[Interview] Keliling Kepulauan Togean Ala Blogger Farchan Noor Rachman!

Kamu kalau travelling biasanya ke mana sih? Kepulauan Seribu? Pulau Bali? Lembang? Gunung Bromo? Mainstream! Sudah pernah dengan Kepulauan Togean belum?

Nah, buat kamu yang bosan jalan-jalan ke tempat mainstream, kamu dianjurkan banget buat mengunjungi surga dunia yang terletak di Sulawasi Tengah ini! Kali ini, Blibli Friends ngobrol bareng travel blogger, Farchan Noor Rachman, dari blog Efenerr.com tentang indahnya tempat ini.

Kepulauan Togean
Ini dia kak Farhan yang Blog Blibli Friends ajak ngobrol!

Yuk, simak apa katanya!

1. Daerah kepulauan yang wajib dikunjungi

Kepulauan Togean
via – Pegipegi

Nah, menurut kak Farchan, Kepulauan Togean adalah daerah wajib masuk bucketlist kalian yang suka banget jalan-jalan! Pulau yang terletak di ‘mulut’ Pulau Sulawesi ini hanya 4 jam dari Ampana, Sulawesi Tengah.

Kepulauan Togean ini masih alami banget! Untuk kamu yang mau jalan-jalan sekaligus melihat kebudayaan adat istiadat ataupun jejak peninggalan bersejarah Togean, Kepulauan ini cocok banget buat kamu! Di sana, kamu juga bisa melihat keanekaragaman biota laut, hutan mangrove, serta berbagai macam gua dan air terjun, lho!

2. Apa saja yang bisa dilakukan selama travelling?

Kepulauan Togean
via – Eloratour

Kegiatan paling seru kalau sudah mengunjungi Kepulauan Togean adalah snorkeling dan diving, begitu kata kak Farchan. Selain itu, kalau kamu berkunjung ke Kepulauan Togean, kamu harus melihat seluruh isi pulaunya. Maka dari itu, luangkan waktu untuk berkeliling di kepulauan Togean.

Tapi, penting untuk kamu ingat jika ingin diving di kepulauan Togean ini, kamu wajib mempunyai lisensi. Mengapa? Menurut kak Farchan, lokasi diving di sana cukup ekstrim dan bukan untuk pemula yang ingin diving santai.


Baca juga: Tips Berlibur di Negara Tropis


3. Tips spot tersembunyi!

Kepulauan Togean
via – Liburan Sari

Nah, kalau sudah repot-repot travelling tapi tempatnya ramai pasti nggak seru, kan? Karena itulah kamu perlu tahu spot-spot tersembunyi di Kepulauan Togean! Seberapa sering kamu mendengar dengar ada ubur-ubur di danau?

Kak Farchan merekomendasikan danau ubur-ubur yang terletak di Danau Mariona yang dijamin pasti bisa membuat kamu terpesona. Kamu bisa menjadi beberapa orang terkeren yang pernah menyelam di danau ubur-uburnya Kepulauan Togean karena bagian bawah danau masih sangat jarang di-eksplor.

Kepulauan Togean
via – Indoensia Kaya

Selain itu, kalau kamu bosan dengan pemandangan laut kamu bisa beralih ke gunung, loh! Gunung yang di-rekomendasikan sang travel blogger ini adalah Gunung Api Una-Una di Colo. Memang jaraknya sedikit lebih jauh, tapi kamu nggak akan menyesal, deh!

Satu lagi, kepulauan ini sangat terkenal karena campur padu antara kehijauan pohon dan kebiruan lautnya pas banget. Bagi kamu yang berkunjung ke sana, jangan lupa melewatkan kesempatan untuk menonton sunset-nya!

4. Budget ideal ke Kepulauan Togean berapa?

Kepulauan Togean
Via – Sandierstour

Ini dia poin paling penting dalam merencanakan perjalanan. Kamu harus punya perkiraan mengenai jumlah biaya yang perlu kamu siapkan. Menurut kak Farchan, waktu ideal untuk menghabiskan liburan di Kepulauan Togean adalah 3 hari sampai dengan 5 hari. Cukup kok buat mengelilingi seluruh pulau!

Umumnya biaya yang dikeluarkan adalah sekitar Rp 4 juta sampai Rp 5 juta termasuk biaya transportasi dan akomodasi, ya. Bagi kamu yang ingin berkeliling di Kepulauan Togean, harga sewa perahu berkisar antara Rp 550.000 ke atas. Tentu saja jika kamu ingin melakukan berbagai aktivitas seru seperti diving, surfing, ataupun watersport, akan membutuhkan biaya tambahan.

5. Persiapan apa saja yang harus dilakukan?

Kepulauan Togean
Via – Phunawa

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kamu melakukan research terlebih dahulu tentang restoran, landmark, kegiatan yang bisa kamu lakukan, serta perkiraan cuacanya.

Untuk bulan-bulan awal seperti Februari sampai dengan April, Kepulauan Togean mengalami musim panas. Sementara, untuk bulan-bulan menengah akhir, khususnya September, Kepulauan Togean rata-rata mengalami musim hujan dan ombak besar.

Karena Kepulauan Togean merupakan kepulauan yang terkenal karena pantai-pantainya, kamu harus ingat untuk membawa baju renang, sunblock, topi pantai, ataupun papan seluncur kamu sendiri.


Bagaimana? Keindahan terumbu karang, kehijauan laut, serta Gunung Api Una-Una yang menakjubkan pasti akan menjadi surga dunia kamu para travelers. Untuk tiket dan paket perjalanan ke Kepulauan Togean bisa kamu temukan di sini!

Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat pemandangan sempurna ini! Langsung saja cek Blibli.com untuk paket wisata domestik maupun internasionalnya.

Oh ya, jangan lupa juga untuk mengecek blog Efenerr.com milik kak Farchan, ya!


Baca juga: Nggak Perlu Takut Terdampar Sendirian Kalau Punya 7 Barang Ini!


Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY