Sudah 2017 nih, masih zaman membentuk tubuh dengan gaya fitness yang itu-itu aja? Bagi kamu yang hobi fitness, pastinya kamu mengikuti tren fitness dari tahun ke tahun. Namun, transisi perubahan tren tahun 2016 ke 2017 diperkirakan akan sangat drastis!

Mungkin perubahaan yang kamu lihat nggak akan bersifat terlalu teknis, tapi tahukan kamu kalau saat ini penggunaan gym sudah nggak terlalu intens lagi? Nggak percaya? Yuk, lihat 10 tren fitness yang akan booming di tahun 2017 ini!

1. Wearable technology semakin nggak terpisahkan

wearable

Via – Singularity Hub

Tren fitness hampir nggak bisa meninggalkan teknologi. Wearable technology semakin canggih dan menarik perhatian orang. Jam tangan, gelang, kalung, dan headband yang terhubung dengan smartphone akan menemanimu sepanjang regimen.

Sekarang, kamu bisa mengetahui jumlah kalori yang kamu bakar dan banyak goal lainnya yang kamu tetapkan dengan health tracker. Semuanya menjadi lebih sistematis, tanpa menerka-nerka. Cocok buat kamu yang nggak sabaran!

2. Laithan bodyweight

bodyweight

Via – Agoga

Karena penggunaan gym sudah cukup berkurang, maka banyak orang lebih mencari gaya fitness yang nggak terlalu bergantung kepada peralatan-peralatan di gym seperti latihan bodyweight.

Kabarnya, jumlah orang yang ingin ke beraktivitas di daerah terbuka dengan pemandangan serba hijau dan biru tengah meningkat. Lokasi pantai, tebing, dan pegunungan merupakan tempat populer membentuk tubuh.

3. Latihan berjamaah

latihan-berjamaah

Via – Keyfitnessstudio

Sama seperti melakukan hal-hal lainnya, latihan membentuk badan pun lebih asyik jika dilakukan ramai-ramai dengan teman. Jenis latihan yang mendukung group training juga sudah mulai banyak dan akan terus berkembang di tahun 2017.

Sebut saja pounding, di mana kamu dan teman-teman kamu harus mengimbangi ritme lagu dengan stik drum!

Bayangkan kalau kamu melakukan latihan ini sendirian. Nggak hanya terasa sepi saja, tapi juga pasti akan garing banget. Latihan bersama teman terbukti meningkatkan motivasi, stamina, dan semangat yang memberikan hasil lebih oke.

4. Fitness untuk usia lanjut

fitness-usia-lanjut

Via – Healthysolutions

Fitness pertama kali dipopulerkan oleh generasi-generasi baby boomers alias generasi yang lahir di tahun 1964 -1974-an. Walaupun generasi ini sudah mencapai usia paruh baya, tampaknya belakangan semakin banyak yang ingin kembali mengunjungi aktivitas mereka di kala muda.

Tapi sayangnya usia nggak bisa bohong, ada banyak aktivitas fitness yang sudah nggak bisa dilakukan oleh usia lanjut. Karena itu dibuatlah program fitness yang ditujukan untuk generasi baby boomers ini.

Pushup tembok, latihan jari-jari kaki, dan juga latihan penguatan tumit. Nggak jarang juga dipadukan dengan latihan Asia seperti yoga, tai-chi, dan wing-chun.

5. Workout & chill

workout-and-chill

Via – Gofatburn

Nah, selain wearable technology, tren fitness dengan hiburan yang maksimal juga akan mendominasi dunia fitness tahun ini. Mulai dari menonton video alam, konser DVD, film komedi, dan berbagai media lainnya, tontonan-tontonan ini mendistraksi kamu agar nggak merasakan capek atau kesulitan yang terlalu tinggi dari fitness.

Bagi yang kurang suka dengan aktivitas luar ruangan alias outdoor bakal menikmati tren fitness yang satu ini. Kamu bisa melatih tubuh di rumah dan dikelilingi oleh hiburan di rumah. Alternatifnya, video game olahraga juga semakin populer. Fitness jadi identik dengan fun.

6. Fitness sambil nge-drone

fitness-drone

Via – Showmethescience

Drone memang sangat memudahkan hidup. Nggak hanya digunakan untuk memudahkan banyak aktivitas, drone juga semakin esensial untuk fitness di tahun 2017!

Umumnya, drone dipakai untuk menunjukkan gerakan fitness ke media sebagai tutorial untuk para pemula yang malas menggunakan personal trainer. Nggak lama lagi, kamu bakal menjalankan rutinitas parkour dengan mengejar drone!

7. Rollers

rollers

Via – Getyourfit

Semakin ke belakang, fitness pun nggak hanya diasosiasikan dengan kebugaran tubuh, tapi juga kenyamanan fisik. Kalau beberapa tahun yang lalu pemanasan lebih sering dilakukan dengan cara stretching, tahun ini banyak orang mulai menggunakan alat-alat berbentuk bulat.

Mulai dari stability ball sampai ke foam rollers, semua dilakukan karena lebih memijat otot-otot lebih merata ketimbang stretching. Selain itu, stretching jika dilakukan secara sembarangan bisa merusak otot, lho.

8. Fitness campuran

fitness-campu

Via – Toqueholistico

Masih zaman latihan dengan gaya fitness monoton? Tren fitness tahun 2017 ini memang nggak merubah teknik gerakan, tapi malah menggabungkan jenis-jenis fitness menjadi satu untuk hasil maksimal.

Contohnya, sekarang yoga sekarang sudah dicampurkan dengan pilates ataupun aqua fitness. Nggak hanya itu saja, latihan seperti capoeira juga sudah mengambil beberapa gerakan dari latihan parkour.

Mungkin nanti akan muncul beberapa gabungan yang lebih unik lagi seperti crawling dengan paduan pilates. Kegiatan fitness pun menjadi lebih asyik dan nggak membosankan, ya?

9. Slacklining

slackining

Via – Lingdigi

Ternyata gerakan-gerakan yang biasanya hanya ada di sirkus-sirkus bisa juga dilakukan oleh kalangan umum, lho. Nggak hanya gymnastic saja, kabarnya slacklining juga akan menjadi tren fitness tahun ini.

Mungkin memang belum terlalu banyak diketahui orang-orang, tapi slacklining adalah latihan yang fokus pada keseimbangan tubuh. Biasanya dilakukan dengan tali tipis di mana kamu harus berjalan di atasnya tanpa bantuan apapun.

Slacklining juga dilakukan pada ruangan terbuka seperti taman dengan menggunakan 2 pohon sebagai penyangga tali tipisnya. Mirip seperti film The Walk yang dibintangi Joseph Gordon-Levitt!

10. Sudah saatnya fitness dan musik bergabung

zumba

Via – Irim

Nggak hanya pounding saja, tren fitness lama yang akan kembali menjadi hits tahun ini adalah dance! Mulai dari aerobik sampai ke zumba sampai ke hip-hop, berbagai jenis tarian yang memacu keringat dan otot-otot tubuh akan kembali mengguyur dunia fitness.

Tren fitness satu ini juga adalah bagian dari tren group training yang garing jika dilakukan sendirian. Ini cocok buat kamu yang lebih mengutamakan kelincahan dan kelenturan.

Kamu nggak hanya akan lebih peka dengan irama, namun juga dengan ritme dan gerak otot-otot. Nggak akan terasa capeknya! Siapa bilang fitness dan dansa itu nggak ada hubungannya?

Nah, 10 tren fitness ini nggak hanya bisa membentuk tubuh kamu menjadi lebih seksi lagi, tapi kamu juga bisa bersenang-senang melalui berbagai tren ini. Apapun tren dan jenis fitnessnya, kamu membutuhkan perlengkapan yang aman dan memadai.

Jangan biarkan tubuh kamu cedera hanya karena kamu nggak memiliki perlengkapan yang sesuai. Perlengkapan seperti sepatu bisa mencegah bagian tubuh untuk mengalami cedera yang berkepanjangan, lho.

Untuk menemani sepatu fitness yang memadai, kamu juga bisa melapisi kakimu dengan kaos kaki khusus fitness yang bisa mencegah bau kaki dan menyerap keringat. Jika kamu sedang mencari kebutuhan olahraga lainnya, langsung saja ke Blibli.com! Tinggal kamu pilih dari segudang perlengkapan olahragaΒ oke yang dijual dengan cicilan 0%!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY