Mau Wisata Budaya Seru di Liburan Natal? Intip Rekomendasi Destinasi dari Travel Blogger VirusTraveling!

wisata budaya

Nggak kerasa, liburan Natal udah di depan mata nih! Kamu udah punya rencana liburan belum, guys? Kalau belum, hari ini Blibli Friends mau merekomendasikan beberapa destinasi seru untuk wisata budaya, apalagi karena Indonesia memiliki ragam kekayaan culture yang patut dipelajari.

Supaya makin lengkap, hari ini kita akan ngobrol sama travel blogger Bobby Ertanto yang mulai nge-blog di Virustraveling.com sejak September 2012. Kamu mungkin udah familiar melihat foto-foto traveling kerennya di Instagram @virustraveling. Karena memang hobi jalan-jalan dan terinspirasi dari Trinity Naked Traveler, Bobby akhirnya memutuskan untuk memberi nama Virus Traveling biar bisa “menularkan” hobi traveling-nya ke para pembaca. Nah, untuk liburan Natal ini, Bobby membagikan beberapa destinasi seru untuk kamu yang pingin berwisata budaya di Indonesia. Yuk, simak langsung!

RENCANAKAN PERJALANAN DENGAN BLIBLI TRAVEL #SAHABATPERJALANANMU

1. Bali

wisata budaya
Via – Balivillaescapes

Rekomendasi destinasi wisata budaya yang pertama adalah Bali. Pulau ini telah lama dikenal sebagai daya tarik utama pariwisata Indonesia yang menyedot jutaan turis mancanegara tiap tahunnya. “Kebudayaan lokal Bali masih sangat kental terasa, sehingga setiap turis juga bisa melihat langsung bagaimana warga daerah menjalankan tradisi agama Hindu. Saya sendiri sudah merasakan tinggal di Bali selama dua tahun terakhir dan belum pernah merasa bosan,” kata Bobby.

Bali memang spot yang menarik karena masyarakat lokal pintar mengemas budaya setempat menjadi obyek wisata. Misalnya saja, kamu bisa melihat tari kecak, mengikuti prosesi Upacara Ngaben yang sakral, hingga mengunjungi pura suci tempat beribadah. Apalagi kini Bali pun sudah dinyatakan aman untuk dikunjungi, jadi nggak perlu takut dengan status Gunung Agung ya, guys!

CEK DI SINI PAKET WISATA BUDAYA KE BALI

2. Toraja

wisata budaya
Via – Pinterest

Selain Bali, Toraja juga bisa jadi pilihanmu untuk wisata budaya kali ini. Toraja merupakan salah satu daerah Indonesia yang memiliki berbagai tradisi dan upacara unik yang bisa kamu saksikan. Bobby pernah menuangkan cerita perjalanannya ke Toraja di blog Virustraveling.com. “Saya merasa upacara perayaan kematian di Toraja itu sangat unik. Rangkaian upacaranya bisa memakan waktu berhari-hari. Karena itu, kalau pergi ke Toraja, usahakan menyempatkan diri untuk melihat Upacara Rambu Solo ini.”

Makanya, jangan sia-siakan liburan Natalmu. Kamu bisa mengunjungi Toraja dengan paket wisata yang terjangkau. Apalagi, dari tanggal 5-31 Desember 2017, pemerintah Toraja Utara mengadakan event tahunan Lovely December dengan acara keren seperti festival kopi, kontes pertarungan kerbau, kompetisi paduan suara Natal, festival kuliner daerah, seni Toraja, dan sebagainya. Pasti perjalananmu makin nggak terlupakan!

YUK, RENCANAKAN PERJALANAN KE TORAJA DENGAN BLIBLI TRAVEL

3. Manado dan Bitung

wisata budaya
Via – Ganggaisland

Untuk kamu yang ingin liburan sekaligus merayakan Natal, mungkin bisa melipir ke Manado. Selain Taman Laut Bunaken dan kekayaan kulinernya, Manado punya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti Danau Tondano, Pantai Malalayang, atau Bukit Tomohon untuk wisata rohani. Ada juga Bukit Kasih yang menggabungkan lima rumah ibadah di satu tempat, atau Waruga Sawangan yang merupakan situs bersejarah untuk menyimpan mayat sanak yang telah meninggal. Jangan lewatkan juga patung Christ Blessing yang membuatmu serasa berada di Rio de Janeiro!

“Saya sendiri penasaran ingin mencoba liburan Natal di Manado, dimana tiap 100 meter ada gereja, dan kotanya bersih banget,” ungkap Bobby yang hobi menjelajah Indonesia. Biar makin puas, dari Manado bisa main juga ke Bitung yang punya banyak taman nasional keren!

JALAN-JALAN KE MANADO DENGAN PAKET TUR 4H3M DI SINI

4. Larantuka, Flores Timur

wisata budaya
Via – Pekerjaan

Di Indonesia Timur, kamu bisa melakukan wisata budaya ke Larantuka, Flores. Daerah kecil ini masih kental dengan tradisi warisan Portugis. Salah satu yang paling terkenal yaitu upacara Hari Paskah, dimana warga mengadakan upacara Semana Santa untuk mengenang kesengsaraan Yesus. Puncaknya, di hari Jumat (Sesta Feira), warga dan peziarah mengenakan pakaian serba hitam dan menghidupkan kembali penderitaan Yesus di jalan salib.

Selain itu, kamu juga bisa melihat patung kayu Kristus Berduka di kapel Cruz Costa yang bersejarah. Patung berumur ratusan tahun itu dibuat sesuai ukuran manusia, dan semua warga Larantuka menaruh hormat padanya. “Saya sendiri belum pernah merasakan liburan Natal di Larantuka. Tapi hanya dengan menonton liputannya di TV, atmosfernya bikin saya penasaran banget,” ungkap Bobby.

PILIH PAKET WISATA KOMPLIT YANG BISA MENGANTARMU KE LARANTUKA


Wah, ternyata wisata budaya di Indonesia nggak kalah seru dengan negara lain ya! Ada banyak banget destinasi dengan berbagai tradisi unik yang bisa kamu kunjungi. Dari 4 rekomendasi Bobby tersebut, mana nih yang kira-kira paling menarik buatmu? Sebelum menentukan pilihan, kamu bisa juga, lho mampir ke blog Virus Traveling, siapa tahu ada referensi lain yang lebih cocok untuk liburan Natal ini!

Nah, kalau sudah memilih, lalu apa yang perlu dilakukan? Rencanakan aja perjalanan dengan Blibli Travel #SahabatPerjalananmu untuk pembelian tiket pesawat dan hotel. Setelah itu, kamu bisa ke Blibli.com dan cari paket wisata domestik yang kamu mau. Nggak perlu repot lagi deh ngurus itinerary sana-sini! Yuk, manfaatkan liburan Natal dengan bantuan #BlibliSekarang!

CEK PAKET WISATA YANG KAMU INGINKAN DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY