TWS Mudahkanmu untuk Dengarkan Apa Pun dari Gadget

TWS
inceptivemind.com

Perangkat elektronik setiap tahunnya berkembang karena kebutuhan konsumennya. Salah satu jenis perangkat elektronik yang merupakan perkembangan dari earphone adalah TWS. TWS merupakan singkatan dari True Wireless Stereo yang dikenalkan di tahun 2016 lalu. Pada saat itu, penggemar perangkat itu pun sudah sangat banyak. Bahkan, penggunanya meningkat dari tahun ke tahun. Untuk lebih lengkap mengenai perangkat satu ini, Blibli Friends bisa simak ulasannya di bawah ini.


Baca juga: 4 Alasan True Wireless Stereo (TWS) Sangat Digemari Banyak Orang

Apa Itu TWS?

TWS merupakan perangkat nirkabel yang merupakan jenis upgrade dari earphone atau headset. Fungsinya pun sama dengan perangkat tersebut. Bedanya, perangkat ini memerlukan konektivitas berupa Bluetooth agar bisa terhubung ke perangkat seluler atau gawai. TWS dipandang sangatlah praktis karena kamu nggak perlu lagi repot-repot dengan keberadaan kabel earphone.

Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Earbuds

Kalau kamu termasuk orang yang gemar mendengarkan music, tentunya nggak asing dengan perangkat audio seperti headphone, headset, earphone, atau earbuds. Keempat perangkat tersebut seringkali tertukar namanya karena banyak orang yang belum mampu membedakan bentuknya. Meski fungsinya sama, keempat perangkat memiliki bentuk yang berbeda. Headphone contohnya. Perangkat ini berbentuk dua speaker mini yang bisa menutupi semua bagian telinga. Kedua speaker biasanya dihubungkan dengan lempengan alumunium. Perangkat ini biasanya dipakai oleh musisi, DJ, hingga composer music yang ingin kualitas suara yang baik.

Perangkat yang mirip dengan headphone adalah headset. Bentuknya hampir sama. Yang membedakannya adalah tambahan mikrofon yang bisa dipakai untuk komunikasi. Biasanya, headset dipakai untuk keperluan game online, video call, merekam suara, wawancara online, dan kebutuhan komunikasi lainnya.

Jenis lainnya adalah earphone dan earbuds. Kedua perangkat tersebut berbentuk sangat kecil hingga bisa masuk ke lubang telinga. Bedanya, earphone biasanya didukung oleh lubang mikrofon kecil untuk komunikasi. Ada juga tombol naik turun untuk volume dan tombol multifungsi lainnya untuk mengangkat telepon, mematikan dan menyalakan musik, serta banyak hal lainnya lagi. Sedikit berbeda dengan earphone, perangkat earbuds benar-benar menutupi lubang telinga seluruhnya. Earbuds inilah yang akhirnya berkembang menjadi wireless earbuds atau disebut dengan TWS sekarang ini.

Kelebihan dan Kekurangan TWS

TWS adalah salah satu jenis perangkat hasil teknologi kekinian yang tentunya harganya lebih tinggi jika dibandingkan dengan perangkat kabel. Tapi, sekarang ini sudah ada kok perangkat yang dibanderol dengan harga sekitar 90 ribuan. Sebelum membelinya, kamu harus memastikan dulu konektivitas perangkat tersebut. Hal itu sangat penting karena teknologi Bluetooth yang tertanam di masing-masing gawai berbeda-beda. Untuk itu, periksa dengan pasti apakah perangkatmu kompatibel dengan perangkat yang akan kamu beli.

Selain itu, ketika menggunakan TWS, kamu perlu perhatikan dayanya. Jangan sampai dayanya habis, ya. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, kelebihan dan kemudahan yang ditawarkannya sangatlah baik. Dengan memakainya, kamu nggak perlu menyentuh smartphone ketika mengangkat panggilan. Bahkan, ketika mendengarkan musik pun kamu bisa mengendalikannya melalui TWS. Ruang gerakmu pun lebih luas karena jangkauan TWS cukup luas, bahkan jenis Bluetooth 4.0 mampu menjangkau hingga 100 meter.


Baca juga: Rekomendasi Earphone True Wireless (TWS) di Bawah 200 Ribu

TWS adalah salah satu jenis perangkat yang mendukung kebutuhan pengguna saat ini yang menginginkan hal yang mudah dan serba praktis. Kamu yang memiliki mobilitas tinggi pun sebaiknya memilih perangkat ini supaya nggak perlu repot lagi untuk melakukan panggilan telepon bahkan ketika berkendara sekali pun. Cek jenis TWS yang cocok dengan perangkatmu, ya.

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY