpesvirus  (FHV-1, flu kucing)
  • Virus leukemia (FeLV)
  • Virus panleukopenia (FPV, feline infectious enteritis; feline parvovirus)
  • dsb

Harga dan Jadwal Rutin Vaksin Kucing

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari lifepal untuk harga vaksin kucing.

Umur KucingJenis VaksinPenyakitHarga Vaksin Kucing
8-10 mingguTricatFeline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirusRp80.000 – Rp250.000
 TetracatFeline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, ChlamydiaRp180.000 – Rp210.000
12-14 mingguTricatFeline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, ChlamydiaRp170.000 – Rp250.000
 TetracatFeline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirusRp180.000 – Rp210.000
6 bulanTricatFeline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirusRp100.000 – Rp250.000
(yang belum pernah diberi vaksin)TetracatFeline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, ChlamydiaRp180.000 – Rp210.000

Jenis-jenis Vaksin Kucing

Via : cats.lovetoknow.com

1. Vaksin Felocell 3 (F3)

Vaksin Felocell 3 atau yang biasa disebut F3 merupakan vaksin inti yang wajib diberikan pada anak kucing ketika berusia 2 sampai 4 bulan. Vaksin ini berfungsi untuk melindungi sistem metabolisme kucing dari serangan virus berbahaya yang mengganggu kesehatannya, baik secara parsial maupun keseluruhan. Vaksin yang pertama ini memberikan proteksi utama dari virus calcivirus penyebab radang gusi dan hidung berair, rhinotracheitis alias flu kucing yang bisa menyebabkan kematian karena menyerang saluran pernapasan serta panleukopenia yang merusak sistem imun kucing secara keseluruhan. Setelah memberikan vaksin F3, bukan berarti tugas kamu selesai karena jeda 4 minggu setelah pemberian vaksin pertama kamu perlu memberikan vaksin lanjutan.

2. Vaksin Felocell 4 (F4)

Vaksin Felocell 4 merupakan vaksin lanjutan yang diberikan satu bulan setelah pemberian vaksin F3. Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan pada kesehatan kucing dari ancaman penyakit chlamidiosis yang disebabkan oleh bakteri Chlamidia psittaci. Chlamidiosis merupakan bakteri yang sangat mudah menular dan menyerang saluran pernapasan atas pada kucing sehingga peliharaan kamu ini akan mengalami flu yang akut.

Walaupun kedengaran sepele karena flu merupakan penyakit yang umum, tetapi jangan pernah menyepelekan kondisi ini karena ketika kucing sakit, kekebalan tubuhnya akan menurun sehingga rentan terhadap penyakit lainnya.

3. Vaksin Rabies (VAR)

Vaksin Rabisin utk Kucing dan Anjing - Vaksin Rabies Kucing dan Anjing

Ketakutan terbesar para pemilik kucing adalah jika peliharaannya terkena virus rabies yang ditandai dengan perubahan perilaku yang menjadi lebih agresif, dehidrasi akut tetapi takut dengan air, hilangnya nafsu makan, lesu, dan gelisah. Berbagai gejala itu terjadi karena virus menyerang sistem saraf pusat. Dan bukan tidak mungkin virus tersebut berpindah ke manusia lho, Blibli Friends.

Itulah alasan mengapa kamu wajib memberikan vaksin ini 4 minggu setelah pemberian vaksin F4, baik sebelum atau sesudah terinfeksi rabies. Mencegah sedini mungkin merupakan proteksi terbaik yang bisa kamu berikan pada kucing peliharaanmu.


BACA JUGA: Makanan yang Baik untuk Kucing Mencret, Apa Aja Sih? Simak Yuk!

Namun demikian, ada hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memberikan ketiga vaksin ini yaitu kondisi kesehatan kucing itu sendiri. Hanya kucing sehatlah yang boleh diberi vaksin sehingga wajib bagi kamu untuk memberikan nutrisi lengkap. Nutrisi lengkap bisa kamu dapatkan dari makanan berkualitas yang bisa kamu dapatkan di Blibli. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar kucingmu tidak terinfeksi parasit atau penyakit lain sebelum divaksin.

Satu lagi, pastikan peliharaanmu ini tidak dalam kondisi hamil, ya. Jika sudah memenuhi persyaratan kesehatan tersebut, jangan tunda lagi untuk datang ke dokter hewan terpercaya agar si kucing bisa terus sehat dan gembira.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya