5 Tips Sederhana Street Photography yang Bisa Kamu Coba Secara Langsung!

street photography

Saat pertama kali mendengar istilah street photography, banyak orang terkecoh dan salah mengartikan esensi sebenarnya dari seni fotografi jalanan. Street photography bukan berarti kita harus mengambil momen di jalanan begitu saja. Jenis foto ini justru mendorong fotografer untuk mengabadikan momen dengan latar di mana pun dia berada secara candid dan tidak manipulatif.

Karena tidak perlu kamera yang super canggih dan model yang cantik untuk melakukan street photography, semua orang pun dapat menjadi street photographer. Meskipun demikian, agar kualitas fotomu lebih meningkat, tidak ada salahnya untuk belajar lebih dalam tentang teknik pengambilan foto. Yuk simak beberapa tips dan trik street photography ala Blibli.com berikut.

MUMPUNG HALLOWEEN SALE! YUK, CEK PROMO KAMERA DAN BARANG ELEKTRONIK LAINNYA DI SINI

1. Ciptakan ‘momenmu’

street photography
Via – boredpanda

Street Photography mungkin memang identik dengan hasil foto yang natural. Tapi, bukan berarti kamu terus berdiam diri dan menunggu momen sempurna untuk datang.

Dengan ide kreatifmu, kamu bisa menciptakan momen secara tidak sengaja. Seperti misalnya memotret bayangan orang di balik kaca yang dipadukan dengan adegan di jalanan. Atau, kamu bisa coba memanggil subjekmu agar menoleh dan mengambil momennya.

YUK, INTIP KOLEKSI KAMERA DI BLIBLI.COM

2. Asah terus kemampuan bersosialisasimu

street photography
Via – Kobiety

Saat mengambil momen secara candid, mungkin saja objekmu akan tersadar dengan keberadaanmu. Untuk menghindari perasaan canggung tertangkap basah, kamu bisa mencairkan suasana dengan kemampuan bersosialisasimu.

Berinteraksi dengan subjek merupakan salah satu hal yang bisa mempermudahmu dalam menemukan momen bagus. Saat tertangkap, jangan lupa berikan senyuman atau sekedar pujian atas tampilannya yang menarik untuk kamu foto. Jangan lupa untuk berterima kasih saat dia tersadar dan kamu telah mendapatkan momenmu.

DAPATKAN CASHBACK HINGGA 90% SAAT BELANJA KAMERA DAN PRODUK ELEKTRONIK LAINNYA

3. Pilih lensa yang tepat

street photography
Via – Adorama

Bagi pecinta fotografi, tentunya sudah tidak kaget lagi tentang pentingnya memilih lensa yang tepat untuk menangkap hasil foto yang bagus. Begitu pula pada street photography.

Pada street photography, lensa wide angle merupakan pilihan yang tepat untuk menunjang hari-hari kalian dalam berburu sebuah foto. Mungkin kalian berpikir kalau lensa tele akan memudahkan pekerjaan karena kalian bisa mengamati objek dari jauh. Namun, pertimbangkan juga bahwa membawa lensa tele kemana-mana tentunya akan menjadi beban tersendiri buat kamu.

CARI LENSA YANG COCOK BUATMU DI SINI

4. Siapkan selalu ‘senjata’ di saku

street photography
Via – boredpanda

Momen yang bagus memang tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk selalu menyiapkan kamera ke manapun kamu pergi agar tidak ketinggalan sebuah momen.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu harus membawa semua perlengkapan fotografimu kemana-mana ya. Kamu bisa memanfaatkan kamera saku yang lebih ringan untuk digunakan sehari-hari. Bahkan, fotografer majalah NatGeo terkadang hanya mengandalkan kamera iphone mereka dalam mendokumentasikan perjalanannya loh.

LIHAT KOLEKSI KAMERA SAKU BLIBLI.COM UNTUK STREET PHOTOGRAPHY DI SINI

5. Siapkan pengaturan kamera

street photography
Via – youtube

Pengaturan kamera menjadi kunci penting dalam mengurangi risiko kehilangan momen berharga. Untuk itu, aturlah mode shutter priority atau aperture priority jika kalian menggunakan kamera DSLR agar dapat mengontrol kecepatan pengambilan gambar.

Mungkin sebagian dari kalian berpikiran bahwa mode auto merupakan pengaturan yang paling pas untuk kamera. Namun, alih-alih memudahkan kalian dalam mengambil gambar, terkadang mode ini tak cukup mendapatkan gambar yang diinginkan.

DISKON HINGGA 600.000 UNTUK PEMBELIAN KAMERA DI BLIBLI


Itulah 5 tips dan trik yang bisa kamu aplikasikan untuk menghasilkan street photography yang memukau. Sudah belajar tips-nya, namun masih belum punya kamera yang cocok untuk kamu? Tenang, di Blibli.com kamu bisa mendapatkan kamera berkualitas dengan harga yang bersahabat.

Selain itu, ada juga promo bulan Oktober sampai 5 November 2017 loh khusus kamera Sony. Dapatkan special deals dengan diskon hingga empat juta rupiah*! Yuk, cek #Bliblisekarang!

*syarat dan ketentuan berlaku

DAPATKAN KAMERA YANG PALING COCOK UNTUK GAYA STREET PHOTOGRAPHY-MU DI SINI!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY