me

[Interview] Apa Saja Dos and Don’ts dalam Proses Merawat Lensa Kamera?

Dec 21, 2018.By Rio
Bagikan

pexels.com

Setiap fotografer mempunyai standar yang berbeda terhadap kualitas lensa kamera yang bagus, seperti halnya David Thiodorus, fotografer All Season Photo. Menurutnya, lensa yang bagus adalah yang mempunyai diafragma besar, rentang focal lebar, memiliki banyak fitur, terdapat optik tambahan, serta jenis material yang bagus pada lensa kamera.

Atau, bisa jadi juga pandangan lensa kamera yang bagus sesederhana lensa kamera yang bening dan nggak mengandung vignette (berjamur) seperti kriteria Audrey Mulyana, seorang food photographer.

Apapun kriteria kamu, tentunya lensa yang bagus adalah lensa yang terawat dengan baik sehingga awet dan mampu menyokong kualitas foto optimal. Karena itulah, simak yuk, tips-tips perawatannya dari Audrey dan David berikut!

TAMBAH KOLEKSI LENSA KAMERAMU MUMPUNG ADA EKSTRA PROMO SEKARANG!

1. Selalu jaga kebersihan lensa kamera

Baik David maupun Audrey setuju bahwa menjaga kebersihan lensa kamera adalah poin penting dalam hal proses perawatan lensa. Audrey sendiri mengaku akan selalu membersihkan lensanya dengan lap dan cleaner sebelum disimpan pada lemari khusus dan ditaruh di dalam silica gel.

Secara rinci, David memaparkan bahwa saat membersihkan lensa, jangan langsung menyemprotkan cairan ke lensa ya, friends! Semprotkan dulu ke lap microfiber dalam kuantitas sedikit, baru kemudian usapkan perlahan pada lensa.

JANGAN LUPA TEMPATKAN LENSA KAMERA DI SILICA GEL, BELI DI SINI AJA!

2. Jangan pernah menyimpan lensa kamera di tempat yang lembap!

Jika kamu melakukan hal ini, kamu telah melakukan kesalahan besar! Menyimpan lensa kamera pada tempat yang lembab akan memicu tumbuhnya jamur pada lensa.

Kamu harus sadar bahwa Indonesia adalah negara tropis yang mempunyai suhu rawan terhadap perkembangbiakkan jamur. Sekali tumbuh, parasit ini mudah berkembang biak dengan cepat, sehingga pada akhirnya akan memunculkan efek yang tidak bagus pada foto.

Jika lensa kamera kamu sudah terlanjur ditumbuhi jamur, maka cobalah bersihkan menggunakan cairan pembersih lensa dan lap bersih. Namun jika sudah ekstrim kondisinya, sebaiknya bawa ke service center terdekat, ya!

JANGAN LUPA MENUTUP LENSA KAMERA SAAT SELESAI DIGUNAKAN, YA!

3. Jauhkan dari air dan basah

Tips ketiga dari David adalah dengan menjauhkan lensa kamera kesayangan kamu dari air dan basah. Hal ini nggak lain karena air ataupun embun dapat memicu kelembapan internal lensa dan bisa membuat komponen internal rusak.

Berdasarkan pengalaman Audrey, kamu juga sangat TIDAK disarankan untuk meniup debu yang menempel di sensor lensa ya guys! Karena bisa jadi air liur kamu nggak sengaja terciprat pada lensa. Daripada begitu, maka sebaiknya gunakan peniup debu yang tersedia khusus untuk kamera dan lensa.

BELI LENS CLEANER KIT YUK, DI BLIBLI.COM

4. Jangan memasang filter terlalu kuat

Sesuatu yang dipaksakan nggak akan baik ya, seperti halnya pemasangan filter kamera yang diputar terlalu kuat (khusus untuk lensa kit yang masih memakai sistem rotating lens seperti lensa kit Canon atau Nikon 18-55mm).

Mengapa? Hal ini tentunya akan berisiko merusak motor yang berada dalam lensa kamera. Pada akhirnya, lensa kamera pun nggak bisa maksimal dalam menjalankan fungsinya.

CARI FILTER LENSA KAMERA DENGAN MUDAH? DI SINI TEMPATNYA!


Itulah beberapa pemaparan akan tips dan trik tentang perawatan lensa kamera dari David dan Audrey. Semoga bisa membantu kamu dalam menjaga lensa kamera kesayangan agar nggak cepat rusak! Jadi, nggak perlu takut untuk mempunyai lensa sendiri kan?

Mumpung ada promo lensa kamera, yuk, cek koleksinya di #BlibliSekarang!

CEK EKSTRA DISKON UNTUK SETIAP PEMBELIAN LENSA KAMERA DI BLIBLI.COM!

Tag: