me

Ukuran Lensa Tele, Pemula Wajib Tahu!

Oct 14, 2022.By Jarvis
Bagikan

adorama.com

Lensa tele merupakan jenis lensa yang biasanya digunakan oleh para pecinta fotografi untuk mendapatkan gambar dengan objek foto yang cukup jauh. Lensa tele inilah yang membantu menjangkaunya. 

Jika hanya mengandalkan lensa bawaannya saja, akan sangat dimungkinkan terjadi distorsi pada hasil gambarnya. Bisa nantinya terlihat blur atau tidak fokus. Apalagi jika momen yang ditangkap sangat penting, sangat sayang sekali bukan?

Baca juga: Perbedaan Lensa VR dan Non VR


Ukuran Lensa Tele

Untuk itu kamu bisa nih menggunakan lensa tele sesuai dengan kebutuhan. Ukurannya pun cukup bervariasi, jadi tak perlu merasa khawatir jika ingin mengambil gambar dengan jarak sejauh apapun. Secara umumnya, lensa tele memiliki 5 ukuran yang berbeda dengan kegunaan yang beda beda pula. 

Ada lensa tele dengan focal length 70-200mm f/2.8, focal length 70-200mm f/4, focal length 70-300mm dan 500mm yang bervariabel aperture, focal length 100-400mm variable aperture pula, dan lensa tele dengan focal length 400-800 mm. Untuk lensa tele dengan focal length 70-200mm f/2.8 ini sebenarnya hampir mirip kegunaannya dengan 70-200mm f/4 bisa digunakan untuk memotret apapun. 

Namun lebih detailnya biasa digunakan untuk hasil foto yang memiliki latar belakang blur. Yang membedakan keduanya hanya 1 stop cahayanya. Sehingga untuk bisa mendapatkan hasil yang sama dengan 70-20mm f/2.8, lensa tele 70-200mm f/4 ini harus meningkatkak lagi ISOnya bahkan hingga 2x lipatnya.

Untuk variasi lensa tele dengan variable aperture ini lebih memiliki fungsi khusus, yakni untuk memotret foto yang berkaitan dengan kegiatan olahraga atau satwa liar. Bisa dibilang lensa jenis ini dirancang untuk fotografer profesional. Objek yang dipotret bisa terlihat jelas walaupun jaraknya cukup jauh. Tapi jika gambar satwa liar yang ingin dipotret itu seperti burung liar lebih disarankan menggunakan lensa tele yang lain, yaitu lensa tele dengan focal length 400-800mm saja. Menarik bukan?

Review Lensa Tele Canon

Canon EF 75-300mm F/4-5.6 III Lensa Kamera

Para pengguna Canon mungkin sudah tak asing lagi dengan kehadiran lensa tele Canon, atau detailnya Canon EF 70-300mm f/4-5.6 IS USM. Menjadi salah satu lensa canon yang paling populer, terlebih dengan kombinasi image stabilization (IS) yang ada. Lensa keluaran terbaru dari Canon ini ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan lensa sebelumnya. Yang pasti kualitasnya pun naik.

Dengan menggunakan 8 pisau aperture yang melingkarinya, Lensa tele Canon EF 70-300mm f/4-5.6 IS USM ini bisa menghasilkan gambar yang sempurna dengan efek bokehnya yang baik. Walaupun fiturnya lebih banyak, lensa tele Canon ini dirasa lebih ringan bobotnya dibandingkan dengan lensa lainnya. Karena memang diperuntukkan guna mendapatkan foto sempurna dari jarak jauh.

Lensa tele Canon ini dilengkapi dengan fitur image stabilizer, fitur pertama dan terpopuler untuk sebuah lensa. Dengan fitur ini, lensa mampu mendeteksi getaran yang bisa tiba tiba saja muncul. Kemudian agar tidak menciptakan distorsi pada gambar, lensa ini kemudian mengoreksi getaran tersebut dengan melakukan gerakan balasan. Tidak lain untuk meluruskan kembali ke sumbu optiknya. Ini dilakukan agar jalan cahaya bisa dirubah dan mengembalikan gambar pada posisi sensor yang seharusnya.

Review Lensa Tele Fujifilm

FUJISHOPid Fujifilm XF 16-80mm F/4 OIS WR SRP Lensa Fujifilm XF 16-80mm F4 OIS WR SRP Lensa Fujinon XF 16-80mm F4 GARANSI RESMI

Bisa dibilang Fujifilm adalah brand terbaik yang memiliki jenis lensa tele populer dan berkualitas tinggi. Dibekali dengan ciri khas penggunaan filter didalamnya, membuat Fujifilm tak pernah gagal menarik perhatian para pecinta fotografi. Untuk lensa telenya, FujiFilm memiliki Fujinon XF 16-80mm f/4. Banyak orang yang mereview lensa tele ini memiliki kualitas yang baik. 

Dengan rentang jarak fokusnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran lensanya yang cukup ringan pun menjadi keunggulan dari lensa keluaran Fujifilm yang satu ini.

Hanya memiliki bobot seberat 440 gram. Ukuran yang cukup compact untuk jenis lensa yang berada di kelasnya. Untuk aperturenya sendiri, Fujinon memiliki angka maksimum ring aperture f$ sepanjang 16-80mm. Sangat sesuai jika digunakan untuk pemotretan dengan jarak minimal hingga 35cm. Yang mana bisa dikombinasikan dengan fitur pembesaran gambarnya hingga 0,25 kali dari aslinya.


Baca juga: Apa Saja Jenis Filter Lensa Kamera dan Fungsinya?

Cukup menarik perhatian bukan review kegunaan dari lensa tele milik Canon yang satu ini. Kamu bisa dengan bebas menjangkau objek sejauh mungkin dimanapun dan kapanpun dengan bantuan lensa tele ini Temukan lensa tele Canon sesuai kebutuhannya dengan mudah hanya di Blibli!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel