Tips Sukses Diet Keto, Cocok untuk Jaga Berat Badan!

Sudah ada sejak lama, diet ketogenik alias diet keto sedang marak dibicarakan beberapa tahun terakhir. Terutama sebagai salah satu proven diet method untuk menurunkan berat badan dan menjaga gula darah tetap stabil.

Diet keto menerapkan pola makan rendah gula dan karbohidrat, guna menimbulkan keadaan ketosis. Keadaan tersebut merujuk pada terbakarnya lemak cadangan pada tubuh, lantas membentuk keton. Untuk mencapai kondisi ketosis, dibutuhkan waktu sekitar 2-4 hari setelah diet keto dimulai. Setelah itu, biasanya penurunan berat badan bisa terjadi dengan cepat.

Karena tanpa asupan gula dan karbohidrat, bukan berarti diet ini tak akan menimbulkan risiko apapun. Setidaknya, berikut ialah beberapa fakta yang kamu wajib tahu seputar pola makan yang satu ini:

Memiliki peraturan makan yang unik

steak with vegetables on plate
Photo by Unsplash

Dalam diet keto, sekitar 80% kebutuhan kalori tubuh didatangkan dari konsumsi protein. Spesialis gizi klinik Dr. Samuel Oetoro dalam wawancaranya bersama Antara mengemukakan bahwa total lemak yang dibutuhkan haruslah setidaknya 80% asam lemak tak jenuh, dan 20% lemak jenuh.

Kondisi yang demikian mengharuskan kita untuk benar-benar selektif akan apa yang kita makan. Terutama dari segi kualitas; pastikan tubuh benar-benar mendapatkan yang terbaik. Apalagi untuk konsumsi daging dan ikan, yang merupakan sumber protein yang disarankan dalam diet keto.

DAGING SAPI HALAL DAN BERKUALITAS, DISKON HANYA DI SINI

Jika tak sempat berbelanja ke supermarket, kamu bisa mencoba berbelanja secara online. Contohnya seperti di BlibliMart, yang menyediakan ragam bahan makanan segar berkualitas dengan harga yang terjangkau.

BELANJA DI BLIBLIMART, BEBAS ONGKIR!

BELI EXTRA VIRGIN OLIVE OIL, DAPAT DISKON HANYA DI BLIBLI

Wajib perhatikan konsumsi cairan bagi tubuh

Photo by Unsplash

Pengurangan karbohidrat memancing ginjal kita untuk lebih banyak mengeluarkan air dalam tubuh. Tak hanya air, elektrolit seperti magnesium dan kalsium juga ikut terbuang. Karenanya disarankan untuk mengonsumsi cairan secara rutin. Apabila dibutuhkan, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen–tentu dengan berkonsultasi pada dokter.

Perhatikan takaran setiap makanan

person scooping and measuring coffee beans
Photo by Unsplash

Namanya saja diet, tentu ada batasan yang kamu perlu patuhi. Misalnya ialah dalam sehari kamu hanya boleh konsumsi 20% untuk protein, 75% untuk lemak baik, dan sisanya untuk karbohidrat. Jangan malas untuk mempelajari tabel gizi dari tiap makanan yang kamu makan. Dan jangan lupa untuk selalu menimbang bahan yang digunakan.

Untuk memudahkan, kamu juga bisa memisahkan bahan makanan yang sudah ditimbang berdasarkan jadwalnya. Tempatkan dalam food box, lalu beri label untuk membedakan.

SET PERALATAN MAKAN LENGKAP, AMAN DAN TIDAK MUDAH PECAH

Tidak baik dilaksanakan berkepanjangan

person standing on white digital bathroom scale
Photo by Unsplash

Karena pola makan yang cukup ekstrim dibandingkan diet kebanyakan, diet ini memang dirancang hanya untuk jangka pendek. Jang waktu 3-6 bulan adalah rentang waktu maksimal. Pun jika ingin dilakukan lagi, sebaiknya berikan jarak waktu sekitar 1 tahun dari diet yang sebelumnya agar tubuh bisa beradaptasi.

Siap-siap dengan flu keto

man wiping mouse with tissue paper
Photo by Unsplash

Biasanya 7-10 hari pertama keto akan membuat kita merasakan beberapa gejala seperti flu yang cukup mengganggu. Lesu, pusing, hingga merasa lemas adalah beberapa contohnya. Tenang, ini adalah hal yang wajar karena menunjukkan tubuhmu sedang beradaptasi dengan pola diet yang baru.

Semoga informasi di atas bisa membantumu ya untuk langkah awal memasuki dunia keto. Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi pada ahli gizi, supaya kamu tak salah langkah. Semoga berhasil!

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY