Urutan Android OS Sejak Dulu Hingga Kini

Urutan Android
Source by pinterest.com

Setelah Symbian dan BlackBerry OS berakhir masa kejayaannya, Android kemudian menjadi operating system nomor satu di dunia sekarang ini. Dan tentunya sistem operasi satu ini tidak muncul secara tiba-tiba, ada sejarah panjang di balik popularitasnya tersebut. Nah, berikut ini adalah urutan Android dari yang paling awal sampai terbaru sekarang ini.

BACA JUGA: Tips Menghemat Baterai Android, Biar Nggak Cepat Bocor

____________________________________________

Android Tanpa Nama

Android 1.0 merupakan versi paling pertama dan awal penciptaan operating system terkenal ini. Dilanjutkan dengan Android 1.1 yang sebenarnya memiliki nama Petit Four, akan tetapi tidak dipublikasikan.

Android dengan Nama Kue dan Permen

Android 1.5 Cupcake adalah generasi pertama yang menggunakan nama kue atau permen. Kemudian muncul Android 1.6 Donut, versi yang sudah mendapatkan banyak pembenahan dan penambahan fitur di dalamnya. Secara berurutan, berikutnya ada Android 2.0 Eclair yang merupakan versi awal dari Android yang support dengan live wallpaper dan animasi, Android 2.2 Froyo yang merupakan singkatan dari frozen yogurt yang dirilis pada tanggal 20 Mei 2010 berbasis Linux kernel 2.6.32, serta Android 2.3 Gingerbread yang sudah support dengan penggunaan layar besar dan beresolusi WXGA.

Setelah itu, ada Android 3.0 Honeycomb adalah versi yang lebih ringan dan mulai dapat digunakan untuk perangkat tablet berbasis Android. Kemudian ada Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang paling banyak digunakan sepanjang sejarah Android karena sistemnya yang cukup stabil. Berturut-turut, muncul Android 4.1 Jelly Bean yang dirilis pada tanggal 9 Juli 2012 dan menandai dibukanya operating system untuk publik (Open Source), Android 4.4 KitKat awalnya memiliki nama Android Key Lime Pie, lalu ada Android 5.0 Lollipop yang pertama diperkenalkan dengan nama Android L pada tanggal 25 Juni 2014. Namun, kemudian diumumkan dengan nama Lollipop pada tanggal 12 November 2014.

Android 6.0 Marshmallow adalah operating system yang kali pertama digunakan untuk berbagai macam produk antara beberapa vendor yang berkolaborasi dengan Google, seperti nexus 5, Nexus 6 dan Nexus 9. Sedangkan Android 7.0 Nougat adalah versi yang disebut dengan istilah Android Beta Program karena banyak hal baru dan canggih disematkan di dalamnya. Berikutnya adalah Android 8.0 Oreo yang kali pertama dirilis secara beta pada tanggal 24 Juli 2017 dan baru diluncurkan secara resmi pada tanggal 21 Agustus 2017. Dan versi terakhir dari penamaan kue dan permen ini adalah Android 9 Pie.

Android dengan Penamaan Angka

Android 10 adalah versi ke-sepuluh dari seri Android yang ada. Versi satu ini sangat stabil dibandingkan dengan model-model sebelumnya dan menjadi Android pertama yang menggunakan angka atau meninggalkan nama kue dan permen sebagai namanya. Menyusul, ada Android11 adalah seri paling baru dan diperkenalkan kali pertama pada tanggal 19 Februari 2020. Sempat ditunda perilisannya pada bulan Juni 2020, akhirnya Google merilis operating system ini secara resmi pada tanggal 8 September 2020.

____________________________________________

BACA JUGA: Perbedaan Android dan Apple, Mana yang Lebih Baik?

HP Android Lawas yang Tidak Lagi Disupport Oleh Google

Dikarenakan sudah ada banyak seri yang muncul, itu sebabnya Google menghentikan support atau tidak lagi memberikan update untuk Android versi-versi lawas. Tercatat ada banyak HP Android yang sekarang ini sudah berhenti mendapatkan update sistemnya dan oleh karena itu menjadi sangat rawan terhadap virus atau malware. Coba cek deh, kalau kamu kesulitan mengunduh atau mengoperasikan beberapa aplikasi, bisa jadi karena HP Android kamu sudah terlalu jadul. Waktunya beli yang baru nih, mumpung banyak banget diskon dan promo gadget di Blibli!

DAPATKAN HP ANDROID TERBAIK DI SINI!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY