Uniknya Helm Adventure, Punya Tudung Topi sampai Moncong

Kamu sering lihat helm semacam ini? Secara fungsi, dia adalah helm adventure. Kadang dia juga spesifik dan disebut helm cross alias untuk motocross.

Modelnya enggak kayak helm biasanya. Misalnya, bagian depan atasnya punya semacam tudung topi. Bentuk moncongnya juga bisa panjang banget. Bahkan ukurannya jauh lebih panjang dari area dahinya.

Tiga sampai empat dekade lalu, helm semacam ini cuma bisa dilihat di trek-trek motocross. Namun, sekarang helm semacam itu bisa kamu lihat di jalan-jalan. Apalagi sekarang orang makin sering touring, dan ngerasa perlu helm semacam ini buat kebutuhan yang multi-purpose.

Enggak ketinggalan, tren supermoto lagi merebak. Secara garis besar, supermoto ini terlihat sebagai sepeda motor tipe motorcross atau trail cross country yang dikasih ban sport untuk main di aspal. Nah, mau enggak mau, tren helmnya juga kebawa-bawa di jalan.

Yang unik, kalau motornya bukan trail atau supermoto pun, enggak sedikit mereka para pesepeda motor ini pakai helm khusus semacam itu–yang juga ber-tudung topi plus moncong panjang tadi. Nah, apa sih sebenarnya guna fitur-fitur ini?

Tudung Topi, Bukan Sekadar Pantang Silau

Tudung topi atau sun visor panjang dan besar adalah hal yang paling kelihatan di helm model adventure, termasuk tipe cross.

Berapa panjangnya? Kalau ambil contoh helm Airoh Commander, kira-kira 8-9 cm dari kaca depan atau dahi helm. Airoh juga bikin yang versi lebih panjang lagi, yakni untuk Airoh Twist yang kelirnya antara lain adalah Airoh Twist Iron Helm Cross dan Airoh Twist Cairoli Mantova.

Contoh tudung di helm adventure ini juga bisa dilihat di helm Fox tipe Fox V1, Arai tipe Tour Cross3, Shoei tipe Hornet, model klasik Bell tipe Moto 3, terus Nolan tipe N70-2 X, sampai Zeus ZS-951 dan Cargloss Former Motocross.

Fungsinya? Nah di sini menariknya. Tudung ini memang dinamai “sun visor” yang artinya menangkis silau matahari. Tapi fungsi lainnya sebenarnya ala motor adventure banget, apalagi buat mereka yang lewat jalan lumpur beriringan atau cross country lewat pepohonan.

Tudung ini berfungsi buat menangkis pentalan lumpur dari motor yang ada di depan kamu, begitu juga sama ranting-ranting. Caranya sesimpel dengan menunduk, jadinya ranting atau pentalan lumpur itu enggak kena mata kamu.

PILIHAN HELM ADVENTURE BERTUDUNG PANJANG DAN PENDEK

Moncong Panjang, Bukan Desain Abnormal

Moncong pada sebagian besar helm adventure jadi satu ciri yang enggak bisa ditampik. Kalau helm reguler biasanya cuma berjarak 5-6 cm dari mulut, moncong di helm atau “chin bar” untuk model adventure ini bisa kisaran 10 cm.

Kalau dari tampilannya saja, mereka yang pakai helm model seperti ini langsung kelihatan agresif. Bawaannya kayak mau action.

Tapi buat apa sih sebenarnya desain moncong chin bar memanjang ini? Balik lagi ke dunia motocross, yang pertama supaya kacamata goggle kamu punya tempat pijakan. Kedua, pastinya itu berfungsi buat kasih jarak benturan kalau-kalau si pemakainya jatuh.

Apalagi kalau motocross. Berbeda dengan dunia motor sport yang sebisa mungkin jangan jatuh, para crosser justru paham kalau mereka bakal sering jatuh. Makanya helmnya juga ekstrem begini.

HELM-HELM MONCONG PANJANG KLIK DI SINI

Tanpa Visor atau yang Pakai Visor

Satu lagi yang unik dari helm adventure selain tudung dan moncong panjang adalah area visor-nya atau area tempat mata memandang. Ada yang pakai kaca, ada juga yang bolong.

Kenapa bolong? Tadi udah dibahas. Soalnya kamu nantinya akan pakai kacamata goggle, dan goggle ini dipakai para crosser supaya gampang lepas pasang waktu visibilitas mereka terganggu tempelan lumpur dan sebagainya.

Tapi buat yang butuh helm bertudung dan bermoncong untuk multi-fungsi, ada juga helm adventure dengan kaca visor. Jadi kalau berlama-lama di jalan dan pas hujan berkepanjangan, mata tetap terlindungi, lalu lanjut adventure lagi.

CEK HELM ADVENTURE BERKACA DAN TANPA KACA DI SINI

Semua fitur itu bisa dilihat di helm-helm adventure. Kalau kamu suka dengan helm tipe ini, merek-merek dan tipe-tipe sekaligus warna dan desainnya tersedia di Blibli.com. Jadi, kamu tinggal pilih, dan pastikan belanja semua kebutuhan otomotif kamu di Blibli.com.

Blibli Friends: