Urutan Pemakaian Skincare Agar Wajah Glowing

urutan pemakaian skincare

Urutan Pemakaian Skincare — Nggak harus glowing, punya kulit yang sehat saja sudah cukup buat kamu. Buat mencapai kulit yang sehat, tentunya nggak bisa dicapai hanya dengan tiduran setiap hari. Ada rutinitas perawatan wajah yang harus kamu lakukan secara rutin. Buat memperoleh hasil yang maksimal, memang nggak cukup hanya dengan mencuci wajah dengan sabun muka atau membersihkan muka dengan toner saja. Selain itu, pemakaian skincare di pagi dan malam hari ternyata beda, lho.

Nah, sudah tahu belum urutan pemakaian skincare yang benar berikut ini? Cek informasi di bawah ini.

BACA JUGA: KANDUNGAN SKINCARE YANG BAGUS JIKA DICAMPUR

______________

Pemakaian Skincare di Pagi Hari

Rutinitas pemakaian skincare sudah dimulai sejak pagi hari, lho. Menggunakan skincare di pagi hari bisa menjamin wajahmu terlihat berseri-seri selama seharian penuh. Nah, Blibli Friends wajib tahu urutan pemakaian skincare di pagi hari berikut ini:

  1. Membersihkan Wajah

Setelah kamu bangun pagi, jangan lupa basuh wajahmu. Mencuci wajah nggak hanya bikin kamu jadi melek. Mencuci wajah juga jadi urutan pemakaian skincare yang pertama. Dengan membersihkan wajah, paling nggak bisa menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada wajahmu. Jangan lupa gunakan sabun khusus wajah, seperti facial foam atau facial wash, ya.

  1. Toner

Setelah kamu selesai membasuh wajah, saatnya mengaplikasikan toner. Toner memiliki fungsi untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak berlebih yang nggak hilang saat kamu mencuci wajah. Selain berfungsi sebagai pembersih, toner juga berperan penting dalam mengembalikan keseimbangan pH kulit. Buat kamu yang punya kulit berjerawat, toner juga berguna buat meredakan peradangan dan mengempeskan jerawat.

  1. Essence

Urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah essence. Essence merupakan cairan yang mengandung bahan aktif berkadar tinggi. Fungsi essence antara lain adalah untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Mengaplikasikan essence juga bisa bikin wajahmu terhindar dari penuaan dini lho. Itu semua berkat kandungan antioksidan seperti vitamin C kadar tinggi, asam hialuronat, dan gliserin. Teteskan essence ke telapak tangan dan tepuk-tepukkan tanganmu secara perlahan, ya.

  1. Serum Wajah

Setelah selesai mengaplikasikan essence, saatnya kamu memakai serum. Serum wajah berguna banget buat memberi nutrisi tambahan buat wajahmu. Tapi, jangan terlalu banyak mengaplikasikan serum, ya. Kamu cuma butuh meneteskan cairan serum sebesar kacang polong pada tanganmu. Setelah itu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah secara merata. Jangan lupa, bagian leher juga harus kena, ya. Untuk mempercepat serum terserap ke dalam kulit, kamu bisa tepuk-tepukkan tanganmu pada wajah secara perlahan.

  1. Pelembab

Setelah memakai serum, biasanya kulitmu bakal terasa sedikit kering. Nah, itulah kenapa urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah pelembab. Pelembab bisa membantu menambahkan ekstra kelembaban pada wajah. Sehingga, wajahmu jadi terasa kenyal dan lembut. Tiap jenis kulit punya tipe pelembab yang cocok buat mereka. Misalnya, pelembab bentuk krim lebih cocok buat kamu yang memiliki tipe kulit kering. Sedangkan, Blibli Friends yang punya kulit berjerawat lebih cocok pakai pelembab jenis water-based, contohnya pelembab dalam bentuk gel.

Oh iya, langkah ini sebenarnya nggak wajib dilakukan. Apalagi, buat kamu yang sudah pakai toner dan serum yang cukup memberikan kelembaban. Buat kulit berminyak, sebaiknya juga memilih salah satu treatment. Soalnya, kalau kulit terlalu lembab, yang ada justru membuat wajahmu jadi makin berminyak. Kalau kamu ragu-ragu, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu ke dermalogis, ya.

  1. Tabir Surya

Kalau kamu berencana buat pergi ke luar rumah, jangan lupa pakai tabir surya, ya! Tabir surya dibutuhkan banget buat melindungi kulit dari terpaan sinar matahari. Seperti yang kamu tahu, radiasi ultraviolet jadi musuh bebuyutan buat kesehatan kulitmu. Radiasi sinar matahari itu bisa mengakibatkan penuaan dini, kulit kering, hingga kanker kulit. Serem, ya?

Oleh karena itu, kamu wajib melindungi kulitmu dengan menggunakan sunscreen. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 supaya perlindungan yang diberikan semakin maksimal. Aplikasikan sunscreen pada kulitmu paling nggak 15 atau 30 menit sebelum Blibli Friends berangkat ke luar rumah.

Pemakaian Skincare di Malam Hari

Setelah selesai beraktivitas seharian penuh, memang rasanya ingin langsung tidur. Eits, jangan ya! Soalnya, kamu harus membersihkan wajah terlebih dulu. Apalagi, buat kamu yang mengenakan make up. Supaya kulit kamu nggak berjerawat, simak urutan pemakaian skincare di malam hari berikut ini, yuk.

  1. Make up Remover

Step satu ini penting banget, terlepas dari setebal apa make up yang kamu kenakan di pagi hari. Make up remover adalah cairan pembersih khusus wajah yang ampuh banget buat mengangkat riasan yang menempel di wajah. Pastikan kamu membersihkan wajah dari make up secara menyeluruh, ya. Sisa-sisa make up yang menempel di wajah bisa bikin masalah kulit, seperti jerawat.

Buat kamu yang pakai make up sederhana, menggunakan water-based make up remover sudah cukup buat mengangkat riasan. Tapi, kalau kamu pakai waterproof make up, harus menggunakan pembersih make up dengan bahan minyak.

  1. Micellar Water

Setelah selesai menghapus make up, pastikan kamu mengaplikasikan micellar water juga. Micellar water berperan penting buat mengangkat sisa-sisa make up yang belum terangkat sempurna oleh make up remover. Micellar water juga memberikan kesegaran yang sekaligus menenangkan kulit.

  1. Eksfoliasi Wajah

Usai membersihkan wajah dengan micellar water, saatnya kamu bersihkan wajah dengan eksfoliasi. Eksfoliasi wajah bertujuan buat mengangkat sel-sel kulit mati yang berpotensi mengakibatkan tumbuhnya jerawat. Blibli Friends bisa melakukan eksfoliasi dengan menggunakan facial foam dengan butiran scrub. Tapi, jangan menggosok wajah terlalu keras ya! Soalnya, hal tersebut bisa bikin kulitmu terkena iritasi. Scrubbing juga hanya perlu dilakukan 1-2 kali saja seminggu. Kalau terlalu sering, kulitmu justru jadi kering dan gampang iritasi.

  1. Toner, Essence, dan Serum Wajah

Tiga tahapan ini juga perlu kamu lakukan di urutan pemakaian skincare malam hari. Toner bisa membantu mengembalikan pH dan melembabkan wajah. Sedangkan essence dan serum wajah sama-sama berperan penting dalam menutrisi kulit. Jadi, saat tidur pun, kulitmu terasa segar dan kenyal. Di pagi hari pun, kulitmu akan terasa lebih segar.

  1. Krim Mata

Buat kamu yang sering bekerja di depan komputer selama berjam-jam, atau sering begadang, eye cream termasuk ke dalam produk skincare yang harus dimiliki. Pengaplikasian eye cream secara rutin bisa bikin penampilan matamu jadi kelihatan segar. Produk ini juga bisa bantu mengembalikan kekenyalan kulit di bawah mata. Sehingga, resiko terbentuknya kerutan di bawah mata pun bisa kamu hindari.

  1. Krim Malam dan Sleeping Mask

Last but not least, pemakaian krim malam dan sleeping mask juga disarankan banget. Krim malam memiliki fungsi untuk melembabkan wajah. Walaupun nggak dilengkapi SPF seperti pelembab pagi, pelembab malam punya kandungan buat melembabkan kulit, memudarkan noda, sekaligus menyamarkan kerutan.

Sleeping mask juga memiliki peranan yang sama. Kalau kulit kamu tipe yang kering, sangatlah disarankan buat mengaplikasikan 2 tahap ini. Kalau kamu tipe kulit normal dan berminyak, cukup menggunakan 1 produk saja rasanya sudah cukup.

  1. Face Oil

Langkah ini khusus buat kamu yang punya kulit kering, ya. Mengaplikasikan face oil jadi rangkaian terakhir dari urutan pemakaian skincare. Face oil memiliki peranan penting untuk mencegah wajah jadi terasa berminyak dan lengket. Setelah mengaplikasikan produk ini, jangan lagi mengaplikasikan skincare lainnya, ya.

______________

BACA JUGA: MOISTURIZER UNTUK KULIT BERMINYAK

Nah, itulah urutan pemakaian skincare yang perlu kamu ketahui. Urutan yang benar tentu akan memengaruhi hasilnya jadi lebih maksimal.

Untuk penuhi kebutuhan perawatan wajahmu, ada Blibli yang siap dengan berbagai produk skincarenya. Mulai dari skincare ramah budget hingga berkelas premium semuanya ada di Blibli. Kamu bisa dapatkan diskon dengan belanja selama masa promo atau dengan memanfaatkan voucher. Yuk, buat rutinitas perawatan wajahmu makin sederhana dan mudah dengan Blibli.

CEK DAFTAR HARGA SKINCARE KAMU DI SINI

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY