Dulu tidur sendiri, sekarang ada yang menemani. Tapi, nggak hanya hal itu saja yang berubah ketika kamu hidup sebagai pasangan pengantin baru.

Kini kalian memiliki dua kebutuhan berbeda, kegiatan berbeda, hobi berbeda, namun hanya satu kamar tidur. Bagaimana caranya satu kamar bisa memenuhi semuanya?

Apalagi penting untuk sebuah kamar istirahat untuk terasa nyaman. Bagaimana caranya agar pasangan baru bisa menata kamar tidur yang nyaman dan tentunya romantis? Yuk, ikuti tips-tips berikut!

1. Maksimalkan ruang penyimpanan

ruang-penympanan
Via Selfieword

Kamu yang sebelumnya melajang saja kadang kehabisan tempat untuk menyimpan barang-barang yang kamu miliki. Apalagi kini ditambah dengan barang-barang yang dimiliki pasangan. Bisa-bisa kamar kamu menjadi kapal pecah karena barang-barang kalian berserakan di mana-mana.

Untuk itu, maksimalkan penyimpanan yang ada di kamar. Kamu bisa membeli tempat tidur dengan laci penyimpanan di bawah matras tidur. Untuk lemari, maksimalkan lemari hingga pada batas langit-langit untuk memaksimalkan kapasitasnya. Juga, hindari perabotan yang berukuran jumbo ya!

2. Cermin

cerminVia Racing Teams

Dengan tambahan barang dan juga perabotan, tentu kamu yang sebelumnya tinggal sendiri akan merasa ruangan menjadi terasa lebih sempit. Siasati masalah ini dengan menambahkan cermin pada sisi atau sudut ruangan.

Misalnya pada salah satu dinding, atau pada pintu lemari kamu bisa aplikasikan cermin berukuran lebar. Hal ini akan memberikan kesan luas (dua kali lipat!) pada kamar tidur kamu.

3. Pencahayaan yang lebih fleksibelpencahayaan

Via Royal Furnish

Jika kamu tinggal sendiri, mungkin kamu nggak perlu mempertimbangkan jika kamu ingin membaca atau melakukan aktivitas apapun, kapan pun di kamar tidur. Namun kini ada pasanganmu yang mungkin saja ingin tidur atau beristirahat.

Aturlah pencayaan yang fleksibel sehingga kamu bisa tetap beraktivitas, namun pasanganmu tidak terganggu cahaya yang terlalu terang. Kombinasikanlah down light dan hidden light dengan warna-warna hangat. Cahaya-cahaya yang bisa diatur menjadi remang-remang ini juga bisa menambah nuansa romantis, lho!

4. Warna yang netralwarna-netral

Via Nich.zerohouruk

Karena kini kamu tinggal bersama pasangan, kamu sudah nggak bisa memilih warna yang terlalu feminim atau terlalu maskulin. Pilihlah warna-warna yang bersifat lebih netral seperti coklat, abu-abu, dan putih.

Namun warna-warna yang sedikit gelap seperti coklat sangat cocok untuk menambah nuansa hangat dan romantis pada kamar kamu.


BACA JUGA Tips Menata Ruang dan Perabotan untuk Kamu Pasangan Muda Pengantin Baru!


5. Menciptakan elemen kontras

elemen-kontrasVia Bee Home Decor

Tapi kamu juga nggak perlu takut nggak bisa menggunakan warna favorit kamu karena terlalu maskulin atau feminin. Kamu bisa memasukkan sedikit warna tersebut untuk elemen yang kontras pada desain warna kamar tidur kamu.

Aplikasikan warna-warna di luar warna netral tersebut pada beberapa elemen kecil seperti salah satu sisi dinding, selimut, tirai, atau bantal. Hal ini nggak akan mengurangi tingkat netralitas, justru akan membuat kamarmu menjadi lebih hidup.

6. Hangatkan suasana dengan karpet dan tirai

karpet-dan-tiraiVia Home Decor Needs

Setelah perabotan utama dan pencahayaan diatur, lengkapi kamar tidur kamu dengan tirai dan karpet yang tepat. Kedua elemen ini akan membantu menghadirkan nuansa hangat pada kamar tidur.

Pilihlah tirai dengan warna gelap, atau kamu bisa kombinasikan dengan beberapa tirai berwarna lebih terang. Warna-warna gelap akan membuat kamar kamu nggak terlalu menyilaukan.

Untuk karpet, kamu bisa meletakkannya di sisi tempat tidur sehingga ketika kamu turun dari tempat tidur, kaki kamu nggak akan langsung menginjak lantai yang dingin.

Atau, menggunakan lantai parket juga nggak kalah ampuh untuk menghangatkan kamar tidur kamu dan pasangan.

7. Maksimalkan elemen dekoratif namun tidak berlebihan

dekoratifVia DecorOri

Bertambahnya barang dan kebutuhan sudah cukup memakan ruang di dalam kamar, jadi hindari penggunaan dekorasi berlebihan.

Maksimalkan spot yang tersisa pada sudut ruang untuk mengaplikasikan dekorasi yang nggak cuma mempercantik kamar tapi juga bermanfaat seperti lampu pijar, atau lilin aroma terapi yang bisa membuat kamar kamu jadi lebih romantis.

Hindari memajang terlalu banyak bingkai foto, figurin, atau hal-hal yang kurang fungsional karena untuk kamar berukuran tidak besar, benda-benda seperti ini yang terlalu banyak justru membuat kamar kamu terasa berantakan dan tentunya lebih sempit.

Sudah nggak sabar pastinya menata ulang kamar kamu supaya makin romantis dengan pasangan bukan? Tapi jangan lupa, dalam menata kamar untuk pasangan baru, selalu komunikasikan setiap keputusan mulai dari pemilihan perabotan hingga dekorasi serta tema dari kamar tidur.

Juga, kenyamanan kamar juga nggak melulu soal visual. Pilihlah perabotan yang juga nyaman digunakan, terutama matras tidur! Pilihlah matras tidur yang nyaman ketika digunakan untuk beristirahat. Manfaatkan juga berbagai fasilitas yang dimiliki Blibli.com seperti cicilan 0% dan bebas biaya pengiriman.

Nggak perlu repot meluangkan waktu berdua mencari-cari perabotan dan hal-hal lain untuk menata kamar kamu, karena semuanya bisa kamu temukan di Blibli.com. Membuat kamar menjadi nyaman dan romantis jadi jauh lebih mudah!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY