Ada banyak cara untuk memperkenalkan alam kepada si kecil. Mulai dari jalan-jalan di sekitar rumah hingga eksplor alam bebas sekalian, misalnya hiking. Jangan bayangkan repotnya membawa si kecil hiking sebelum mencobanya.

Dengan membawa si kecil hiking, moms bisa mengajaknya belajar sekaligus rekreasi. Bahagia, kan kalau si kecil makin pintar dan bahagia? Tenang, 5 traveling essentials ini bisa membantu hiking bersama si kecil lebih mudah dan menyenangkan, kok!

YUK, JALAN-JALAN MENGHIRUP UDARA SEGAR BERSAMA SI KECIL!

1. Sepatu olahraga

traveling essentials
Via – Cottage Life

Pastikan kaki si kecil terlindungi dari batu, semak, atau barang lainnya yang bisa melukai kaki mungilnya! Untuk itu, si kecil harus menggunakan sepatu olahraga yang dirancang khusus untuk bergerak aktif sehingga kakinya nggak kepanasan setelah berjalan panjang, misalnya adidas Racer TR Infant Kids Shoes DB1872.

Cara mengetahui sepatu yang cocok untuk anak adalah mengukur panjang dan lebar kakinya. Periksa ujung jari kakinya dan pastikan jaraknya nggak terlalu dekat ataupun jauh dari ujung sepatu. Jangan lupa gunakan kaos kaki yang tebal supaya kakinya nggak lecet, ya moms!

JANGAN GUNAKAN SEPATU BERSOL LICIN, CARI SEPATU HIKING UNTUK ANAK DI SINI!

2. Tisu kering dan tisu basah

traveling essentials
Via – Government of BC

Di alam, jangan pakai sabun atau shampoo, ya moms. Gunakan tisu kering dan basah aja. Jangan lupa bawa kantong plastik untuk menyimpan sampah selama perjalanan hiking. Ketiganya merupakan traveling essentials yang wajib moms sediakan supaya bisa hiking seru tanpa mencemari lingkungan!

Kalau menurut moms membawa tisu masih kurang ramah lingkungan, moms bisa memilih handuk kecil untuk melap keringat dan membasuh tubuh si kecil. Apalagi si kecil yang masih belajar makan sendiri sering membuat baju dan badannya kotor.

BELANJA PERALATAN MANDI ANAK DI SINI AJA!

3. Pakaian ganti

traveling essentials
Via – Ladurns

Salah satu hiking essentials yang perlu dilakukan adalah bermain di alam bebas! Tapi, tentunya bermain nggak terlepas dari berkotor-kotoran. Kalau ada kesempatan, mungkin moms bisa ajak si kecil bermain di sungai atau air terjun yang aman untuk dikunjungi.

Jadi, jangan lupa bawa pakaian ganti untuk si kecil ketika menyiapkan baju hiking-nya. Masukkan kaos, celana, dan dalaman ganti ke dalam tasnya. Juga bawa minyak kayu putih Caplang untuk meredakan gatal dan perut kembung.

PERSIAPAN HIKING UDAH LENGKAP? CEK DI SINI!

4. Peralatan makan

traveling essentials
Via – Squaw Valley

Untuk si kecil yang masih belajar makan sendiri, sediakan peralatan makan yang memadai. Misalnya, tempat makanan anak, sendok dan garpu, dan botol minum bersedotan seperti Munchkin Click Lock Dora Insulated Flip Strawcup.

Kalau moms mau mengajak si kecil yang masih menyusui, botol susu menjadi traveling essentials yang nggak boleh terlupakan! Sesuaikan dengan durasi hiking dan kebutuhan si kecil. Biar lebih gemas, bawa botol Babysafe Ap001 Feeding Bottle yang temanya sesuai banget sama kegiatan hiking, yuk!

BOTOL SUSU SEKALIGUS MAINAN, ANAK PASTI SUKA!

5. Tas ransel

traveling essentials
Via – The Adventure Junkies

Moms nggak harus membawa semua keperluan moms dan si kecil dalam satu tas yang sama. Moms bisa ajarkan berbagi tanggung jawab kepada si kecil dengan memberikan mereka tas ransel masing-masing. Tas ransel jadi traveling essentials yang akan meringankan beban bersama, lho.

Isi tas ransel si kecil dengan pakaian gantinya, botol minum, popok, dan jas hujan kalau nggak terlalu berat. Bawa tas ransel yang bermuatan besar dan lucu seperti Stephen Joseph SJ1020-17 SideKicks Backpack Dog!

BANTU PERKEMBANGAN SI KECIL DENGAN JALAN-JALAN DI ALAM BEBAS!


Moms udah terbiasa hiking dan mau membawa si kecil yang belum bisa berjalan? Bisa! Moms bisa membawa si kecil dengan Dialogue Baby Plain Color 01 Hipseat Baby Carrier. Tapi, jangan terlalu memaksakan diri, ya moms.

Yang penting, moms harus persiapkan diri dan traveling essentials dari sekarang supaya pengalaman pertama hiking si kecil berkesan dan nggak terlupakan hingga dewasa nanti. Lengkapi semua traveling essentials untuk hiking bersama si kecil di #BlibliSekarang, yuk!

MOMS BISA DAPATKAN TRAVELING ESSENTIALS KE MANA PUN DI SINI!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY