Tren Gendongan Depan Bayi. Model Apa Saja yang Ngehits?

Photo by Kurio.id

Zaman sekarang, pilihan model gendongan depan bayi semakin beragam. Moms mau yang seperti apa? Semua ada. Mulai dari gendongan yang menawarkan bahan elastis yang kuat, desain yang mementingkan kenyamanan ibu dan bayi, hingga pilihan warna yang trendi.

Nah, dari sekian banyak pilihan, Moms tentu ingin memiliki gendongan bayi terbaik. Maka, Moms perlu memahami kelebihan, kekurangan, hingga cara pakainya. Yuk, simak ulasan gendongan depan bayi kekinian yang paling ngehits berikut ini.

Ring Sling

Photo by Instagram – @tweelingandco

Hayo, siapa yang nggak bisa pakai kain jarik untuk menggendong bayi? Nah, gendongan depan model ring sling ini ngehits di kalangan Moms yang sering gagal paham membuat simpul kain jarik sehingga gendongannya melorot terus. Gendongan model ring sling memiliki lingkaran di salah satu ujung kain. Kedua ring tersebut digunakan untuk mengaitkan ujung kain lainnya dan menahan kain tersebut agar tidak mudah lepas.

Oh ya, gendongan model ring sling ini memungkinan Moms mengatur panjang pendek kain. Jadi, gendongan bisa muat buat anak baru lahir hingga usia 3 tahun dengan berat maksimal 18 kilogram. Namun, gendongan tipe ring sling hanya menumpukan beban pada satu di bagian bahu saja, sehingga lama-kelamaan Moms akan merasakan ketidaknyamanan. Apalagi jika gendongan bergeser, dan ring tepat berada di bahu, pundak Moms akan terasa sakit.

GENDONGAN TWEELING & CO INI DILENGKAPI RING SUPER KUAT UNTUK MENJAGA KEAMANAN BAYI SAAT DIGENDONG.

Pouch Sling

Photo by Instagram – @vatemat

Ini adalah gendongan depan kekinian yang anti-ribet. Gendongan pouch sling merupakan kain elastis yang sudah dijahit di ujungnya. Cara pakainya hanya dengan mengalungkan kain di badan, lalu meletakkan bayi di gendongan. Bahan kain dan kekuatan jahitan dibuat sedemikian hingga bisa mengangkat beban bayi berumur 4 bulan sampai anak usia 5 tahun dengan berat maksimal 20 kilogram.

Prinsip gendongan model pouch sling sebenarnya sama dengan tipe ring sling. Beban berat bayi hanya tertumpu pada satu pundak Moms saja, sehingga tidak disarankan untuk dipakai dalam waktu lama. Selain itu, gendongan dibuat dalam ukuran tertentu, sehingga memiliki masa penggunaan yang terbatas. Jika Moms membeli pouch sling ukuran kecil, maka gendongan ini tidak bisa dipakai lagi ketika anak sudah semakin besar.

MOBY EVOLUTION WRAP INI DIBUAT DENGAN BAHAN YANG LEMBUT SEHINGGA NYAMAN DIGUNAKAN UNTUK BAYI.

Stretchy Wrap

Photo by Instagram – @official_hanaroo

Gendongan stretchy wrap yang ngehits sejak beberapa tahun lalu ini merupakan kain panjang yang elastis dan lembut, tanpa jepitan, cincin, sabuk, dan lainnya. Cara memakainya dengan melilitkan kain tersebut ke bahu dan pinggang, dengan menyisakan ruang kantong di depan dada agar bayi bisa masuk gendongan. Meski cara pakainya terasa ribet, percayalah lilitan yang Moms buat di bahu dan ikatan di pinggang membuat beban bayi terdistribusi ke dua area tubuh tersebut.

Cara mengendong bayi dengan gendongan stretchy wrap disebut-sebut baik untuk memaksimalkan skin-to-skin antara Moms dan si kecil. Gendongan ini cocok buat anak baru lahir hingga berusia tiga tahun dengan berat maksimal 18 kilogram. Kekurangan utama dari gendongan model ini adalah kerumitan cara pakainya. Apalagi jika Moms melepas dan memakai gendongan ini di tempat umum, maka kain akan menjulur hingga ke lantai dan menjadi kotor.

GENDONGAN BAYI KANGURU HANAROO INI DIRANCANG DENGAN ENAM CARA MENGGENDEONG YANG BERBEDA.

Soft Structure Carrier (SSC)

Photo by Pexels

SSC adalah gendongan bayi yang terdiri dari dua tali bahu dan ikat pinggang yang dilengkapi bantalan yang empuk jika dikenakan oleh orang yang menggendong. Sementara tempat dudukan bayi pun empuk, dan dilengkapi dengan panel belakang untuk bersandar. Saat menggendong bayi dengan SSC, Moms seperti sedang membawa ransel.

Gendongan tipe SSC bisa digunakan dengan mudah dan cepat. Moms bisa menggendong bayi menghadap dada atau ke depan sehingga si kecil bisa melihat pemandangan. Gendongan ini cocok untuk anak usia lima bulan ke atas dengan berat maksimal 11 kilogram. Namun, gendongan ini tidak disarankan untuk bayi baru lahir.

MAU CARI GENDONGAN BAYI YANG AMAN DAN NYAMAN? INI PILIHAN GENDONGAN DARI ERGOBABY

Hipseat

Photo by Instagram – @ergobaby

Gendongan depan bayi model hipseat sebenarnya mirip dengan tipe SSC. Hanya saja, pada bagian bawah gendongan dilengkapi tempat duduk untuk bayi. Dengan gendongan hipseat, posisi kaki bayi yang digendong bisa terbuka secara alami dengan pangkal paha dan lutut menekuk. Maka, gendongan ini paling cocok digunakan untuk anak yang sudah memasuki usia empat hingga enam bulan, ketika si kecil sudah bisa membuka kakinya dengan lebar.

Jadi, Moms yang ingin menggunakan gendongan tipe hipseat harus benar-benar memerhatikan usia dan perkembangan anak. Gendongan ini tidak bisa dipakai untuk bayi baru lahir. Selain itu, Moms dapat menggendong bayi dengan gendongan hipseat jika kepalanya sudah bisa diangkat dengan baik. Oh ya, kalau mau menggendong bayi mengarah ke depan, sebaiknya maksimal hanya 15-30 menit saja agar anak tidak terstimulasi secara berlebihan.

GENDONGAN HIPSEAT DARI MOOIMOM INI DILENGKAPI TALI BAHU YANG EMPUK, LEBAR, DAN DAPAT DIATUR

Mei-Tai

Photo by Diva Milano

Gendongan ini terinspirasi dari gendongan tradisional China. Modelnya didesain lebih modern agar bisa digunakan oleh ibu-ibu masa kini. Sekilas, gendongan mei-tai mirip dengan SSC. Namun, gendongan ini dilengkapi tali agar bisa disesuaikan dengan beban tubuh anak dan kenyamanan ibu.

Seperti halnya SSC, gendongan mei-tai juga cocok buat anak mulai usia lima bulan ke atas, dan berat maksimal 11 kilogram. Tapi, gendongan ini tidak cocok buat Moms yang suka kepraktisan.

GENDONGAN DARI BABYBJORN INI DILENGKAPI FITUR EMPAT POSISI GENDONG.

Berbagai pilihan gendongan bayi kekinian membantu meringankan beban para orangtua yang harus beraktivitas sambil momong bayi secara bersamaan. Selain itu, gendongan bayi mendukung kedekatan antara orangtua dan anak, dan membuat si kecil menjadi lebih nyaman karena dekat dengan ibu dan ayahnya.

Mengingat pentingnya menggendong untuk mempererat bonding antara orangtua dan anak, maka gendongan bayi menjadi salah satu benda yang perlu disediakan menjelang kelahiran si kecil. Moms bisa memilih dan memesan gendongan terbaik sesuai

usia bayi di Blibli.com. Blibli.com akan melayani Moms menawarkan variasi produk yang 100% original buat pelanggan setia seperti Moms dan keluarga.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY