me

6 Tutorial Hijab Malaysia yang Sedang Jadi Tren

Dec 21, 2023.By Nadine
Bagikan

wolipop.detik.com
6 tutorial hijab Malaysia untuk berbagai acara yang sedang jadi tren.

Semakin berkembang industri fashion, berbagai model dan tutorial hijab pun semakin bervariasi. Di kalangan para pengguna hijab atau hijabers Indonesia saat ini ternyata sedang tren gaya hijab ala Malaysia lho, Blibli Friends. Gaya hijab dari Malaysia tersebut populer karena dianggap praktis, fashionable, dan cocok dipakai di berbagai agenda.

Tutorial hijab Malaysia mulai diperkenalkan oleh para influencer melalui sosial media. Tren ini akhirnya meluas dan membuat berbagai model hijab yang digunakan untuk membuat hijab Malaysia marak diproduksi. Jika dibandingkan dengan gaya hijab di Indonesia, tutorial hijab Malaysia biasanya lebih rapat pada bagian dahi. Sebelum memilih gaya hijab yang paling pas untukmu, cek beberapa tutorial hijab Malaysia dulu, yuk!

Baca juga :


Pashmina Malaysia

blibli.com

Pashmina adalah salah satu model hijab yang banyak dipakai pada hijab ala Malaysia. Kerudung pashmina sendiri biasanya berbentuk selendang panjang dan mempunyai bahan yang halus serta adem saat dipakai. Banyak orang memilih kerudung pashmina karena terlihat elegan dan serbaguna, cocok digunakan untuk berbagai kegiatan. Saat ini pashmina juga telah hadir dalam berbagai variasi warna berbeda lho, Blibli Friends.

Model hijab satu ini juga mudah ditemukan di Indonesia ya, Blibli Friends. Kamu bisa mulai berlatih memakai hijab ala Malaysia menggunakan pashmina yang super nyaman. Nggak harus dipakai di acara semiformal atau formal, kamu juga bisa memakainya untuk agenda kasual sehari-hari, ya.

Tutorial menggunakan pashmina Malaysia sangat mudah. Gunakan ciput atau inner hijab terlebih dahulu lalu segera posisikan hijab pashmina sama panjang. Selanjutnya tinggal merekatkan pashmina di belakang kepala memakai jarum pentul. Kamu juga bisa menambahkan jarum pada kedua sisi pashmina yang dekat dengan area wajah agar bentuknya tetap. Jangan lupa silangkan dan lempar ujung-ujungnya ke belakang, lalu tambah aksesoris seperti anting jepit.

Pashmina Tanpa Jarum

blibli.com

Selain menggunakan jarum, kamu juga bisa menggunakan pashmina tanpa jarum pentul demi menciptakan gaya hijab Malaysia lho, Blibli Friends. Untuk coba mempraktikkan tutorialnya, kamu hanya perlu selembar pashmina favorit. Sebaiknya gunakan bahan pashmina yang nggak licin agar hijab tetap paripurna anti melorot jika ingin memakai pashmina tanpa jarum ala Malaysia.

Sebelum pakai pashmina, gunakanlah ciput atau inner hijab berwarna senada. Kamu juga bisa memilih pashmina yang sudah tersambung dengan ciput, ya. Setelah inner terpasang, silangkan salah satu sisinya ke pundak dan putar sisi pashmina lainnya ke atas kepalamu. Langkah terakhir, selipkan ujung pashmina pada lipatan hijab di pipi agar hijab nggak mudah geser.

Hijab Melayu

blibli.com

Nggak hanya pashmina, kamu juga bisa memakai hijab segi empat untuk mewujudkan look hijab Malaysia. Gaya bernama hijab Melayu ini biasanya memakai hijab persegi berukuran cukup lebar.berbahan voal agar bisa menutup dada meskipun telah ditata sedemikian rupa. Dinamakan hijab Melayu karena di Malaysia biasanya gaya ini dipakai sebagai padanan baju kurung khas tanah Melayu.

Ada dua gaya ala Malaysia yang bisa kamu coba dengan hijab segi empat ini. Gaya pertama bisa dimulai dengan membentuk hijab menjadi segitiga dan segera memosisikannya di kepala. Pakailah peniti atau pentul di dagu lalu bawa satu sisi samping ke belakang dan rekatkan dengan jarum. Sisi hijab lain bisa kamu letakkan di belakang kepala dan diberi jarum pentul kembali agar lebih rapi dan anti geser.

Perbedaan gaya pertama dan kedua adalah bagian sisi yang dibuat lebih panjang di gaya hijab Melayu kedua. Tutorial hijab Malaysia bernama hijab Melayu ini juga masih mirip, hanya saja kamu perlu meletakkan bagian sisi hijab yang lebih panjang di atas kepala. Jangan lupa untuk merapikan hijab di bagian depan dada agar hijab Melayu khas Malaysiamu lebih rapi.

Pashmina Layer

blibli.com

Banyaknya variasi bahan yang digunakan untuk membuat pashmina memunculkan beragam gaya yang berbeda dalam model hijab. Hal tersebut juga terjadi pada model hijab Malaysia satu ini. Kamu membutuhkan pashmina panjang yang berbahan ringan dan flowy seperti sifon ceruti. Ukurannya yang panjang memungkinkanmu untuk membentuk hijab berlayer.

Pashmina layer menjadi salah satu tutorial hijab Malaysia yang sangat digemari karena terlihat simpel namun unik dan menarik. Model layer pada hijab membuat gaya satu ini cocok dipakai saat acara apapun, mulai dari kasual maupun formal. Meski begitu, pastikan kamu menggunakannya secara rapi dan memadukan dengan outfit serta make up yang pas ya, Blibli Friends.

Tutorial membuat pashmina layer juga sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Benar-benar pilihan yang tepat jika kamu hanya punya waktu sedikit dan butuh model hijab yang sat set, nih. Cukup rekatkan salah satu bagian pashmina ke belakang kepala dan putar bagian yang lebih panjangnya ke kepala. Rekatkan kedua sisi hijab dekat pipi dengan jarum pentul agar nggak mudah geser dan terbang.

Pashmina Motif

blibli.com

Jangan berkutat pada pashmina polos saja ya, Blibli Friends. Kamu juga bisa memilih pashmina motif saat ingin memunculkan hijab Malaysia pada outfit sehari-hari untuk tampilan lebih fun dan playful. Model hijab Malaysia satu ini paling cocok jika dilakukan mix and match dengan pakaian yang polos. Motif dan corak unik pada pashmina dijamin akan jadi fashion point utama pada OOTDmu.

Banyak cara dan tutorial hijab Malaysia yang bisa kamu terapkan menggunakan pashmina motif. Misalnya saja tutorial pashmina motif paling simpel dengan menyematkan satu buah peniti atau jarum pentul di belakang kepala dan dilanjutkan menyilangkan masing-masing sisi kain ke kanan dan kiri baju. Pashmina motif siap menemani hang out atau acara kasual lainnya, deh.

Printed Hijab Segi Empat Menutup Dada

blibli.com

Selain pashmina yang punya motif, kamu juga bisa memilih hijab segi empat yang punya pattern unik, ya. Biasanya hijab satu ini dikenal dengan istilah printed hijab segi empat. Sesuai namanya, hijab segi empat yang biasanya berbahan voal tersebut memang dicetak motif tertentu menggunakan printer khusus.

Model tutorial hijab Malaysia berupa printed hijab segi empat menutup dada sangat cocok dipakai untuk acara semiformal atau formal karena punya final look yang terlihat rapi dan tertata. Kamu bisa menggunakan printed hijab segi empat menutup dada saat akan menghadiri kuliah atau berangkat ke kantor juga, lho.

Agar kesan hijab Malaysia semakin terlihat, jangan lupa gunakan inner hijab yang ditumpuk dengan hijab sehingga nggak terlihat langsung. Selain itu, kamu bisa menyilangkan salah satu sisi hijab ke belakang agar semakin rapi dan cantik.


Baca juga :

Inspiratif dan patut dicoba banget kan semua tutorial hijab Malaysia yang sedang tren di atas? Jangan lupa lengkapi dulu koleksi hijabmu di rumah ya, Blibli Friends. Nggak perlu bingung kalau mau cari hijab berkualitas dari berbagai merek karena semuanya sudah tersedia lengkap hanya di Blibli.