Tahukah kamu kalau bayi itu perlu tidur sebanyak 14 hingga 17 jam sehari? Tentunya jumlah jam tidur cenderung mengurang seiring dengan bertambahnya umur, namun orang dewasa tetap membutuhkan setidaknya 7,5 hingga 9 jam untuk stay fit loh!

Banyak orang yang sebenarnya bukan tidak mau tidur, tapi tidak bisa tidur. Yes, ada orang yang sudah baringan berjam-jam, tapi tetap tidak bisa tidur.

Kalau kamu termasuk salah satu orang yang susah tidur, tidak usah khawatir. Menurut psikologi, 5 hal berikut terbukti bisa membantu kamu tidur nyenyak, yuk disimak

1. Suhu kamar: enaknya sejuk atau hangat?

tidur agar nyenyakVia Jacob Davies

Yes… Jawabannya adalah sejuk!

Dr. Christopher Winter, pakar saraf asal Amerika, menyatakan bahwa suhu kamar seharusnya berada di sekitar 16  hingga 20 celsius untuk membantu kamu tidur lebih baik. Bila terlalu hangat, maka kamu bisa-bisa terganggu dan bangun kepanasan loh.

Hal itu terjadi karena saat kamu tidur, suhu badanmu akan menurun dan kamar yang sejuk bisa membantu menyeimbangkan suhu badanmu. Nah, maka itu jangan lupa nyalain AC di malam hari ya!

2. Minimalkan cahaya kamarcahaya di kamar

Via sixdifferentways

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah cahaya kamar. Idealnya, kamar yang lebih gelap dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak. Namun, banyak orang yang tidak terbiasa untuk tidur di kamar yang sepenuhnya gelap.

Untuk itu, kamu bisa membeli sebuah lampu tidur yang bagus untuk memberikan cahaya secukupnya saat kamu tidur. Kalau kamu belum punya, coba saja Star Master Projector Lampu Tidur ini, tidak hanya berguna, efek bintang yang dihasilkan bisa membuat nuansa kamar tidurmu menjadi lebih nyaman loh.

Oh ya! Selain itu, pastikan gorden kamarmu tertutup rapat, televisi dan laptop sudah dimatikan, serta matikan lampu kamar mandimu juga. Hal-hal kecil tersebut juga sangat berguna supaya kamu tidur nyenyak.

3. Musik yang relaxingmusik yang relaxing

Via funny&crazy

Siapa bilang lullabies hanya buat anak kecil? Lullabies juga bisa membuat orang dewasa bahkan orang tua tidur lebih cepat loh!

Kalau kamu memang tidak suka dengan lullabies, pilihlah musik relaxing lainnya. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa musik cukup efektif dalam membuat orang tidur nyenyak.

Ingat, kamu tidak akan langsung melihat hasilnya dalam semalam. Biasanya efek musik ini baru akan dirasakan setelah melakukannya 2 hingga 3 minggu berturut-turut.

Untuk tips tambahan, Michael Breus, Ph.D., seorang psikolog terkenal mengatakan apapun musiknya, pilihlah musik dengan ritme 60 ketukan per menit, musik pelan sejenis itu akan membuat kamu lebih cepat masuk ke zona tidur serta mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.


BACA JUGA Susah Tidur Nyenyak Akibat Mimpi Buruk? Coba Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur


4. Selimut sebagai sahabat tidurselimut

Banyak perusahaan yang berlomba-lomba mengeluarkan kasur dan bantal tidur yang nyaman untuk membuat orang tidur nyenyak. Tapi selain itu, selimut juga berperan penting loh! Bahkan, ada ilmu tersembunyi untuk memilih selimut yang tepat juga. Pasti penasaran, kan?

Nah, pilihlah selimut yang sedikit lebih berat. Hal itu membuat badanmu lebih relax, merasa terlindung, dan tidur nyenyak. Tidak hanya itu, pilihlah bahan selimut yang lebih lembut dan halus. Bila selimutmu terlalu kasar, bisa-bisa kamu kebangun karena merasa gatal.

Salah satu contoh selimut yang lembut dan empuk adalah selimut microfiber, tunggu apa lagi? Yuk, dibeli!

5. Olahraga secara rutinolahraga secara rutin

Hal terakhir yang perlu kamu ketahui untuk membuat tidurmu lebih nyenyak adalah olahraga secara reguler. Yap, benar! Itu memang sudah menjadi rahasia umum.

Meskipun banyak orang yang sadar akan hal itu, tapi tidak semua orang mau melakukannya. Hayo, bagi kamu yang sudah lama belum pernah olahraga, sudah waktunya untuk mulai rajin kembali!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY