Inilah Manfaat Balance Bike Buat Anak!

Moms pasti sudah tahu fenomena balance bike yang nge-hits banget akhir-akhir ini. Balance bike adalah sepeda dua roda tanpa pedal yang dirancang untuk anak mulai usia 18 bulan. Sepeda ini didesain dengan sadel yang cukup rendah sehingga kaki pengendaranya bisa menyentuh tanah. Dengan begitu, anak-anak bisa menggunakan kakinya untuk mendorong sepeda.

Sepeda tanpa pedal ini sedang tren dalam beberapa tahun belakangan. Saking populernya, Moms bisa melihat balance bike di mana-mana. Mulai dari iklan yang terselip di antara deretan linimasa media sosial hingga garasi tetangga.

Tapi, ibu pintar seperti Moms tentu tak mau sekadar mengikuti arus. Moms perlu tahu manfaat balance bike untuk balita sebelum benar-benar yakin membelinya untuk si kecil.

Mengasah Keterampilan Motorik

Photo via pexels.com

Sejak kecil, anak-anak berusaha memperkuat otot-otot tubuhnya untuk duduk, berjalan, berlari, memanjat, hingga bisa melakukan olahraga. Sementara itu, Moms juga membantu anak mengasah keterampilan motorik dengan mengajaknya bermain, dan mendorongnya untuk bereksplorasi di luar rumah.

Nah, balance bike ini bisa jadi alat yang bagus untuk membangun kekuatan otot tubuh dan menyempurnakan keterampilan motorik anak-anak. Saat mengendarai sepeda keseimbangan, tangan anak akan menggenggam dan berusaha menjaga stang tetap pada arah yang benar. Sementara pergerakan kaki yang dilakukan terus-menerus akan memperkuat bagian bawah tubuhnya. Dengan kekuatan dan kemampuan motorik lebih baik, maka akan mendukung aktivitas bermain, belajar dan bersosialisasi.

MOMS BISA TEMUKAN LONDON TAXI KICKBIKE YANG ASLI DI SINI.

Melatih Koordinasi dan Fokus

Main balance bike juga butuh kordinasi antara otak dan tubuh. Otak yang memerintahkan tubuh untuk bergerak seimbang, berbelok, dan mengerem. Makanya, saat mengendarai sepeda keseimbangan, anak juga harus fokus dan berkonsentrasi agar bisa mengendalikan diri.

Latihan konsentrasi ini penting untuk mendukung proses belajar anak lho. Moms tahu sendiri kalau anak-anak masih sering terganggu dengan hal-hal yang lebih menarik di sekitarnya. Tetapi, jika terbiasa fokus, anak-anak akan berusaha menyelesaikan tugas-tugas sampai tuntas.

DI SINI, ADA BANYAK PILIHAN THRILL BALANCE BIKE BUAT SI KECIL.

Latihan Keseimbangan

Photo via instagram

Coba Moms perhatikan saat pertama mengendarai balance bike, anak selalu menggunakan kakinya dengan cara berjalan perlahan untuk mendorong sepeda agar bisa maju. Ketika sudah terbiasa, gerakan kaki si kecil akan semakin cepat seperti sedang berlari bersama sepedanya. Sebelum Moms menyadari, akhirnya ia akan mengangkat kakinya dan membiarkan sepeda melaju sendiri. Pada saat itulah, ia sudah mengetahui cara menyeimbangkan diri di atas sepeda.

Kabar baiknya, latihan keseimbangan dengan balance bike ini memiliki risiko cedera yang kecil. Anak-anak bisa mengontrol kecepatan sepeda dengan kakinya, sehingga tidak mungkin melaju terlalu cepat. Selain itu, desain sepeda yang kecil memungkinkan kakinya segera menapak tanah untuk menahan diri dari ketika akan jatuh. Tapi, Moms tetap perlu memakaikan helm, pelindung siku dan lutut saat si kecil bersepeda ya.

BIAR BISA MAIN BALANCE BIKE DENGAN AMAN, PAKAI PELINDUNG SIKU DAN LUTUT DARI ROCKBROS INI.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Semua orang menyimpan rasa takut saat mencoba sesuatu yang baru, termasuk anak-anak. Ketika si kecil mulai mengendarai balance bike barunya, pasti akan menunjukkan kecemasan akan jatuh atau terluka. Tetapi, Moms bisa terus membantu memberi semangat agar ia mau mencoba lagi dan lagi.

Saat si kecil berhasil mengendarai balance bike, maka rasa takutnya mulai hilang berganti dengan keyakinan. Dari sini, rasa percaya dirinya akan tumbuh. Ia akan lebih berani mencoba hal baru lainnya. Jadi, bagaimana kalau langsung lanjut belajar sepeda roda dua?

JANGAN LUPA PAKAI HELM SEPEDA DARI MEXEL INI SAAT BELAJAR BALANCE BIKE.

Memudahkan Belajar Sepeda Roda Dua 

Photo via pexels.com

Tahukah Moms kalau anak-anak yang sudah mengenal balance bike sejak dini akan lebih mudah mengendarai sepeda roda dua lebih cepat? Bahkan, mereka bisa belajar sepeda roda dua tanpa roda bantu lho!

Soalnya, dengan balance bike, anak-anak itu sudah paham tentang konsep keseimbangan dan dasar keamanan dalam mengendarai sepeda. Ketika anak dapat menjaga posisi tubuh di atas sepeda, ia tinggal belajar menggowes saja.

INILAH BALANCE BIKE DARI ELEMENT MTB YANG COCOK BUAT SI KECIL.

Bermain sepeda keseimbangan bisa jadi kesempatan buat si kecil untuk berolahraga di luar rumah. Ia akan menemukan kegiatan lebih menyenangkan dan menarik ketimbang hanya berkutat dengan gadget di kamar. Selain itu, setiap kali berlatih, Moms akan selalu setia menemaninya. Jadi, aktivitas dengan balance bike bisa membangun kedekatan antara orangtua dan anak.

Jadi, apakah Moms sudah yakin untuk memberikan hadiah balance bike untuk anak? Moms bisa cari beragam pilihan balance bike dari merek ternama yang 100 persen original di Blibli.com. Kalau Moms butuh sekarang, Blibli.com akan segera mengantarnya ke depan pintu rumah Moms dengan pelayanan pengiriman cepat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY