Catat! Ini 3 Tips Sukses dari Finalis The Big Start Indonesia Season 3!

tips sukses

Tahun ini, Blibli.com kembali menghadirkan acara tahunan dan ajang kompetisi creativepreneur terbesar di Indonesia, yaitu Blibli Big Start (BBS) Indonesia Season 4. Setelah diadakan tiga tahun berturut-turut, TBS Season 4 akan menyambut nama-nama baru dalam deretan mentor, yaitu Didiet Maulana (Founder IKAT Indonesia), Rinrin Marinka (Juri Masterchef Indonesia), Priscilla Pangemanan (Founder SASC), dan Luthfi Hasan (Founder Jakarta Vintage). Selain itu, BBS juga sudah menyiapkan hadiah tertinggi sepanjang sejarah, yaitu total hadiah 1,3 miliar rupiah untuk para pemenang BBS Indonesia Season 4!

Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk menjalani persaingan antar finalis BBS Indonesia Season 4, ada baiknya kamu menonton web series Blibli Big Start Indonesia dari tahun-tahun sebelumnya, guys. Selain itu, kamu juga wajib banget menyimak 3 tips sukses dari para pemenang Blibli Big Start Season 3. Ini dia cara yang harus kamu tiru biar bisa melaju ke babak final!

YUK BELAJAR DARI BBS SEASON 3 UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI!

1. Perbaiki product branding dan personal branding

tips sukses

Di setiap kompetisi, tentu kamu harus bersaing dengan ratusan kompetitor lain, dan memberikan kualitas yang terbaik untuk para juri, supaya bisa lolos ke babak selanjutnya. Karena itulah, tips sukses pertama untuk bisa lolos sebagai finalis atau bahkan pemenang dari Blibli Big Start Indonesia adalah dengan memperhatikan branding produk maupun branding personal yang kamu miliki, Friends!

Nggak bisa dipungkiri, elemen branding sangat penting untuk menentukan kesuksesan sebuah bisnis yang bergerak di karya kreatif. Baik itu makanan, brand health and beauty, ataupun kerajinan tangan, kamu harus memiliki visual dan strategi pemasaran yang tepat. Tanpa branding yang kuat, produkmu jadi mudah dilupakan dan tidak memorable di mata konsumen maupun juri BBS.

“Dari tahap awal pendaftaran, kita sudah harus menata personal branding dan product branding kita. Misalnya, kalau berjualan secara online, kita harus mengatur tampilan Instagram supaya menarik secara visual maupun secara naratif, sehingga akan meyakinkan siapapun yang melihat ‘etalase digital’ kita – baik itu pembeli maupun juri BBS,” ungkap Joni Martono, pemilik dari kreasi batu pijakan hias Setapak 9, yang berhasil menjadi Juara 3 dari BBS Indonesia Season 3.

CEK DI SINI KENAPA BRANDING PENTING BANGET UNTUK USAHA KREATIFMU!

2. Pantang menyerah dan percaya pada diri sendiri

tips sukses

Mengikuti ajang sebesar Blibli Big Start (BBS) Indonesia Season 4 berarti kamu akan bersaing dengan ratusan creativepreneur yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka mungkin memproduksi produk serupa, memiliki pengalaman lebih banyak, atau mungkin memiliki kemampuan bisnis yang mumpuni. Hal ini bisa membuat nervous atau membuat nyali ciut di tengah berlangsungnya kompetisi.

Karena itu, Joni memberikan tips sukses yang kedua, yaitu kamu harus pantang menyerah dan percaya pada diri sendiri. Apalagi kalau kamu sedang menjalankan sesuatu yang merupakan passion, jangan berfokus pada orang lain, tapi fokuslah pada diri sendiri. Cara ini bisa membuatmu lebih tenang dan memberikan performa terbaik di tiap tahap kompetisi.

“Ketika kita dipilih menjadi finalis, berarti ada sesuatu dari karya kita yang diapresiasi oleh para juri. Menurut saya, karakter kita adalah salah satu dari penilaian, apakah kita bisa tahan banting atau punya mental kuat untuk menjalankan bisnis dalam segala situasi,” lanjut Joni. Jadi, ingat untuk selalu relax dan percaya diri ya, guys!

LIHAT PROGRESS KOMPETISI BLIBLI BIG START INDONESIA SEASON 4 DI SINI

3. Kemauan belajar yang kuat

tips sukses

Setelah terpilih menjadi Top 20, kamu akan melanjutkan sesi karantina sekaligus pelatihan bisnis yang intensif. Nah, untuk di tahap ini, setiap finalis akan diberikan berbagai tantangan agar mereka bisa melatih otak bisnis, inovasi, dan kemampuan berpikir kritis serta strategis. Nggak hanya melihat performa bisnis dari angka saja, para juri Blibli Big Start Indonesia juga akan menjadi mentor selama kompetisi berlangsung. Mereka akan melihat karaktermu sebagai seorang pemilik bisnis dan memberikan masukan yang berharga di setiap challenge.

Jangan sia-siakan kesempatan emas ini, Friends! Kalau mau sukses menembus babak final, kamu harus berani menjadi diri sendiri dan mengakui kekurangan yang selama ini terjadi pada bisnismu. Justru kalau kamu terbuka, kamu bisa belajar banyak dan menerima nasihat dari para mentor yang sudah berpengalaman.

Menurut Shelly, Juara 4 dari BBS Indonesia Season 3, kamu harus menjadi peserta yang open terhadap segala masukan, kritikan, serta saran yang diberikan oleh para mentor. Jangan malah defensif, ya! Dengan begitu, para mentor bisa mengenali, siapa saja peserta yang berpotensi untuk maju dan siapa yang tidak.

KLIK DI SINI UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI LENGKAP TENTANG BBS INDONESIA SEASON 4!


Friends, agar bisa bersaing dalam babak Top 20 Blibli Big Start Indonesia Season 4, kamu wajib banget mencatat dan melakukan 3 tips sukses dari pemenang BBSI Season lalu ini! Ini saatnya kamu membuktikan diri sebagai seorang creativepreneur sejati yang punya dedikasi dan kerendahan hati untuk belajar dari orang lain.

Di Blibli Big Start Indonesia Season 4, kamu akan mendapatkan tambahan pelajaran dan networking yang oke banget. Jika berhasil menang, kamu juga berkesempatan untuk membawa produk kerenmu hingga ke pasar luar negeri, lho. Tentunya, ada hadiah berupa uang tunai total 1,3 miliar rupiah yang menantimu!

YUK, BELAJAR DARI WEB SERIES BLIBLI BIG START INDONESIA SEASON 3!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY