[Monday Momsday with Alodita] Tradisi Berbagi Perlu Ditanamkan Sejak Kecil! Yuk, Mulai Dari Bulan Suci!

Sebagai orangtua, moms tentu berharap si kecil dapat tumbuh menjadi anak yang baik hati dan mau berbagi dengan orang lain. Namun, hal ini nggak akan terjadi apabila moms nggak mengenalkannya dengan tradisi berbagi sejak usia dini.

Mengetahui hal ini, Andra Alodita pun bertekad untuk menanamkan tradisi berbagi pada Aura, anaknya, sejak ia masih kecil. Momen menjelang Ramadan ini pun dirasa menjadi waktu yang tepat untuk mulai menanamkannya. Apa saja ya yang dilakukan Andra Alodita untuk mendidik si kecil agar menjadi anak yang dermawan?

1. Ajak si kecil membuat kue bersama untuk kakek dan nenek

tradisi berbagi
Via – Cakesmiths

Sebelum mulai mendidik si kecil agar mau berbagi dengan orang lain, moms sendiri juga harus menjadi figur yang dapat dicontoh olehnya. Misalnya dalam menjadi teladan sehari-hari, moms bisa membagi masakan yang moms buat untuk kakek dan nenek, serta teman moms.

Jika moms sudah memberinya contoh seperti ini, cobalah ajak si kecil memasak atau membuat kue favoritnya untuk dibawa ke rumah nenek. Katakan padanya kalau memberi itu merupakan tanda sayang, terlebih di saat hari Idul Fitri nanti. Nggak hanya itu, berbagi juga akan memunculkan senyum di wajah nenek dan juga kakek.

Dengan mengajarinya seperti itu, si kecil akan mengerti bahwa ia juga bisa membawa kebahagiaan untuk kakek neneknya.

2. Ajak si kecil untuk memberi hadiah buat dads!

tradisi berbagi
Via – Info cz

Si kecil tentu tahu rasa senang yang ia rasakan saat menerima hadiah dari dads. Untuk menanamkan tradisi berbagi pada si kecil, moms harus bisa membuat si kecil merasa bahwa ia juga bisa membuat orang lain senang seperti saat ia mendapat hadiah. Karena itu, cobalah ajak dia untuk memikirkan hadiah apa yang dapat membuat dads merasa senang seperti dirinya.

Moms bisa memberikan beberapa ide hadiah kepada si kecil misalnya seperti peci atau baju koko baru untuk Ramadan nanti. Akan tetapi, biarkanlah si kecil yang menetapkan keputusan akhirnya. Dengan begitu si kecil benar-benar merasa bahwa yang memberikan hadiah bagi dads adalah dirinya. Ia pasti akan excited banget deh menunggu reaksi dari dads!

3. Ajari dia berbagi dengan saudaranya

tradisi berbagi
Via – Meyers RV Superstores

Jika moms mempunyai dua orang buah hati, inilah saat yang tepat untuk mengajari mereka tradisi berbagi untuk saling menunjukkan rasa sayang. Cobalah ajak mereka masing-masing untuk memberi hadiah pakaian baru kepada saudaranya untuk Ramadan nanti.

Biar lebih seru, moms bisa mengajak mereka memilih hadiah secara rahasia dari satu sama lain. Tentunya moms harus bisa menjaga rahasia ya hingga saatnya mereka saling memberi hadiah!

4. Mengajarkan tradisi berbagi dengan teman-temannya

tradisi berbagi
Via – Latexport

Nggak hanya menanamkan tradisi berbagi pada orang-orang terdekat, moms juga harus mengajari si kecil agar ia mau berbagi dengan orang lain seperti teman-temannya. Coba tanyakan pada si kecil apa mainan favorit temannya untuk memancing ide berbagi keluar darinya.

Saat ia sudah menjawabnya, moms bisa mengajaknya untuk membelikan mainan tersebut bagi temannya agar temannya itu merasa senang. Penting di sini untuk selalu mengingatkannya bahwa membuat orang lain bahagia dengan berbagi itu adalah hal yang sangat baik.

5. Ajak si kecil pergi berkunjung ke panti asuhan

tradisi berbagi
Via – Helping Honduras Kids

Untuk mengajari si kecil agar berbagi itu nggak hanya berlaku pada orang yang dikenal, moms juga bisa memberikannya contoh dengan mengajak si kecil berbagi dengan anak-anak yang ada di panti asuhan. Dalam hal ini, ayo ajak si kecil bekerjasama dalam berbagi! Cobalah bagi tugas dengannya.

Moms membagikan perlengkapan sehari-hari seperti susu, popok dan perlengkapan mandi bagi anak-anak di panti asuhan, sedangkan si kecil membagikan mainan yang sudah jarang ia mainkan dan pakaiannya yang sudah nggak muat. Pengalaman ini akan membuat si kecil mengingat perasaan hangat yang ada dalam hatinya saat sedang berbagi dengan orang lain.


Menanamkan tradisi berbagi itu mungkin memiliki banyak tantangan mengingat anak kecil memang terbiasa untuk hanya memikirkan dirinya sendiri. Akan tetapi, moms nggak boleh membiarkan hal itu terus berlanjut bila ingin si kecil tumbuh jadi anak yang dermawan! Karena itu, ayo ambil langkah awal moms dengan mengajak si kecil melakukan kelima hal di atas sehingga ia merasakan keseruan dan kebahagiaan saat berbagi.

Karena menanamkan tradisi ini membutuhkan konsistensi, ayo cari ide lain yang bisa membuat si kecil jadi anak yang mau berbagi! Bila bingung, moms cari saja inspirasi di katalog promosi Monday Momsday Blibli.com! Blibli.com punya semua hal yang dibutuhkan untuk mewujudkan ide-ide moms! Tentunya dengan harga promosi yang fantastis! Yuk, cek Blibli.com sekarang moms! #BlibliSekarang

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY