me

Urutan Pemakaian Skincare Agar Wajah Glowing dan Rekomendasi Produk Skincare

Oct 13, 2020.By Nadine
Bagikan

Via : pexels.com

KKE

Urutan Pemakaian Skincare — Nggak harus glowing, punya kulit yang sehat saja sudah cukup buat kamu. Buat mencapai kulit yang sehat, ada urutan pemakaian skincare wajah yang benar loh. Pemakaian skincare itu harus kamu lakukan secara rutin. Buat memperoleh hasil yang maksimal, memang nggak cukup hanya dengan mencuci wajah dengan sabun muka atau membersihkan muka dengan toner saja. Selain itu, pemakaian skincare di pagi dan malam hari ternyata beda, lho. Nah, sudah tahu belum urutan pemakaian skincare yang benar berikut ini? Cek informasi di bawah ini.

BACA JUGA: KANDUNGAN SKINCARE YANG BAGUS JIKA DICAMPUR


Urutan Pemakaian Skincare di Pagi Hari

Via : pexels.com

Rutinitas pemakaian skincare sudah dimulai sejak pagi hari, lho. Menggunakan skincare di pagi hari bisa menjamin wajahmu terlihat berseri-seri selama seharian penuh. Nah, Blibli Friends wajib tahu urutan pemakaian skincare di pagi hari berikut ini:

  1. Membersihkan Wajah

Urutan pertama pemakaian skincare di pagi hari ada membersihkan wajah. Setelah kamu bangun pagi, jangan lupa basuh wajahmu. Mencuci wajah nggak hanya bikin kamu jadi melek. Mencuci wajah juga jadi urutan pemakaian skincare yang pertama. Dengan membersihkan wajah, paling nggak bisa menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada wajahmu. Jangan lupa gunakan sabun khusus wajah, seperti facial foam atau facial wash, ya.

  1. Toner

Setelah kamu selesai membasuh wajah, urutan skincare selanjutnya adalah mengaplikasikan toner. Toner memiliki fungsi untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak berlebih yang nggak hilang saat kamu mencuci wajah. Selain berfungsi sebagai pembersih, toner juga berperan penting dalam mengembalikan keseimbangan pH kulit. Buat kamu yang punya kulit berjerawat, toner juga berguna buat meredakan peradangan dan mengempeskan jerawat.

  1. Essence

Urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah essence. Essence merupakan cairan yang mengandung bahan aktif berkadar tinggi. Fungsi essence antara lain adalah untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Mengaplikasikan essence juga bisa bikin wajahmu terhindar dari penuaan dini lho. Itu semua berkat kandungan antioksidan seperti vitamin C kadar tinggi, asam hialuronat, dan gliserin. Teteskan essence ke telapak tangan dan tepuk-tepukkan tanganmu secara perlahan, ya.

  1. Serum Wajah

Setelah selesai mengaplikasikan essence, urutan skincare selanjutnya adalah memakai serum. Serum wajah berguna banget buat memberi nutrisi tambahan buat wajahmu. Tapi, jangan terlalu banyak mengaplikasikan serum, ya. Kamu cuma butuh meneteskan cairan serum sebesar kacang polong pada tanganmu. Setelah itu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah secara merata. Jangan lupa, bagian leher juga harus kena, ya. Untuk mempercepat serum terserap ke dalam kulit, kamu bisa tepuk-tepukkan tanganmu pada wajah secara perlahan.

  1. Pelembab

Setelah memakai serum, biasanya kulitmu bakal terasa sedikit kering. Nah, itulah kenapa urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah pelembab. Pelembab bisa membantu menambahkan ekstra kelembaban pada wajah. Sehingga, wajahmu jadi terasa kenyal dan lembut. Tiap jenis kulit punya tipe pelembab yang cocok buat mereka. Misalnya, pelembab bentuk krim lebih cocok buat kamu yang memiliki tipe kulit kering. Sedangkan, Blibli Friends yang punya kulit berjerawat lebih cocok pakai pelembab jenis water-based, contohnya pelembab dalam bentuk gel.

Oh iya, langkah ini sebenarnya nggak wajib dilakukan. Apalagi, buat kamu yang sudah pakai toner dan serum yang cukup memberikan kelembaban. Buat kulit berminyak, sebaiknya juga memilih salah satu treatment. Soalnya, kalau kulit terlalu lembab, yang ada justru membuat wajahmu jadi makin berminyak. Kalau kamu ragu-ragu, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu ke dermalogis, ya.

  1. Tabir Surya

Kalau kamu berencana buat pergi ke luar rumah, jangan lupa pakai tabir surya, ya! Tabir surya dibutuhkan banget buat melindungi kulit dari terpaan sinar matahari. Seperti yang kamu tahu, radiasi ultraviolet jadi musuh bebuyutan buat kesehatan kulitmu. Radiasi sinar matahari itu bisa mengakibatkan penuaan dini, kulit kering, hingga kanker kulit. Serem, ya?

Oleh karena itu, kamu wajib melindungi kulitmu dengan menggunakan sunscreen. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 supaya perlindungan yang diberikan semakin maksimal. Aplikasikan sunscreen pada kulitmu paling nggak 15 atau 30 menit sebelum Blibli Friends berangkat ke luar rumah.

Urutan Pemakaian Skincare di Malam Hari

Via : pexels.com

Setelah selesai beraktivitas seharian penuh, memang rasanya ingin langsung tidur. Eits, jangan ya! Soalnya, kamu harus membersihkan wajah terlebih dulu. Apalagi, buat kamu yang mengenakan make up. Supaya kulit kamu nggak berjerawat, simak urutan pemakaian skincare di malam hari berikut ini, yuk.

  1. Make up Remover

Urutan skincare pertama di malam hari ini penting banget, terlepas dari setebal apa make up yang kamu kenakan di pagi hari. Make up remover adalah cairan pembersih khusus wajah yang ampuh banget buat mengangkat riasan yang menempel di wajah. Pastikan kamu membersihkan wajah dari make up secara menyeluruh, ya. Sisa-sisa make up yang menempel di wajah bisa bikin masalah kulit, seperti jerawat.

Buat kamu yang pakai make up sederhana, menggunakan water-based make up remover sudah cukup buat mengangkat riasan. Tapi, kalau kamu pakai waterproof make up, harus menggunakan pembersih make up dengan bahan minyak.

  1. Micellar Water

Setelah selesai menghapus make up, pastikan urutan skincare selanjutnya adalah mengaplikasikan micellar water juga. Micellar water berperan penting buat mengangkat sisa-sisa make up yang belum terangkat sempurna oleh make up remover. Micellar water juga memberikan kesegaran yang sekaligus menenangkan kulit.

  1. Eksfoliasi Wajah

Usai membersihkan wajah dengan micellar water, saatnya kamu bersihkan wajah dengan eksfoliasi. Eksfoliasi wajah bertujuan buat mengangkat sel-sel kulit mati yang berpotensi mengakibatkan tumbuhnya jerawat. Blibli Friends bisa melakukan eksfoliasi dengan menggunakan facial foam dengan butiran scrub. Tapi, jangan menggosok wajah terlalu keras ya! Soalnya, hal tersebut bisa bikin kulitmu terkena iritasi. Scrubbing juga hanya perlu dilakukan 1-2 kali saja seminggu. Kalau terlalu sering, kulitmu justru jadi kering dan gampang iritasi.

  1. Toner, Essence, dan Serum Wajah

Tiga tahapan ini juga perlu kamu lakukan di urutan pemakaian skincare malam hari. Toner bisa membantu mengembalikan pH dan melembabkan wajah. Sedangkan essence dan serum wajah sama-sama berperan penting dalam menutrisi kulit. Jadi, saat tidur pun, kulitmu terasa segar dan kenyal. Di pagi hari pun, kulitmu akan terasa lebih segar.

  1. Krim Mata

Buat kamu yang sering bekerja di depan komputer selama berjam-jam, atau sering begadang, eye cream termasuk ke dalam produk skincare yang harus dimiliki. Pengaplikasian eye cream secara rutin bisa bikin penampilan matamu jadi kelihatan segar. Produk ini juga bisa bantu mengembalikan kekenyalan kulit di bawah mata. Sehingga, resiko terbentuknya kerutan di bawah mata pun bisa kamu hindari.

  1. Krim Malam dan Sleeping Mask

Last but not least, pemakaian krim malam dan sleeping mask juga disarankan banget. Krim malam memiliki fungsi untuk melembabkan wajah. Walaupun nggak dilengkapi SPF seperti pelembab pagi, pelembab malam punya kandungan buat melembabkan kulit, memudarkan noda, sekaligus menyamarkan kerutan.

Sleeping mask juga memiliki peranan yang sama. Kalau kulit kamu tipe yang kering, sangatlah disarankan buat mengaplikasikan 2 tahap ini. Kalau kamu tipe kulit normal dan berminyak, cukup menggunakan 1 produk saja rasanya sudah cukup.

  1. Face Oil

Langkah ini khusus buat kamu yang punya kulit kering, ya. Mengaplikasikan face oil jadi rangkaian terakhir dari urutan pemakaian skincare. Face oil memiliki peranan penting untuk mencegah wajah jadi terasa berminyak dan lengket. Setelah mengaplikasikan produk ini, jangan lagi mengaplikasikan skincare lainnya, ya.

Rekomendasi Produk Skincare Terbaik

Via : pexels.com
  1. Scarlett Whitening Facial Wash

Scarlett Whitening Brightening Facial Wash

Produk satu ini pasti sudah familiar banget dikalangan cewek-cewek. Yup, Scarlett memang udah terkenal dengan keunggulan produknya. Dengan mengandung Glutathione, Aloevera, Rose Petal dan Vitamin E, Scarlett Whitening Facial Wash mampu mengontrol kadar minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, serta mencerahkan kulit wajah. Cocok banget deh terutama buat kamu yang punya kulit berminyak.

  1. Ms Glow Face Toner

MS Glow Glowing Toner

Toner berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak berlebih yang nggak hilang saat kamu mencuci wajah. Nah, salah satu rekomendasi toner untuk kamu adalah Face Toner dari Ms Glow. Mengandung Glycolic Acid, Lactic Acid dan Licorice Extract yang membantu mengangkat sel kulit mati, menyegarkan, mencerahkan, dan mengembalikan kelembutan kulih wajah kamu.

  1. Deep Treatment Essence MS Glow

MS Glow Essence Deep Treatment

Deep Treatment Essence MS Glow hadir dengan tekstur yang tidak terlalu cair, tetapi juga bukan sepenuhnya berbentuk gel padat, melainkan kombinasi keduanya. Dengan tekstur yang seperti ini, essence mudah untuk diratakan ke seluruh permukaan wajah dan juga mudah diserap oleh kulit.

Salah satu kandungan utama dari essence satu ini adalah ekstrak Centella Asiatica, yang memiliki manfaat sebagai anti inflamasi untuk membantu kamu menyembuhkan luka bekas jerawat. Selain itu, juga terdapat Hyaluronic Acid yang bisa menyamarkan kerutan halus di kulit wajah, dan melindungi kamu dari sinar UV. Sebagai salah satu produk skincare lokal, formula Deep Treatment Essence Ms Glow tentunya memang sangat cocok untuk digunakan orang Indonesia. Jadi, tunggu apalagi nih, Blibli Friends?

  1. Scarlett Whitening Acne Serum

Scarlett Whitening Acne Serum

Skincare berikutnya yang dapat kamu gunakan untuk merawat kulit berjerawat adalah Scarlett Whitening Acne Serum. Produk satu ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan jerawat dan menjaga kulit agar jerawat bandel tidak datang lagi lho, Blibli Friends. Formula khususnya diperkaya dengan tea tree leaf water, salicylic acid, Jeju centella asiatica, liquorice extract dan vitamin C, yang akan membantu melindungi kulit dari gangguang jerawat. Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan setiap pagi dan malam setelah cuci muka ya, Blibli Friends!

  1. MS Glow Moisturizer Juice Cactus & Grape Seed

MS Glow Moisturizer Juice Antioksidan Cactus & Grape Seed

Merupakan moisturizing juice yang berasal dari ekstrak buah anggur hijau dan tanaman kaktus. Buah anggur memiliki antioksidan yang tinggi, serta tanaman kaktus yang mampu menjaga kelembapan kulit dan sebagai anti penuaan. Manfaat utama dari Ms Glow Moisturizer Juice Cactus & Grape Seed adalah membantu menutrisi , melembabkan dan meremajakan kulit , serta mengurangi iritasi pada kulit. Cara Pemakaiannya mudah kok. Kamu hanya perlu mengoleskan secukupnya di wajah, lalu tepuk-tepuk ringan hingga dirasa meresap. Gampang kan?

  1. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30

WARDAH UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++, merupakan sunscreen dengan Broad Spectrum Protection, yang mana 30x lebih optimal menjaga kulit dari sinar UV A/ UV B serta pancaran blue light berlebih. Produk ini juga cocok untuk digunakan kulit sensitive, karena mengandung inovasi formula 0% alkohol namun tetap ringan dan tidak lengket, serta kombinasi Vitamin E dan Pro Vitamin B5 di dalamnya sehingga bantu penuhi kebutuhan nutrisi kulit sehari-hari.

  1. Garnier Bright Complete Milky Lightening Dew Toner Pembersih Wajah [150 mL]

Garnier Bright Complete Milky Lightening Dew Toner Pembersih Wajah

Buat kamu yang pengen cari pembersih wajah bertekstur susu, Garnier Bright Complete Milky Lightening Dew Toner Pembersih Wajah jadi solusinya. Kandungan lemon dalam produk ini mampu membuat kulitmu lebih halus dan lembut, bersinar, serta warna kulit wajah yang lebih rata.

Untuk mendapatkan produk berukuran 150 ml ini kamu hanya perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp 58 ribuan aja. Cukup murah, bukan?

  1. L’Oreal Paris Revitalift Crystal Essence 22 ml Triple Pack (3pcs)

L'Oreal Paris Revitalift Crystal Essence 22 ml Triple Pack

Produk skincare selanjutnya yang gak kalah recommended yaitu L’Oreal Paris Revitalift Crystal Essence. Essence ini berfungsi untuk melembapkan kulit, mempercepat proses regenerasi kulit, dan menyamarkan pori. Selain itu, micronized technology yang ada dalam essence ini bisa menghaluskan tekstur kulit dan menyamarkan garis halus sehingga kamu bisa tampak lebih awet muda.

Kabar baiknya, kamu bisa langsung mendapatkan tiga produk sekaligus berukuran 22 ml dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 126 ribuan, harga yang worth it untuk berinvestasi buat wajahmu.

  1. Wardah C-Defense Serum Wajah [17 mL]

Wardah C-Defense Serum Wajah

Udah bukan rahasia lagi kalau vitamin C merupakan salah satu active ingredient yang bisa mencerahkan kulit wajahmu. Nah, kali ini Wardah punya produk vitamin C, yaitu Wardah C-Defense Serum Wajah. Kandungan Hi-Grade Vitamin C 10%, ekstrak Aloe Vera, serta Biosaccharide berfungsi mencerahkan wajah dan menjaga elastisitas kulit.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain dari produk ini, seperti struktur kulit yang lebih baik, lembab, dan terlindung dari radikal bebas di sekitarmu. Harga yang dipatok untuk mendapatkan produk ini juga gak terlalu mahal, yaitu mulai dari Rp 59 ribuan aja. Kuylah, beli sekarang juga!

  1. Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel [50 mL]

SOMETHINC Reformulated #3 Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel 50ml

Terakhir ada produk dari Somethinc, yaitu Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel. Kandungan yang ada dalam moisturizer ini lengkap banget, mulai dari Hydrolyzed Marine Collagen, Palmitoyl Tripeptide, Ceramide NP, Hydrolyzed Algae Extract, serta Natural Bisabolol. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari produk Somethinc ini yaitu kulit yang lebih terhidrasi, segar, lebih awet muda, serta skin barrier yang lebih terjaga.

Gak cuman itu aja, kalau kamu pakai produk Somethinc Ceramic ini, dark spot dan kemerahan yang ada di wajahmu bakalan memudar dan terjaga dari paparan radikal bebas. Wah, keren banget! Untuk harganya memang sedikit lebih pricey, yaitu mulai dari Rp 260 ribuan, tetapi mengingat banyaknya manfaat yang bakalan kamu dapet, rasanya gak ada salahnya untuk mencoba moisturizer ini, kok.


BACA JUGA: MOISTURIZER UNTUK KULIT BERMINYAK

Nah, itulah urutan pemakaian skincare yang perlu kamu ketahui. Urutan yang benar tentu akan memengaruhi hasilnya jadi lebih maksimal. Jadi, gimana nih blibli friends? Tertarik untuk membeli produk skincare yang sudah dijelaskan? Jangan sampai terlewat ya. Yuk checkout sekarang juga!

CEK DAFTAR HARGA SKINCARE KAMU DI SINI

Tag: