Tradisi Imlek di Indonesia dan Maknanya

tradisi imlek
Image Source: Littlepasport

Tahun Baru China menjadi salah satu momen yang sangat ditunggu, terutama oleh masyarakat Tionghoa. Termasuk bagi masyarakat Indonesia keturunan Tionghoa, tentu setiap tahunnya ada tradisi Imlek di Indonesia. Nah, sebenarnya istilah “Imlek” itu bukan sebutan untuk perayaan tahun baru China. Sebab, istilah tersebut berasal dari Bahasa Hokkien dan hanya orang Indonesia yang mengetahui serta menggunakannya.

Kalau orang Tiongkok sendiri menamainya dengan “Guo Nian” atau “Xin Jia” yang artinya “lewati bulan atau bulan baru”. Sementara, di luar, perayaan ini biasa dikenal dengan sebutan Chinese New Year. Biasanya, orang Barat yang menggunakan istilah tersebut. Perayaan Imlek sudah ada sejak 4.000 tahun yang lalu. Kemudian, seiring berkembangnya zaman, tradisi baru terus terbentuk, yang akhirnya menjadi turun-temurun serta wajib dilakukan saat Imlek. Mari simak tradisi Imlek yang ada di Indonesia.


 

  1. Memakai Baju Baru

BLF Woman Tiana Cheongsam Dress
BLF Woman Tiana Cheongsam Dress

Blibli Friends bisa rayakan Imlek dengan mengenakan baju baru. Untuk menyambut tahun yang baru. Juga dengan semangat dan harapan baru. Biasanya, karena Imlek identik dengan warna merah, maka baju yang pas dikenakan juga satu tema dengan tradisi tersebut. Baju ini bisa berupa kemeja untuk pria, dress untuk wanita sampai pakaian anak-anak. Kamu bisa pilih model baju yang kekinian dan modern.

TEMUKAN BAJU CHEONGSAM DENGAN KUALITAS TERBAIK DI SINI

  1. Menghias Rumah

dekorasi imlek

Selanjutnya, membersihkan dan menghias rumah juga menjadi tradisi yang biasa dilakukan saat Imlek. Biasanya, masyarakat Tionghoa akan menata dekorasi dan memberi hiasan Imlek di setiap sudut rumah. Misalnya, mengecat ulang pintu dan jendela, kemudian menempelinya dengan kertas bertuliskan kata-kata atau kalimat yang baik. Hiasan Imlek sebagian besar berwarna merah karena melambangkan kesejahteraan, kekuatan dan keberuntungan.

TEMUKAN LAMPION IMLEK BERKUALITAS DI SINI

  1. Masak Menu Imlek

tradisi imlek
Image Source: Shutterstock

Seperti halnya hari raya pada umumnya. Selalu ada masakan menu kuliner Imlek di rumah-rumah masyarakat Tionghoa. Soalnya nggak lengkap tanpa hidangan khas ini. Biasanya yang paling khas saat Imlek adalah kue keranjang dan jeruk yang memang wajib ada. Menurut tradisi Tionghoa, ada 12 jenis makanan sesuai lambang shio yang masing-masing juga punya makna sendiri. Contohnya, mie menjadi lambang panjang umur dan disantap tanpa boleh dipotong, lalu kue lapis berarti rezeki yang berlapis-lapis.

  1. Siapin Angpao

filosofi angpao
Image Source: shutterstock

Mirip dengan Lebaran, tradisi pemberian angpao juga nggak mungkin dilewatkan. Biasanya, angpao diberikan oleh orang yang sudah menikah. Sementara, yang diberi adalah anak-anak, orang tua serta orang yang belum menikah. Angpao diberikan dengan tujuan berbagi kesejahteraan dan juga sebagai harapan agar bertemu jodoh. Umumnya, angpao dimasukkan ke dalam amplop warna merah. Nah, amplop angpao ini bisa kamu beli online juga, lho, dengan desain yang bervariasi.

TEMUKAN ANGPAO IMLEK DENGAN DESAIN MENARIK DI SINI

  1. Kionghi

Kionghi
Image Source: Littlepasport

Kionghi atau Kiong Hi adalah ucapan selamat yang sebenarnya untuk Imlek. Artinya kurang lebih “Selamat menyambut musim semi”. Seperti halnya menyambut tahun yang baru, maka selain mendekorasi rumah dengan hiasan khas Imlek, maka ini juga menjadi momentum untuk beli furniture baru. Jadi, saatnya mengganti perabotan furnitur di rumah dengan yang baru, atau menambah dan melengkapi yang sudah ada.

TERMUKAN FURNITURE TERBAIK DI SINI


 

Cukup unik, ya, tradisi Imlek di Indonesia. Bagi kamu yang biasa merayakannya setiap tahun, mungkin ini sudah nggak asing buatmu. Nah, biar Imlek kamu tahun ini terasa lebih meriah, meskipun kamu cuma merayakan di rumah, beli semua keperluan Imlek di Blibli. Mulai dari baju baru, hiasan Imlek, angpao, bahkan menu kuliner sampai furnitur baru juga ada. Apalagi, ada promo Chinese New Year special. Yuk, belanja dan dapatkan diskonnya!

Rejeki Bulan Cinta

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY