Ini 7 Hal Penting yang Membuat Imlek Semakin Seru!

Sebentar lagi Tahun Baru Lunar akan tiba. Festival penyambut musim semi ini cenderung menjadi hari raya terbesar untuk masyarakat Asia Timur dan sebagian Asia Tenggara.

Di Jepang, festival ini dinamakan Oshogatsu yang artinya bulan pertama. Sedangkan di Korea disebut Seollal atau Tahun Baru Lunar. Orang Vietnam menyebutnya Tet Nguyen Dan yang berarti perayaan hari pertama. Orang Cina sendiri menyebutnya Chun Jie atau festival musim semi.

Apa sih yang dirayakan festival ini? Seperti Natal yang dimeriahkan dengan kado, pohon, dan Sinterklas, festival musim semi meriah karena tujuh hal ini!

1. Musim semi dan kebaruan

Berbagai sebutan untuk festival ini identik dengan kebaruan dan kelahiran musim yang baru. Oleh karena itu, tentu saja Hari Raya Imlek paling dimeriahkan oleh semangat musim baru!

Mungkin yang tinggal di kota-kota besar kurang terasa. Namun, buat yang tinggal di daerah lebih kecil bisa merasakan yang namanya angin musim semi.

Berbagai buah-buahan tumbuh bunganya. Bunga-bunga bermekaran. Rumput dan tanaman lainnya yang bangkit dari musim dingin/hujan dengan indah. Lebah dan kupu-kupu berdatangan. Otomatis mood orang jadi berkali-kali lipat lebih baik!

2. Tontonannya!

Tontonan perayaan musim semi itu banyak banget! Variasinya juga beragam. Biasnaya, di daerah yang lebih kecil dan tradisional, panggung-panggung didirikan untuk konser, pertunjukkan tarian, dan talkshow kecil-kecilan.

Di stasiun TV internasional, biasanya kita bisa melihat berbagai tontonan talkshow komedi yang lucu-lucu. Nggak jarang juga para artis (terutama Jepang dan Korea) mengadakan konser musik berbarengan.

Paling kece adalah filmnya. Banyak sekali film komedi lucu dari Hong Kong (terutama yang dimainkan Chow Yun-Fat dan Stephen Chow) yang dibuat khusus untuk Imlek.

3. Makanan dan minuman spesial

Menonton acara seru tentu nggak boleh ketinggalan makanan dan minuman. Seperti hari raya lainnya, Imlek juga identik dengan makanan dan minuman spesial.

Tergantung daerah tempat perayaan, makanan yang disajikan pun beragam. Mulai dari kue-kue kering, sampai masakan tradisional yang identik dengan beragam daging dan sayuran, petanda musim semi telah tiba.

Imlek juga merupakan saat para kakek mengeluarkan daun teh khusus untuk diminum bersama, orangtua mengeluarkan botol anggur yang disimpan lama, serta anak-anak minum soda yang biasa dilarang.

4. Petasan dan kembang api

Ketika malam hari pertama tiba, seperti pada hari raya lainnya, petasan dan kembang api akan terdengar di mana-mana. Namun bedanya, petasan tetap akan dimainkan bahkan sampai keesokannya.

Walau hanya berlaku untuk daerah dan tipe rumah tertentu sih. Tapi nggak jarang banget tradisi menyalakan petasan untuk memeriahkan musim semi ini masih berlanjut.

Bagaimanapun juga, dalam legendanya petasan merupakan senjata yang dipakai untuk mengusir monster Nian yang merupakan alasan pertama kali Imlek dirayakan. Jadi, nggak boleh ketinggalan!

5. Angpao

Via – mainhp.net

Kantong merah! Siapa yang nggak suka angpao? Mungkin kamu nggak suka angpao, tapi mungkin kamu suka isinya! Inilah hal yang bikin orangtua pusing satu dua hari sebelum perayaan Imlek.

Masalahnya, mereka harus memperkirakan berapa anak-anak saudara dan teman yang akan datang, kemudian mengalokasikan sejumlah dana untuk semua yang bersilaturahmi.

Bahkan, nggak jarang juga remaja-remaja berkumpul pada hari pertama dan kedua untuk keliling kota berburu angpao dari rumah teman-temannya.

Pada akhirnya, nggak penting sebenarnya isi di dalam angpao. Yang bikin seru adalah kegiatan memberi, berburu, dan mendapatkan yang dilakukan bersama-sama.

6. Berkumpulnya keluarga besar

Akan tetapi, pada akhirnya kemeriahaan hanya bisa didapatkan dari orang lain. Kalau Imlek hanya dilalui sebatang kara, maka sama saja seperti hari biasa.

Inti utama dari hari raya Imlek bukanlah menyambut musim semi saja. Namun, menyambut musim semi bersama-sama dan bahagia bersama keluarga dan teman terdekat.

Oleh karena itu, wajar saja di hari Imlek nanti setiap keluarga akan kedatangan saudara dari tempat jauh yang hanya ketemu satu tahun sekali. Berbagi cerita dari segala penjuru dan membuat semua yang kembali ke rumah nantinya berpikir:

“Inilah momen terbaik di musim semi”

7. Promo besar-besaran!

Last but not least, yang paling bikin Imlek seru tentu adalah promo di mana-mana! Bisa hemat dalam banyak barang favorit merupakan impian terutama untuk para ibu-ibu yang butuh belanja banyak dan mengalokasikan dana untuk memberi angpao!

Misalnya saja nih, Blibli.com sedang mengadakan promo Chinese New Year On Fire untuk menyambut tahun ayam api ini! Dalam promo ini, kamu bisa belanja berbagai produk pilihan hanya dengan Rp 10.000,- saja!

Nggak hanya itu, setiap harinya jam 10 pagi sampai tanggal 31 Januari, kamu bisa belanja berbagai produk dari bank pilihan dengan diskon 10%! Kurang baik lagi? Masih ada!

Setiap melakukan transaksi sebesar Rp. 500.000,- kamu akan mendapatkan satu buah token yang bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah, mulai dari voucher, koper, sampai rice cooker! Buruan kumpulkan 10 token sebelum promonya berakhir!

Tahun Baru Imlek memang seru banget. Tanpa 7 hal di atas, mungkin festival musim semi akan terasa biasa dan hampa. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin merayakan bersama orang terdekat dan menikmati hal-hal di atas, cobalah alokasikan cuti dari sekarang! Selamat Tahun Baru Imlek!

8. - May 20, 2019