Sebagai bahasa universal, bahasa Inggris bukan lagi menjadi bahasa yang sebaiknya dipelajari, tapi merupakan bahasa yang wajib dikuasai. Dengan menguasainya, setidaknya kamu akan selangkah lebih siap untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), atau berbicara dengan bule di bandara.

Sayang sekali kalau kamu sebenarnya memiliki potensi yang besar, namun nggak diterima kerja atau jadi nggak bisa berbisnis hanya karena nggak fasih berbahasa Inggris?

Belajar berbahasa Inggris nggak susah kok, buktinya, ini 7 cara unik untuk mempertajam kemampuan bahasa Inggris kamu!

1. Mengunjungi negara-negara berbahasa InggrisinggrisCara terbaik untuk mempelajari sebuah bahasa adalah dengan berada di tempat dimana bahasa itu digunakan. Pergilah ke Amerika, Inggris, atau Australia agar kamu bisa langsung mendengar percakapan yang terjadi secara live dan terus menerus.

Dengan begitu, kamu juga akan ‘terpaksa’ belajar menggunakan bahasa Inggris sehari-hari. Nggak mau kan mati kelaparan karena nggak bisa ngomong sama pelayan restorannya?

Kamu bisa berlibur ke negara-negara tersebut. Tapi, lebih baik lagi kalau kamu tinggal agak lebih lama di sana. Mungkin kamu bisa lanjut kuliah di sana? Atau mengikuti program pertukaran pelajar?

Nah, ketika kamu berlibur atau tinggal di negara-negara tersebut, kamu bisa menggunakan jasa seorang tour guide lokal dan menjalin percakapan dengannya sekaligus mempelajari lebih dalam tentang tempat tersebut.

2. Berteman dengan buleberteman-dengan-bule

Kamu juga bisa mulai aktif dalam komunitas-komunitas traveler secara online maupun offiline. Dalam komunitas seperti ini, kamu akan bertemu para traveler dari berbagai penjuru dunia yang mau bertemu, bahkan memberikan tumpangan tempat tinggal ketika kamu mengunjungi negara mereka.

Kamu pun bisa menawarkan hal yang sama. Ketika mereka datang mengunjungi Jakarta, jadilah tuan rumah yang baik. Dengan begitu kamu akan berlatih percakapan dengan bahasa Inggris.

Ketika kamu traveling ke negara mereka, kamu juga jadi punya teman untuk diajak ngobrol dan nggak jadi traveler ‘bisu’. Lagipula, lumayan kan nginap gratis?

3. Nonton film barat (berbahasa Inggris) tentunyafilmKalau kamu lagi nggak bisa meninggalkan tanah airmu ini, cobalah menonton banyak film barat. Tapi, usahakan untuk menghilangkan kebiasaan menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Gunakan subtitle bahasa Inggris, kemudian hilangkan subtitle sama sekali.

Jika kamu benar-benar sulit memahaminya, kamu bisa menonton filmnya 2 kali, pertama dengan subtitle bahasa Indonesia, kemudian subtitle bahasa Inggris.

Tujuannya, agar kamu paham dan hafal dulu apa yang dibicarakan dalam film tersebut pada awalnya. Kemudian, ketika kamu mengganti menjadi subtitle bahasa Inggris, kamu jadi bisa mencocokkannya, sehingga kamu jadi tahu bagaimana mengucapkannya dalam bahasa Inggris.

Selagi nonton, jangan lupa untuk mencoba menirukan setiap pengucapannya. Niscaya, kamu nggak hanya bisa bahasanya, tapi langsung punya aksen yang cakep juga guys.


BACA JUGA Nonton Chelsea F.C. Live di Stamford Bridge ala Penduduk Lokal


4. Nyanyi lagu baratpenyanyiKamu suka musik ber-genre apa? Hmmm, kalau dangdut memang susah sih dicari di negara-negara barat. Tapi, genre-genre lainnya cukup beragam kok. Saat mendengarkan lagu barat, jangan hanya joget-joget aja. Dengarkan baik-baik lirik lagunya.

Jika masih sulit bagi kamu untuk menangkap setiap kata-katanya, kamu bisa langsung tanyakan ke mbah Google lirik lagu tersebut. Kalau sudah ketemu, baca, dalami, cari artinya, sekalian sambil nyanyi sepenuh hati untuk melatih pengucapan kamu…. Sekalian melatih suara kamu lah ya.

5. Membaca literatur berbahasa Inggrismembaca-literaturIsi dari sebuah buku cenderung memiliki bahasa yang baku, sehingga kamu dapat mempelajari bahasa Inggris yang baik dan benar. Lagipula, banyak buku bagus yang tidak diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Siapkan sebuah kamus yang lengkap, seperti yang satu ini saat membaca dan jangan malas untuk langsung membukanya ketika menemukan kata yang sulit. Kalau kamu hanya mencatat kata-kata tersebut, kamu akan lupa dengan isi dan penggunaanya, walaupun kamu ingat untuk mengartikannya dengan kamus nanti.

Jika kamu bukan tipe orang yang senang membaca buku, kamu bisa mencoba untuk membaca berita-berita atau artikel online yang menarik seperti The Huffington Post , The New York Times , dan Buzzfeed. Lumayan kan bisa nambah-nambah pengetahuan umum dan jadi lebih up-to-date.

6. Bermain ScrabblescrabbleScrabble adalah sebuah board game dengan konsep menggabungkan huruf-huruf yang didapatkan secara acak untuk menjadi sebuah kata di atas papannya. Bermain Scrabble memang tidak akan melatih kemampuan kamu berbicara, namun akan memperkaya kosa kata kamu.

Ayo cari teman kamu yang jago main Scrabble dan ajak mereka main. Kamu nggak harus menang, tapi gunakan setiap kesempatan untuk bisa belajar. Setelah permainan selesai, foto papan Scrabble kamu. Setelah itu, jangan lupa untuk mencari arti kata-kata yang ada pada papan Scrabble tersebut di kamus dan mencoba menggunakannya.

7. Tulis diary dengan bahasa InggrisdiaryJangan eneg dulu. Diary nggak melulu berisi curhatan tentang gebetan yang tambah cakep karena habis cukuran hari ini. Kamu bisa curhat atau sekedar menulis jurnal kegiatan kamu setiap hari. Kamu juga bisa mencantumkan hal-hal yang perlu kamu ingat untuk kemudian hari.

Buatlah tulisan yang beralur seperti menceritakan sesuatu. Dan tentunya tuliskan semua dalam bahasa Inggris. Otak kamu akan dilatih untuk mengeluarkan kata-kata yang pernah kamu pelajari menjadi kalimat. Kamu juga bisa belajar menjadi penulis nih.

Nah, belajar bahasa Inggris tuh bisa jadi seru kan? Kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai sambil belajar dan mengasah skill yang lain. Selain itu, kamu juga belajar bersosialisasi dan memperoleh banyak teman dari belahan dunia lain serta mempelajari kehidupan dan budaya mereka. Sekarang, nggak ada alasan lagi untuk nggak bisa berbahasa Inggris.

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY