Agar Nggak Tertipu, Ini Tips dan Trik Membeli Kartu Pokemon yang Asli

Pokemon tak hanya bisa dinikmati dalam bentuk komik atau film animasi aja loh. Tapi Pokemon juga hadir lewat beragam permainan seru yang digilai banyak orang, salah satunya trading card. 

Trading card ini menggunakan kartu yang menampilkan berbagai karakter Pokemon. Dan ngga cuma digemari oleh anak-anak, banyak orang dewasa yang juga masih bermain game seru ini.

Selain dapat diadu, Pokemon trading card juga dapat dikoleksi. Bahkan kartu-kartu tersebut memiliki nilai hingga puluhan juta rupiah!

Bagi kamu yang ingin mencoba bermain Pokemon trading card, simak tips berikut agar ngga tertipu saat membeli kartu. Apa aja yang harus diperhatikan?

1. Cek gambar pada kartu

Cek gambar dengan cermat. Pastikan apa yang tertera pada kartu benar dan bukanlah hanya tempelan stiker semata. Jika berbeda, sudah pasti kamu mendapat kartu yang palsu.

2. Cek HP dan jenis serangan yang tertera

Kartu asli ngga ada yang memiliki nilai HP melebihi 250. Jadi kalau kamu menemukan kartu dengan nilai HP lebih dari 250 maka bisa dipastikan kartu tersebut palsu. Pastikan juga urutan nilai dan HP yang tertera pada kartu sudah sesuai aslinya, yaitu urutan nilai diikuti HP. Contoh HP 80 adalah tulisan yang salah, seharusnya 80 HP.

Via Pokemon Insider

3. Cek simbol energi dengan kartu lain

Bandingkan simbol energi yang tertera pada kartu. Jika terlihat lebih besar, cacat, dan saling menutupi, maka sudah bisa dipastikan kartu tersebut bukanlah kartu asli.

4. Cek teks yang ada

Lagi-lagi lihat jenis teks yang ada. Jika huruf pada tulisan terlihat ganjil yakni lebih besar atau lebih kecil, serta menggunakan jenis font yang berbeda, hal tersebut juga mengindikasi kartu yang palsu.

PREORDER BUNDLE POKEMON TRADING CARD VOL. 2

Via Pokemon Insider

5. Cek kotak kartu

Kotak kartu yang palsu biasanya tidak tertulis hak cipta. Selain itu material atau bahan karton juga terbilang buruk dan di bawah standar yang ada juga bisa menandai bahwa kartu itu palsu.

6. Cek ejaan pada kartu

Kartu yang palsu juga suka menampilkan ejaan yang salah dan mengabaikan aksen yang ada. Beberapa ejaan yang perlu kamu cek adalah pada bagian jenis pokemon, deskripsi, dan nama serangan.

PREORDER POKEMON AS2b TRADING CARD

Via Pokemon Insider

7. Cek warna

Perhatikan warna pada kartu yang kamu miliki. Di saat warna kartu tercoreng, memudar, terlalu gelap, dan ngga akurat, bisa jadi kartu kamu adalah palsu.

8. Cek bagian belakang kartu

Beberapa kartu palsu memiliki desain pusaran biru bernuansa keunguan. Gambar Poke Ball yang tertera juga terkadang menampilkan warna yang terbalik.

PRE – ORDE POKEMON AS2d TRADING CARD

9. Bengkokkan kartu

Ya, ini teknik yang bisa mendeteksi kartu asli dan palsu. Di saat kartu yang kamu miliki mudah bengkok, maka hal tersebut menandakan material kartu yang kurang berkualitas dan sudah pasti kartu tersebut juga harus diwaspadai palsu.

Via Blibli.com

10. Beli di tempat terpercaya

Ini hal yang harus kamu lakukan agar ngga tertipu. Pilihlah tempat terpercaya untuk membeli kartu. Seperti di Blibli.com yang mengadakan Pre-Order Kartu Pokemon Vol 2. Promo ini sangat spesial, karena kamu bisa mendapatkan diskon hingga Rp 100 ribu rupiah dengan barang yang dijamin keasliannya. Dengan pilihan kartu yang lengkap dan jaminan keaslian barang, nggak ada lagi alasan untuk nggak beli di Blibli.com. Yuk, cek di sini untuk promo selengkapnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY