me

UMKM Ngurangin Pengangguran dan Ngedongkrak Ekonomi Indonesia

Jun 24, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Photo via pexels.com

Berhubung bentar lagi bakalan nyambut Hari UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Internasional yang diperingatin tiap tanggal 27 Juni, pada tau gak sih kalo UMKM punya peran yang penting banget buat negara?

Jadi, sekarang UMKM tuh uda dianggep tulang punggung utama perekonomian yang juga bisa ngedongkrak bisnis-bisnis di Indonesia. Hampir semua bisnis yang sukses asalnya dari usaha kecil dan menengah yang terus ditingkatin. Makanya pelaku UMKM kudu kreatif dan kudu pinter nyari peluang supaya bisnisnya bisa tetep awet, berkembang, dan gak kalah saing ama perusahaan gede lainnya.  

Terus kok UMKM disebut tulang punggung ekonomi sih? For your information nih, kontribusi UMKM buat negara tuh gak sedikit alias penting banget. Ibaratnya, UMKM kek ngasih angin seger buat sektor ekonomi di Indonesia yang lagi sesek karena resesi. Apalagi di situasi pandemi kek gini yang bikin banyak usaha terpaksa gulung tiker. Kalo penasaran, nih saya kasih tau apa aja pengaruh UMKM buat ekonomi negara.

Photo via pexels.com

Pertama, UMKM jadi sarana buat ningkatin peluang kerja. Setiap UMKM pasti nyiptain banyak peluang buat masyarakat yang lagi getol-getolnya nyari kerja. Lumayan kan tuh dari UMKM bisa dapet duit tambahan buat jajan daripada jadi pengangguran atau nongki-nongki gak berfaedah. Ini ngebuktiin kalo UMKM bisa ngebantu mangkas angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. 

Kedua, UMKM nyumbang pemasukan devisa buat negara. Berhubung produk dan jasa yang dijual UMKM macem-macem, pasarnya juga luas banget, gak cuma ngejangkau nasional tapi juga internasional. Devisa tuh bisa hasil dari produk barang atau jasa yang diekspor ke pelanggan luar negeri, atau produk dalem negeri yang dijual ke wisatawan asing.

Photo via pexels.com

Ketiga, UMKM jadi sarana buat ngeratain tingkat ekonomi masyarakat. Gak kek perusahaan gede yang cuma ada di area tertentu, UMKM lokasinya lebih fleksibel dan tersebar di banyak tempat, bahkan bisa didapetin lewat online. Gampang banget deh tinggal scroll-scroll hape doang. Jadi, orang-orang di pelosok juga bisa menuhin kebutuhan mereka tanpa perlu repot ngunjungin kota gede.  

Pokoknya UMKM tuh ngebantu banget buat ngedongkrak ekonomi negara. Nah, buat ngedukung supaya ekonomi bisa balik normal lagi di masa-masa krisis kek sekarang, kita jadi masyarakat juga kudu ikut ngasih andil dengan cara ngegenjot daya beli alias belanja produk-produk UMKM yang bermanfaat. Kan enak tuh bisa shopping-shopping cantik sambil bantu ngelarisin UMKM hehehe.

Tag: