Ingin Hasil Fotomu Instagramable? Coba Trik Membuat Foto Bokeh dengan Kamera Digital Ini!

membuat foto bokeh

Dengan kehadiran media sosial Instagram, setiap orang berlomba-lomba untuk membuat konten foto yang menarik. Caranya banyak, misalnya dengan pergi ke tempat-tempat anti-mainstream atau meningkatkan estetika foto dengan berbagai trik dan hasil edit. Kamu juga bisa melakukannya, lho! Supaya hasil jepretanmu lebih apik dan Instagramable, Blibli Friends akan memberikan cara mudah membuat foto bokeh dengan kamera digital.

Foto bokeh sendiri adalah foto dimana objek foto terlihat fokus dan latar belakangnya terlihat lebih blur, sehingga objek utama menonjol sebagai pusat perhatian. Udah siap berlatih membuat foto bokeh pakai kamera digital? Ini dia cara-caranya!

CEK DULU KOLEKSI KAMERA DIGITAL TERBARU DI BLIBLI.COM

1. Atur kamera ke tingkat aperture terkecil

membuat foto bokeh
Via – Vancouver Photowalks

Setiap kamera digital, baik itu kamera mirrorless, kamera pocket atau DSLR pasti memiliki pengaturan aperture, yaitu yang ditandai dengan huruf f, misalnya f/5. Semakin tinggi angka aperture, semakin kecil pembukaan lensa. Semakin kecil pembukaan lensa, hasil foto akan terlihat semakin mendetail.

Oleh karena itu, untuk membuat foto bokeh dengan kamera digital, aturlah aperture lensa ke angka yang paling kecil, sehingga menghasilkan bukaan maksimal. Jika kamu ingin latar belakang foto terlihat semakin blur, kamu bisa mengganti lensa kamera dengan aperture yang lebih kecil, seperti lensa f/1.8 yang pastinya memberikan hasil lebih baik daripada f/5.

PILIHAN LENSA KAMERA TERBAIK BISA KAMU TEMUKAN DI SINI

2. Gunakan lensa dengan focal length terpanjang

membuat foto bokeh
Via – Colesclassroom

Untuk membuat foto bokeh terbaik, kamu harus memperhatikan spesifikasi lensa kamera, bukan pada kameranya sendiri. Pada dasarnya, mau sebagus apapun kamera digital, jika tidak dilengkapi dengan lensa yang cocok, maka hasil foto bokeh juga tidak akan maksimal.

Agar depth of field antara subjek foto dan latar belakang terlihat makin terpisah, gunakanlah lensa dengan focal length terpanjang. Misalnya jika kamu memiliki lensa Canon 25-250mm, maka aturlah focal length di posisi 250mm agar hasil foto lebih baik. Antara lensa 35mm dan 18-105mm, bisa ditebak bahwa lensa kedua akan menghasilkan foto bokeh yang lebih optimal. Untuk itu, bawalah lensa kamera yang sesuai sebelum kamu hunting foto bokeh ya!

TEMUKAN LENSA KAMERA YANG PAS DENGAN KEBUTUHANMU

3. Mendekat ke objek foto

membuat foto bokeh
Via – Befunky

Setelah dibantu dengan lensa kamera yang cocok, kamu juga harus mempelajari trik manual untuk membuat foto bokeh dengan kamera digital. Semakin dekat jarakmu dengan obyek foto, maka secara otomatis background foto akan terlihat semakin blur. Maka, jika ingin foto bokehmu terlihat ciamik, jangan takut untuk maju-mundur menentukan posisi yang pas sebelum menjepret sesuatu.

KAMERA MIRRORLESS CANGGIH UNTUK MENEMANIMU HUNTING FOTO

4. Menambah jarak antara objek foto dan latar belakang

membuat foto bokeh
Via – Diyphotography

Untuk membuat foto bokeh lebih maksimal, kamu juga bisa merekayasa jarak antara objek foto dengan latar belakang. Semakin jauh jarak antara objek foto dan background, semakin apik foto bokeh yang kamu hasilkan. Karena itulah, background yang paling cocok untuk foto bokeh biasanya adalah lanskap alam atau pemandangan luas, bukan seperti dinding mural yang flat. Agar lebih simpel, ingat-ingat saja bahwa jarak antara kamu sebagai fotografer dengan objek foto harus lebih pendek dibandingkan jarak antara objek foto dengan background. Mudah kan?

DAPETIN KAMERA DIGITAL DENGAN HARGA SPESIAL


Nah, ternyata nggak perlu jadi fotografer profesional dulu kan untuk bisa membuat foto bokeh dengan kamera digital? Faktanya, kamu bisa menjepret foto bokeh dengan beberapa trik mudah tadi! Selain harus memilih lensa yang tepat, kamu juga harus memahami pengaturan aperture dan jarak. Tapi lebih pentingnya lagi, kamu wajib sering-sering berlatih supaya semakin terbiasa membuat foto bokeh dengan kamera digital kesayanganmu!

Ingin nambah skill sekalian memotivasi diri? Ayo ikutan Photo Bokeh Competition di Blibli.com! Kamu bisa upload foto bokehmu sebanyak-banyaknya dari 6-28 Juni 2018 untuk mendapatkan hadiah jalan-jalan ke Raja Ampat, Samsung Galaxy 9, atau Samsung J7 Duo.

Nggak sabar mau cobain semua trik dan tips tadi? Langsung aja ke #BlibliSekarang dan temukan kamera digital serta lensa kamera yang sesuai kebutuhanmu!

CEK DI SINI KATALOG LENGKAP LENSA KAMERA DI BLIBLI.COM

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY