Siapa bilang hidup sehat harus mahal? Menurut Omah Yoga, sebuah pusat kegiatan yoga yang didirikan oleh dr. Richard Liyanta dan dikelola Melinda (sang istri), ada berbagai kegiatan simple yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menunjang hidup sehat, kok! Yang terpenting, niatnya harus tinggi, sehingga segala aktivitas terkait hidup sehat dapat kamu lakukan dengan rutin dan berkelanjutan. Ini nih beberapa contoh aktivitasnya.

CEK DULU BERBAGAI PERLENGKAPAN YANG KAMU BUTUHKAN UNTUK YOGA DI RUMAH!

1. Gerakan-gerakan stretching saat bangun tidur

hidup sehat

Menurut Omah Yoga, setiap bangun tidur seusai berdoa dan merapikan tempat tidur, hendaknya kamu nggak langsung melakukan aktivitas rutin. Awalilah hidup sehat di pagi hari dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti uttasana (menarik dan menekuk tubuh ke arah kaki), bhujangasana (pose seperti ular kobra), ataupun berbagai gerakan stretching umum seperti forward bend, back bend, side bend, twisting, dan sebagainya.

Manfaat dari kegiatan pemanasan ini adalah untuk melemaskan dan menjaga fleksibilitas otot-otot tubuhmu. Selain itu, olahraga ini juga mampu menjernihkan pikiran agar tubuh nggak kaku dan mudah stres. Untuk kegiatan pemanasan seperti ini, baiknya dilakukan minimal 15 menit setiap hari karena gerakannya cukup ringan untuk dilakukan di pagi hari.

SUPAYA NGGAK SOBEK SAAT MELAKUKAN GERAKAN OLAHRAGA, JANGAN LUPA PAKAI CELANA YANG BENAR, YA!

2. Kalau masih malas beranjak, ada juga kegiatan olahraga ringan di atas kasur!

hidup sehat
Via – Siantita Novaya

Omah Yoga sangat mengerti kalau di dunia ini ada berbagai tipe orang. Secara, sejak 2016 sudah banyak murid yang datang untuk melatih hidup sehat bersamanya. Menurutnya, masih banyak orang yang tetap malas melakukan olahraga ringan di pagi hari, alias lebih suka stay di atas kasur untuk waktu yang lebih lama.

Untuk kamu yang punya kepribadian seperti ini, ada tips dari Omah Yoga khusus untukmu. Daripada hanya berbaring nggak jelas sambil main hape, gerakkanlah kakimu secara tegak lurus. Hal ini bisa membantu membuatmu untuk lebih kurus, lho! Selain itu, kamu bisa juga rebahan sambil mengangkat kaki ke atas untuk gerakan mengayuh sepeda agar lemak-lemak di kakimu terbakar.

SAMBIL TIDURAN MAINAN HAND GRIP BIAR TANGAN LEMAS YUK!

3. Melakukan bersih-bersih rumah

hidup sehat

Eits, jangan salah tangkap dulu! Menurut Omah Yoga, berbagai gerakan saat kamu membersihkan rumah seperti menyapu, mengepel, dan lain sebagainya juga bisa dikategorikan olahraga ringan, lho!

Seperti misalnya saat kamu mengepel hanya menggunakan lembaran kain. Pada saat itu, tentu kamu akan melakukan gerakan-gerakan mengepel dengan menahan badan kamu, kan? Dengan berbagai gerakan mengepel dan menyapu, menurut Omah Yoga sudah dapat menguras keringat dan melemaskan ototmu, kok.

LAKUKAN JUGA GERAKAN RELAKSASI SANTAI SEUSAI BERSIH-BERSIH RUMAH DENGAN PERLENGKAPAN INI!

4. Ikuti senam dari video YouTube atau koleksi CD yang kamu punya

hidup sehat
Via – Anthea Levi

Jika gerakan-gerakan stretching dasar nggak cukup menurutmu, kamu bisa menambah olahraga ekstra dengan melakukan kegiatan seperti senam, yoga, pilates, zumba, cardio, lari, atau pun bentuk kegiatan olahraga lainnya. Menurut Omah Yoga, kalau kamu mau rutin, minimal kamu dapat melakukan olahraga berat ini sekali dalam seminggu. Kalau kamu sudah punya dasar pengetahuan tentang olahraga-olahraga tersebut tentu mudah, dong, bagimu untuk mempraktikannya sendiri di rumah.

BIAR SEMANGAT, LENGKAPI KOLEKSI BAJU SENAM DAN SEGALA PERLENGKAPANNYA DI SINI!

5. Lakukan pola hidup sehat untuk menunjang aktivitas fisik yang terbentuk

hidup sehat

Tidak lupa, selain melakukan kegiatan-kegiatan fisik, Omah Yoga juga menyarankan untuk hidup sehat tanpa keluar rumah dengan gaya hidup yang sehat. Beberapa di antaranya adalah memilih makanan sehat yang rendah minyak, garam, dan gula. Untuk makan sendiri, Omah Yoga menyarankan agar kamu membiasakan diri untuk makan sebelum lapar dan tanpa mengobrol atau melakukan aktivitas lain. Hal ini ditujukan supaya kamu nggak makan dengan jumlah berlebih.

DARIPADA TANGAN GATAL NYEMIL DI WAKTU SENGGANG, YUK, TINJU-TINJU RINGAN UNTUK MEMBAKAR KALORI!


Lengkap dan menarik, bukan, tips yang dikemukakan Omah Yoga di atas? Menurut Omah Yoga, kunci dalam hidup sehat adalah komitmen. Artinya, kamu harus mempunyai tekad yang bulat untuk disiplin melakukan segala aktivitas hidup sehat seperti olahraga dan menjaga pola makan secara rutin.

Sekadar berolahraga sesekali tanpa komitmen memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, jangan berharap akan dapat hasil yang maksimal juga, ya! Terlebih kalau tujuan kamu ekstra, seperti ingin mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik.

Nah, biar semangat olahraga dan hidup sehatnya, yuk, lengkapi peralatan olahraga seperti baju olahraga ataupun matras pendukung dari berbagai koleksi di Blibli.com. Sebelum kehabisan, yuk, cek #BlibliSekarang!

YUK, CEK AKSESORIS PENUNJANG OLAHRAGA YOGA DAN PILATES DI SINI!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY