Tujuh Restoran Bintang Michelin yang Wajib Kamu Coba di Bangkok

Bangkok telah lama dikenal sebagai tujuan pecinta kuliner, rumah bagi berbagai macam rempah dan rasa yang kuat, serta tempat di mana terdapat begitu banyak pedagang kaki lima yang menakjubkan dan restoran-restoran ruko tradisional.

Sekitar setengah dekade terakhir, sebagaimana dikutip dari situs The Guardian, Bangkok mengalami pertumbuhan industri kuliner yang pesat, di mana semakin hari semakin banyak koki papan atas datang untuk memukau khalayak.

Kini, Bangkok mendapat kehormatan menjadi bagian dari radar destinasi petualangan kuliner yang berkualitas. Ibu kota Thailand tersebut telah dibuatkan versi Michelin Guide-nya sendiri, di mana tahun ini merupakan edisi kedua.

Bangkok Michelin Guide mencakup semua restoran terbaik di kota yang terletak di muara Sungai Chao Praya ini, termasuk kreasi brilian dari masakan Thailand dan internasional.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2017 lalu, seluruh pelaku industri kuliner di Thailand telah bersiaga tinggi untuk menghasilkan menu, yang akan memastikan mereka mendapat tempat di panduan restoran paling terkenal di dunia itu.

Untuk pertama kalinya, Michelin Guide juga melakukan ekspansi di luar Bangkok, dengan menyasar beberapa restoran di Phuket.

Meski begitu, Michelin Guide yang terkenal karena rekomendasi restoran bintang 1-3, juga mengakui tempat makan murah yang menawarkan makanan luar biasa enak seperti Bib Gourmand misalnya, serta kreasi kuliner berkualitas tinggi lainnya yang kerap tidak dianggap layak masuk daftar.

Secara total, ada 27 restoran di Thailand yang meraih penilaian bintang Michelin pada tahun ini. Ada 10 restoran bintang satu baru di panduan ini, sembilan di antaranya berlokasi di dan sekitar Bangkok.

Adapun sisa satunya lagi berlokasi di kepulauan wisata Phuket, yakni Pru, yang menyajikan kreasi kuliner dengan konsep from farm to table.

TEMUKAN BERBAGAI REKOMENDASI PAKET PERJALANAN KE THAILAND DI SINI

Sejarah Singkat Bintang Michelin

Ini adalah sebuah bentuk penghargaan terhadap keunggulan makanan di restoran, di mana titel Bintang Michelin begitu didambakan oleh semua koki.

Ketika sebuah restoran dianugerahi satu Bintang Michelin, yang merupakan penghargaan di tingkat pertama, itu pertanda bahwa koki setempat telah berhasil di level tertinggi. Tentu, bisa dibayangkan betapa berkulitasnya sebuah tempat makan jika berhasi meraih dua atau tiga Bintang Michelin.

Inisiatif Bintang Michelin berasal dari Prancis, sebuah negara yang terkenal karena hasrat besarnya pada budaya kuliner. Awalnya ini adalah fitur buku panduan Michelin yang diterbitkan pada 1900 silam oleh Andre dan Edourd Michelin – pendiri perusahaan ban Michelin.

Setelah memulai perusahaan pada tahun 1889, kedua saudara kandung itu mencari metode untuk “memaksa banyak pengemudi” melakukan lebih banyak perjalanan, dengan harapan mereka akan lebih sering membutuhkan ban.

Panduan ini mencantumkan banyak informasi untuk pengendara, termasuk di mana menemukan makanan dan akomodasi terbaik saat berkeliling dengan mengendarai mobil mereka.

Ketika bisnis tumbuh, begitu pula panduan, menjadi begitu populer sehingga kemudian dirancang ulang menjadi semacam rekomendasi prestisius pada 1920.

Kala itu, elemen ruang makan begitu tinggi sehingga Michelin memutuskan untuk membentuk tim inspektur yang bertugas mengunjunginya secara anonim, dan memberi peringkat restoran berdasarkan tiga kategori.

Sistem peringkat –masih berlaku sampai sekarang– disebut sebagai “Bintang Michelin”, dan masih berlaku sampai sekarang. Rinciannya terdiri dari: 3 bintang (paling tinggi) untuk nilai masakan luar biasa dan khas, 2 bintang untuk teknik memasak sangat baik, dan 1 bintang untuk restoran yang sunggul dalam kategorinya.

Namun, pemeringkatan tersebut mengalami masa hiatus selama beberapa tahun selama dan sesudah Perang Dunia II. Baru pada 1951, penilaian Bintang Michelin kembali digelar, namun dengan standar yang dinaikkan, sehingga lebih sedikit restoran yang mencapai peringkat maksimum.

Saat ini, Bintang Michelin diberikan secara selektif ke sejumlah kecil restoran di seluruh dunia, untuk kualitas luar biasa.

Sementara itu, perusahaan Michelin sendiri mengakui manfaat pemasaran dari penerbitan panduang Bintang Michelin setiap tahunnya.

“Dari sudut pandang gambar, itu tentu telah membantu sebagai promosi terhadap merek ban. Karena ban, tentu saja, bukan produk yang paling seksi di pasaran,” ujar Tony Fouladpour, direktur hubungan masyarakat perusahaan Michelin.

“Citra Michelin adalah merek premium, berkualitas tinggi. Dan ada yang mengatakan bahwa Panduan Bintang Michelin adalah Alkitab dari semua pemandu makan,” lanjutnya bangga, sebagaimaba dikutip dari Eater.com.

Kembali ke soal kehadiran Bintang Michelin di Bangkok, berikut adalah panduan singkat tentang tujuh restoran peraih teratas penilaian terkait di ibu kota Thailand.

TEMUKAN ANEKA PRODUK PRAKTIS UNTUK PERJALANAN LIBURANMU DI SINI

1. Gaa

Di sini, hidangan unik dan eklektik yang berakar dari perpaduan cita rasa kuliner India dan Thailand, disajikan dengan presentasi yang sangat indah dan teknik kreatif oleh kepala koki Garima Arora, yang merupakan wanita India pertama yang menerima penghargaan Michelin.

Arora berasal dari Mumbai, dan meninggalkan karirnya di bidang jurnalisme. Sebagai gantinya memilih untuk mendaftar di Le Cordon Bleau, akademi kuliner bergengsi di Prancis. Dia kemudian bekerja di restoran Noma yang termasyhur di Kopenhagen, Denmark.

Karirnya menanjak dengan cepat, dia kemudian bergabung menjadi koki di salah satu restoran Gordon Ramsay, Verre, di Dubai.

Kedatangannya ke Bangkok adalah untuk menjawab tantangan dari chef Gaggan Anand, yang restorannya meraih 2 Bintang ichelin. Arora kemudian diasah untuk mengembangkan teknik dan kreativitas unik dalam memasak hidangan India-Thailand.

Adapun restorannya sendiri terletak di sisi jalan yang rindang di sebuah rumah indah yang telah diperbarui, di mana ruang-ruang yang nyaman memiliki pencahayaan lembut, kayu gelap, dan jendela-jendela besar.

Beberapa ruangan cocok untuk kelompok pribadi, sedangkan ruang makan utama menghadap ke pepohonan rindang.

Gaa menawarkan 10-14 sajian dalam satu kali bersantap, di mana teknik modern berpasangan dengan resep tradisional, yang semuanya dibuat hanya menggunakan bahan-bahan segar yang bersumber secara lokal.

TEMUKAN SEPATU FORMAL UNTUK MAKAN MALAM BERKELAS DI SINI

2. Saawaan

Ada alasan mengapa Saawaan dianugerahi bintang Michelin, selain karena namanya berarti “surga” dalam bahasa Thailand.

Di sini, kamu bisa merasakan engalaman bersantap yang intim atas beragam masakan Thailand otentik dan kreatif, yang disiapkan oleh koki berbakat.

Dalam satu sesi bersantap, Saawaan membaginya dalam beberapa hidangan yang mewakili semua konsep dan teknik yang ditemukan di seluruh papan dalam masakan Thailand.

Kamu akan mencicipi sampel mentah, fermentasi, celup, direbus, dipanggang, tumis, kari, dan manis di sini, dan kesenangan dimulai bahkan sebelum kamu bener-baner bersantap.

Chef Sujira “Aom” Pongmorn, yang mengelola tim dapur terampil, memiliki pengetahuan yang luar biasa tentang masakan Thailand, dan berpengalaman membesarkan beberapa tempat makan paling terkenal di Bangkok, seperti Sra Bua, Issaya Siam, The House on Sathorn, Lord Jim di Mandarin Oriental, dan beberapa lainnya.

Adapun di Saawaan, ia memamerkan hidangan lokal pinggir jalan, yang kemudian ia naikkan ke beberapa selera paling lezat yang akan kamu temukan di seluruh Thailand.

ANEKA SUNGLASS KEREN UNTUK JALAN-JALAN BISA KAMU TEMUKAN LENGKAP DI SINI

3. Mezzaluna

Mezzaluna adalah restoran paling mewah di Bangkok, di mana lokasinya yang berada di lantai 65 dan makan di sini 65 lantai Lebua State Tower, memberikan pemandangan luas ke Sungai Chao Phraya dan cakrawala kota Bangkok.

Restoran ini meraih bintang dua Michelin karena fitur memasak langit-langit yang membingungkan oleh koki Ryuki Kawasaki, di mana telah berpengalaman menangani dapur-dapur terbaik di Prancis, AS, dan negara asalnya Jepang.

Dia juga pernah dinobatkan sebagai Chef of the Year oleh Escoffier Society saat bekerja di restoran Twist by Pierre Gagnaire di Las Vegas.

Mengambil alih kepemimpinan di Mezzaluna pada tahun 2015, Kawasaki telah menggabungkan teknik memasak Prancis yang superlatif dengan beberapa bahan eksklusif yang hanya dapat ditemukan di Asia.

Ambil contoh daging sapi Niigata Murakami Wagyu misalnya, yang dibawa Kawasaki secara eksklusif ke Thailand dari Jepang.

Daging sapi ini berasal dari jenis anak sapi pilihan berkualitas tinggi yang diternakan di Prefektur Niigata, dan dibesarkan dengan pakan jerami dan campuran premium, memberikan tekstur daging yang halus dan benar-benar meleleh saat disantap.

Menu di Mezzaluna adalah musiman, berubah setiap tiga bulan, meskipun hidangan seperti daging sapi Wagyu selalu ditampilkan.

BUTUH TAS RINGAN UNTUK PERGI JALAN-JALAN? TEMUKAN VARIASI LENGKAPNYA DI SINI

4. Canvas

Restoran ini menyoroti bahan-bahan Thailand yang bersumber secara lokal, di mana banyak di antaranya mungkin tidak dikenal oleh para pengunjung. Baik set enam atau sembulan hidangan berasal dari cita rasa tradisonal yang luar biasa lezat, dengan sentuhan internasional yang progresif.

Restoran ini juga menampilkan keahlian kuliner fantastis dari Chef Riley Sanders, yang bersama-sama dengan tim andalannya mengelola dapur terbuka yang mempesona, membawa pengunjung di salah satu pengalaman gastronomi terbaik di Bangkok.

Sanders berasal dari Texas, dan setelah bertugas di restoran fusion Jepang Uchiko yang populer di Austin, dia mulai bekerja dengan chef peraih 3 bintang Michelin, Laurent Gras, di L20 yang terkenal di Chicago.

Namun, setelah memutuskan menghindari memanjat tangga profesional secara tradisional, dia alih-alih mendapat pekerjaan memasak di kapal pesiar pribadi, di mana ia diberikan kesempatan luas untuk berkreasi di dapur. Hal itu memungkinkannya untuk mengasah keahliannya lebih banyak.

Kanvas adalah produk Sanders yang menawarkan budaya kuliner menakjubkan, di mana ia mengangkat bahan-bahan lokal –dan sering kali unik– ke level baru.

Duduk di meja terbuka di sini adalah suatu kegembiraan, karena kamu bisa menyaksikan Sanders dan timnya beraksi, serta membagikan cerita di balik setiap hidangan yang disajikan.

TEMUKAN KEMEJA PRIA BAGUS UNTUK MAKAN MALAM FORMAL DI SINI

5. Gaggan

Restoran ini mendapat begitu banyak penghargaan setiap tahunnya, dan bahkan pernah ditunjuk sebagai “Restoran Terbaik di Asia” selama empat tahun berturut-turut dari 2015 hingga 2018.

Gaggan juga terdaftar sebagai Restoran Terbaik ke-7 di Dunia pada tahun 2017, dan satu-satunya restoran India yang disebutkan dalam 50 besar terbaik sejagat raya.

Tahun ini, Gaggan kembali meraih dua bintang Michelin yang bergengsi.

Sementara beberapa orang mengatakan bahwa Gaggan bukan benar-benar India, dan beberapa menyebutnya “molekul masala”, restoran yang menakjubkan ini tentu saja layak untuk dikunjungi.

Didirikan oleh Gaggan Anand, penduduk asli Kolkata yang diinternir dengan jagoan molekuler berbintang Michelin Ferran Adri di restoran El Bulli yang terkenal di Spanyol. Dia berhasil menghasilkan kreasi yang luar biasa seperti ayam tikka dengan busa kapiler ketumbar aromatik, atau daging kambing bhuna ghosh pot yang divakum kemas dan dididihkan dalam bak air selama 24 jam.

Bagi penggemar masakan yang inovatif dan progresif, Gaggan akan memesona seluruh indera, memberikan pengalaman bersantap yang tidak akan terlupakan.

Lebih baik menciipinya segera sekarang, karena Gaggan akan menutup restoran pada tahun 2020 untuk mengejar usaha kuliner lainnya.

PERLENGKAPAN TRAVELING PRAKTIS TERSEDIA LENGKAP DI SINI

6. Suhring

Thomas dan Mathias Sühring adalah pasangan kembar identik dan juga master chef. Mereka telah mengubah rumah vila tua mereka yang indah di Bangkok menjadi restoran taman, di mana mereka menyajikan hidangan Jerman dan Eropa yang terinspirasi oleh kenangan masa kecil mereka dan resep keluarga.

Diperbaharui dari satu menjadi dua bintang di Michelin Bangkok edisi ke-2, restoran ini terdiri dari rumah kaca taman musim dingin, yang menghadap ke taman, bersama dengan ruang makan yang elegan, serta dapur, di mana pengunjung dapat duduk di konter koki dan menonton set menu 9 atau 12 “Sühring Experience” disiapkan.

Ada juga a la carte yang menonjol seperti spatzle, hidangan mie telur Jerman selatan yang disajikan dengan truffle hitam, atau Himmel und Erde (Surga dan Bumi), dibuat dengan kentang renyah, puding hitam, dan apel hijau.

TEMUKAN ANEKA DRESS FORMAL MENARIK UNTUK MAKAN MALAM SPESIAL DI SINI

7. Sra Bua by Kiin Kiin

Mungkin lebih seperti pergi ke pertunjukan sulap daripada restoran ketika kamu melihat apa yang keluar dari dapur di Sra Bua by Kiin Kiin.

Dimodelkan atas restoran Kiin Kiin peraih banyak penghargaan di Denmark, yang diciptakan oleh koki Henrik Yde-Andersen dan Lertchai Treetawatchaiwong, seorang insinyur sekaligus ahli gastronomi Thailand –anak didik Andersen– Chef Chayawee Sutcharitchan di Sra Bua berangkat untuk membanjiri pelanggan dengan rasa yang luar biasa, serta tekstur dan presentasi menarik.

Mencicipi aneka menu kreatif di sini adalah seperti merasakan perjalanan gastronomi melalui semua masakan Thailand terbaik. Tidak seperti hidangan yang umum disajikan, ragam masakan Negeri Gajah Putih telah dipertahankan dan ditingkatkan sepenuhnya menjadi bentuk kontemporer yang berkesan.

Sebagai contoh, sup tom yum disajikan sebagai kaldu dengan mie udang disertai dengan semangkuk bahan seperti lengkuas dan serai, diubah bentuknya menjadi busa dan bubuk dingin. Campur keduanya dan kamu mendapatkan salah satu rendisi hidangan paling menakjubkan.

Hidangan khas lainnya adalah kari merah beku dengan lobster, di mana kari merah telah dibuat menjadi es krim beku bersama engan busa leci, di mana disajikan di atas piring yang diasapi dengan nitrogen cair.

Mangga dan ketan untuk hidangan penutup datang menyamar sebagai bola permen kapas, yang meledak ketika sirup dituangkan di atasnya, menunjukkan mangga di dalamnya.

Presentasi dan rasa makanan tidak lebih baik dari ini, dan Sra Bua benar-benar pengalaman bersantap ala Bangkok yang sayang untuk dilewatkan.

TEMUKAN ANEKA PAKET WISATA THAILAND YANG MENARIK DI SINI

Selain berkeliling mencicipi berbagai restoran peraih Bintang Michelin, kamu juga bisa menjelajah berbagai destinasi menarik di Bangkok, mulai dari aneka situs wisata bersejarah hingga ragam atraksi modern yang berkesan.

Menariknya lagi nih, Blibli.com punya banyak penawaran terbaik untuk liburan di Bangkok, dan Thailand pada umumnya. Paket wisata super lengkap? Check! Voucher menginap dengan harga istimewa? Check! Potongan harga terbaik untuk berbagai tiket wisata andalan di Negeri Gajah Putih? Check!

Lebih dari itu, kamu juga bisa berbelanja aneka perlengkapan wisata dengan harga kualitas dan harga terbaik di Blibli.com. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, siapkan rencana liburanmu ke Thailand sekarang!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY